Kamus Istilah Properti

Hebel

istilah properti

Hebel

Hebel adalah salah satu produk batu beton ringan yang beredar di pasaran dengan karakter khas kokoh, tahan air – api dan baik durabilitasnya.

Apa itu Hebel?

Hebel
(Steemit)

Orang Indonesia umumnya mengenal batu bata sebagai material utama untuk membuat dinding. Namun, sekitar tahun 1995, satu produk bernama Hebel masuk ke pasaran Indonesia. Produk ini mulai dikenal masyarakat sebagai alternatif dari batu bata. Kelebihannya produk ini antara lain kokoh, tahan air – api dan baik durabilitasnya.

Hebel adalah lanjutan pengembangan resep AAC (Autoclaved Aerated Concrete) yang dibuat di Skandinavia pada tahun 1920-an. Pengembangnya merupakan teknisi dan pengusaha asal Jerman bernama Josef Hebel. Pria tersebut kemudian mematenkan namanya sebagai produk beton ringan aerasi yang ia temukan. Lewat temuannya, berhasil meningkatkan durabilitas beton AAC yang sudah ada.

Dalam komposisinya, kamu akan menemukan bahan-bahan seperti semen, pasir silika, kapur, gipsum, air, dan serbuk aluminium. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan dibuat menjadi satu adonan.

Setelah tercampur dan mengembang, adonan kemudian dipotong sesuai dengan ukuran dan dimasukkan ke dalam autoclave chamber. Alat tersebut akan memadatkan Hebel lewat uap panas dan tekanan suhu yang tinggi. Suhu di dalam autoclave chamber sendiri bisa mencapai 185 derajat celcius.

Peredarannya di Indonesia

Hebel
(Corebuild Services)

Di pasaran yang disebut Hebel tidak selalu merujuk pada produk batu beton ringan yang dibuat langsung di bawah naungan perusahaan pemilik lisensi. Kalau boleh diibaratkan, mungkin hal ini mirip dengan fenomena orang Indonesia menyebut semua jenis ‘pompa air’ dengan sebutan ‘Sanyo’.

Cukup banyak pabrik atau produsen yang membuat produk batu beton ringan. Kualitas dari produk yang ada juga beragam. Jadi, kalau kamu mau beli batu beton ringan, pastikan untuk mencari tahu seperti apa kualitas barang, harga, serta sesuaikan juga dengan kebutuhan.

Jenis-jenis

Hebel
(Steemit)

Di pasar Indonesia, Pins akan menemukan banyak merek produk batu beton ringan yang mungkin bisa jadi opsi lain. Batu beton ringan di pasar Indonesia pun terdiri dari dua jenis yang masing-masing bisa dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Batu beton ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete)

AAC (Autoclaved Aerated Concrete) atau beton ringan aerasi dibuat dari semen, pasir silika, kapur, gipsum, air, dan serbuk aluminium. Batu beton ringan jenis ini memerlukan 7 sampai 8 jam untuk membuat adonannya mengembang. Dalam proses tersebut, reaksi kimia dari serbuk aluminium adalah kunci penting.

Setelah mengembang, adonan kemudian dipotong sesuai dengan ukuran. Proses akhirnya adalah pemadatan adonan dalam autoclave chamber. Di dalam alat tersebut, adonan dimasak dengan uap panas dan tekanan tinggi supaya mengeras dan padat.

Batu beton ringan CLC (Cellular Lightweight Concrete)

Batu beton ringan CLC (cellular lightweight concrete) terbuat dari pasir, semen, air, abu batubara/tebu (opsional), dan foam. Posisi foam di sini berfungsi menjadi pengembang adonan batu beton.

Alat-alat yang digunakan untuk pembuatan beton ringan CLC lebih sederhana, sehingga pembuatannya lebih mudah daripada beton ringan jenis AAC. Bobot batu beton ringan jenis ini lebih berat jika dibandingkan dengan jenis AAC. Selain itu, batu beton ringan jenis ini lebih mudah untuk dipaku, disekrup atau digergaji.

Macam ukuran

Hebel
(CSR Hebel)

Kalau mengecek di toko material bangunan atau tempat jual jenis lain, Pins setidaknya akan mendapati ada 5 ukuran produk beton ringan. Beberapa ukuran batu beton ringan yang tersedia di pasaran bisa kamu cek dalam daftar di bawah ini:

  • 7.5cm x 20cm x 60cm
  • 10cm x 20cm x 60cm
  • 12,5cm x 20cm x 60cm
  • 15cm x 20cm x 60cm
  • 20cm x 20cm x 60cm

Sebelum membeli, ada baiknya Pins menghitung berapa meter dinding dari konstruksi yang akan dibangun. Hal ini berguna untuk efisiensi dan menghindari kelebihan pembelian. Jika mempekerjakan pemborong, kamu bisa berdiskusi terkait seberapa banyak batu beton ringan yang dibutuhkan. Mempunyai denah rancangan rumah yang lengkap dengan ukuran akan sangat membantu untuk urusan ini.

Di pasaran, beton ringan dijual dalam satuan kubik. harga batu beton ringan berkisar dari Rp480.000 sampai Rp750.000 per kubik. Harga tersebut ditentukan oleh kualitas batu beton ringan serta daerah pembeliannya.

Untuk memasang batu beton ringan, kamu membutuhkan semen mortar sebagai perekat susunannya. Biasanya satu kaleng semen mortar yang berisi 40 kilogram dapat digunakan untuk membuat dinding 10 meter persegi.

Kelebihan dan kekurangan

Hebel
(Pinterest)

Kelebihan

Komposisi produk ini lebih ramah lingkungan mengingat material utamanya yang tidak menggunakan pasir alam. Di sisi lain, produk ini juga cocok untuk membuat bangunan yang menginginkan konstruksi yang lebih kokoh, lebih kedap suara, tidak terlalu panas ketika cuaca terik, dan tidak terlalu dingin ketika suhu di luar ruangan turun.

Buat Pins yang ingin membuat bangunan yang menampakkan susunan batu material tembok, batu beton ringan AAC dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Permukaan panel dari batu beton ringan AAC) punya kesan modern dan lebih bersih daripada material batu bangunan yang lainnya. Ditambah lagi dengan faktor pemasangannya yang lebih mudah.

Kekurangan

Kualitasnya yang lebih baik membuat harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga material batu bangunan yang lain. Selain itu, produk ini perlu untuk dibersihkan setidaknya satu tahun sekali agar tampilannya tetap bersih. Kamu juga perlu hati-hati dalam memasang karena produk ini rawan retak.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.