Kamus Istilah Properti

Quonset Hut

istilah properti

Quonset Hut

Quonset hut adalah konstruksi bangunan baja galvanis yang bergelombang dan mempunyai penampakan setengah silinder. 

Mengenal Quonset Hut

(Home Reference)

Apabila menilik sejarah, bangunan Quonset Hut ini berfungsi sebagai tempat berlindung di era Perang Dunia. Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 1941 di Amerika Serikat. Namun, awalnya konsep dan konstruksi bangunan ini ditemukan pada Perang Dunia I. Desain aslinya berukuran 4,9 m x 11,0 m. Lalu dibingkai dengan lapisan baja dengan radius atau jari-jari lingkaran 2,4 meter. Bangunan ini tidak memerlukan proses pembangunan yang lama seperti pada hunian berbahan semen, batu dan bata. Hal inilah yang menyebabkan banyak negara menggunakan bangunan ini sebagai tempat berlindung khususnya bagi para tentara yang ikut berperang. Di era masa kini, konstruksi bangunan ini banyak diadopsi untuk kebutuhan hunian dan lain-lain. Yuk kita bahas bersama informasi selengkapnya mengenai Quonset Hut. 

Keunggulan Quonset Hut

(Steel Master Building)

Konstruksi bangunan setengah silinder ini mempunyai keunggulan tersendiri. Selain bisa menjadi tempat berlindung, ternyata bangunan ini pun cukup ramah bagi penghuni. Berikut ini ada beberapa keunggulan dari konstruksi tersebut. Yuk kita cek bersama!

Konstruksi sederhana namun kuat

Pembuatan bangunan quonset hun terbilang lebih simepl dibandingkan rumah menggunakan semen dan bata. Proses pembuatannya pun tidak akan memakan waktu yang lama sehingga kamu yang menginginkan bangunan cepat jadi, tidak perlu khawatir akan menunggu lama. Walaupun bentuknya sederhana, konstruksi ini cukup kuat. Mirip seperti bangunan berbentuk kubah, bangunan ini cukup kuat dan tahan terhadap getaran. 

Portable dan mudah dipindahkan

Pada zaman perang dunia, bangunan ini terbuat dari baja ringan yang bersifat portable. Artinya konstruksi ini mudah dipindah sesuai kebutuhan. Namun, untuk saat ini karena sudah tidak ada perang, maka pemilik hunian pasti akan membuat bangunan ini menjadi permanen. 

Tidak perlu dicat 

Keunggulan bangunan ini pada zaman dulu adalah praktis dan tidak perlu dicat. Hal ini karena para tentara dan masyarakat pada zaman Perang Dunia tidak sempat untuk menghias rumah. Bangunan ini awet tanpa harus dicat atau mengalami varnished. Namun jika saat ini kamu mencoba mengadaptasi bangunan menjad hunian atau toko, kamu bisa menghias dan memberikan sentuhan warna agar sesuai dengan zaman.

Aplikasi Quonset Hut di Masa Kini

(Future Building)

Dewasa ini, banyak sekali konstruksi bangunan yang menggunakan bahan-bahan unik dan tidak biasa. Sebut saja rumah trailer atau container house. Quonset hut hanyalah satu dari contoh bangunan residensial atau komersial yang mengadaptasi konstruksi lama lalu dibuat menjadi lebih kekinian. Berikut ini ada beberapa contoh bangunan yang mengadopsi konsep Quonset. Yuk kita simak Pins!

Restoran Pizza

(Pinterest)

Contoh adaptasi Quonset Hut pertama adalah bangunan restoran Pizza yang terlihat seperti gambar di atas. Bentuk bangunan yang setengah lingkaran atau setengah silinder tersebut memiliki area yang cukup luas untuk lokasi makan. Pada bagian atap, tidak ada ornamen lain kecuali warna putih polos yang membalut bagian atas. Lalu ada juga ventilator turbin yang berfungsi sebagai alat penyedot asap. Sangat unik sekali kan Pins?

Rumah di pedesaan

(Realtor)

Contoh kedua adalah rumah pedesaan yang mengaplikasikan struktur bangunan setengah silinder. Dilihat dari jauh rumah tersebut terlihat luas dan megah. Kamu bisa melihat bentuknya yang unik. Kehadiran teras di depan rumah pun semakin membuat nyaman hunian tersebut. Pemilik rumah pun menambagkan jendela dan pintu di bagian depan. Lalu ada juga ventilasi di bagian gable rumah. Jika kamu perhatikan, ada ventilator turbin yang mencuat di atas atap. Sama seperti pada restoran pizza tadi, fungsi turbin tersebut sebagai penghisap asap dan ventilasi udara.

Gudang

(SteelMaster Buildings)

Selain untuk hunian residensial dan komersial, Quonset Hut juga digunakan sebagai bangunan gudang. Bangunan ini lebih berfungsi untuk penyimpanan alat dan bahan-bahan industri. Bangunan ini memiliki area yang luas di bagian dalam sehingga cocok digunakan sebagai area storage barang. Gudang mempunyai karakter bangunan yang megah namun gerah karena sengaja dibuat tertutup agar tidak mengundang pencuri. Untuk itu perlu sekali menambahkan ventilasi udara agar situasi di dalam gudang tetap segar dan tidak panas.

Tips Membangun Hunian Quonset Hut

(InHabitat)

Pins, jika kamu berniat untuk membuat rumah dengan mengadaptasi bentuk seperti di atas, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut. 

Pertama, pastikan kamu mempelajari dulu struktur bangunan ini dengan detail. Pahami juga apakah lingkungan tempat tinggal kamu cocok untuk membangun hunian seperti ini. 

Kedua, upayakan kamu melakukan benchmark sebanyak mungkin. Tujuannya untuk membandingkan gaya interior konstruksi. Dengan begitu, kamu pun akan semakin banyak mempunyai ide segar membangun rumah Quonset Hut milikmu sendiri.

Ketiga, perhatikan bahan yang akan kamu gunakan untuk membuat bangunan. Pilih bahan yang kuat dan awet. Selain itu pastikan kamu memasang ventilasi udara yang baik agar aliran udara di dalam ruangan membuat bagian interior segar. 

Nah itu saja Pins informasi mengenai konstruksi bangunan tersebut. Semoga bisa menjadi inspirasi kamu untuk membangun hunian idaman ya. Selamat berkreasi, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.