Kamus Istilah Properti

Mandor

istilah properti

Mandor

Mandor adalah orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang konstruksi yang akan memimpin beberapa pekerja untuk mengerjakan proyek pembangunan, baik rumah maupun gedung.

Apa itu Mandor?

(Detik)

Mandor adalah orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang konstruksi yang akan memimpin beberapa pekerja untuk mengerjakan proyek pembangunan, baik rumah maupun gedung.

Mandor memiliki peran dan fungsi yang penting dalam kesuksesan suatu pembangunan yang efektif dan efisien. Seseorang dengan pengetahuan di bidang konstruksi dan memiliki banyak pengalaman di bidang konstruksi layak menjadi mandor.

Seorang mandor penting memiliki pengetahuan dan wawasan seputar bidang konstruksi sebab pada saat proses pembangunan berlangsung, mandor bisa saja menjadi pengambil keputusan atau pemberi solusi akan masalah-masalah produktivitas dan efisiensi pekerjaan konstruksi.

Sederhananya, tugas utama mandor adalah memimpin dan mengawasi kinerja sekelompok atau para pekerja yang dengan kemampuan dan skill yang berbeda-beda, seperti pekerja atau tukang kayu, besi, dan batu.

Bukan hanya memimpin para pekerja saja, tidak jarang para mandor justru yang merekrut para pekerja tersebut dalam bentuk rombongan.

Ciri-ciri Mandor 

(Unsplash)

Ada dua jenis mandor, yakni mandor yang dipekerjakan sebagai pelaksana dan pemimpin proyek pembangunan atau mandor yang dipekerjakan untuk menyediakan tenaga kerja atau tukang bangunan saja.

Mandor bersifat perorangan dan tidak berbadan hukum. Dengan adanya mandor, komunikasi antara pemilik proyek dan para pekerja jadi selaras sesuai tujuan dan perjanjian yang tertera dalam kontrak kerja.

Meskipun demikian, pada akhirnya tugas dan tanggung jawab seorang mandor akan ditentukan oleh pemilik proyek. Misalnya saja tugas dan tanggung jawab dalam sistem pengawasan pembangunan, yang artinya mandor hanya perlu mengawasi proses pembangunan.

Adapun tugas dan tanggung jawab mandor yang lainnya yakni sebagai manajer pembangunan. Di mana mandor terjun langsung ke lapangan, mencari solusi di setiap masalah pembangunan, hingga mengawasi proses pembangunan. Pada tahap ini, mandor memiliki hak khusus untuk menentukan para pekerjanya dan membimbing para pekerja.

Selain pengetahuan dan wawasan serta pengalaman di bidang konstruksi, mandor juga harus memiliki beberapa modal dasar seperti kemampuan memimpin dan memecahkan masalah serta kesigapan dalam mengambil keputusan.

Pekerjaan di lapangan selalu menghadirkan hal-hal mengejutkan yang tidak terduga, oleh karena itu penting seorang mandor memiliki modal dasar yang sudah disebutkan sebelumnya, Pins.

Peran dan Tugas Mandor

Tugas utama mandor adalah melakukan pengawasan dan pengendalian para pekerja proyek pembangunan agar proses pembangunan bisa diselesaikan sesuai kesepakatan antara mandor dan pemilik proyek.

Berawal dari tugas utama tersebut, mandor memiliki peran dan tugas penting lainnya, di antaranya.

Menentukan Jumlah Pekerja dan Mengawasinya

Seorang mandor harus paham benar berapa pekerja yang dibutuhkan untuk melakukan proyek yang telah disepakati dengan pemilik proyek. Dengan mempertimbangkan beban pekerjaan dan target waktu pembangunan, mandor harus menentukan jumlah pekerja dengan cermat dan tepat.

Semakin luas daerah pembangunan tentu saja membutuhkan pekerja yang semakin banyak juga. Pekerja yang terpilih biasanya yang sudah memiliki pengalaman di bidang konstruksi dan pembangunan.

Setelah para pekerja ditentukan dan dilakukan briefing mengenai proyek pembangunan dan pembagian tugas. Mandor akan mengawasi kinerja para pekerja langsung di lapangan. Pins, kamu bisa mencari seorang mandor langsung di kawasan pembangunan.

Mandor pasti akan langsung terjung bekerja di lapangan untuk mengawasi para pekerja dan menjadi pencari solusi saat terjadi masalah saat proses pembangunan.

Menentukan Pembagian Pekerjaan dan Prioritas Pembangunan

Dengan banyaknya para pekerja yang dipekerjakan dengan berbagai kemampuan yang berbeda-beda di bidang konstruksi, mandor harus cermat saat membagikan tugas pada para kerja.

Jangan sampai orang yang ahli di bidang perkayuan ditempatkan pada pekerjaan yang berhubungan dengan besi.

Setelah para pekerja diberikan tugasnya masing-masing sesuai kemampuan yang dimiliki, mandor juga harus mempertimbangkan pekerjaan lapangan atau pembangunan mana yang masuk ke dalam kategori prioritas pembangunan.

Tujuan dari tugas mandor yang satu ini adalah agar proses pembangunan berjalan lancar dan selesai sesuai target waktu.

Merancang Jadwal Proses Pembangunan

Saat mengetahui target waktu pengerjaan proyek, mandor akan membuat rencana jadwal proses pembangunan dan juga rencana kerjanya. Jadwal dan rencana kerja dibuat di awal proses pembangunan dan menjadi pakem atau alat instruksi para pekerja.

Melakukan Pengarahan atau Instruksi

Sebagai seorang pemimpin, tugas mandor adalah memimpin para anak buah atau pekerjanya agar proyek selesai sesuai target yang sudah ditetapkan. Berdasarkan jadwal dan rencana kerja, mandor akan memberikan arahan dan instruksi kepada para pekerja.

Tujuan dari pengarahan dan pemberian instruksi kepada para pekerja adalah agar para pekerja memahami dengan benar apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Menentukan dan Memeriksa Material dan Peralatan Kerja

Mandor juga berkewajiban untuk menyusun daftar alat dan bahan yang dibutuhkan selama proses pembangunan. Material apa yang tepat digunakan dan seberapa bagus kualitasnya. Berapa banyak material yang dibutuhkan hingga berapa banyak alat yang perlu dipersiapkan, seorang mandor harus menyusun kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Selain memiliki daftar alat dan bahan yang diperlukan, mandor juga perlu merencanakan kapan bahan material perlu dibeli dan memperkirakan butuh waktu berapa lama bahan material tersebut akan tiba di tempat pembangunan.

Adapun terkait pemenuhan kebutuhan alat pekerjaan, mandor juga harus cermat menghitung berapa peralatan yang dibutuhkan termasuk alat berat dan siapa saja pekerja yang akan menggunakannya.

Menentukan dan memeriksa bahan material dan peralatan kerja perlu dilakukan dengan cermat agar tidak ada kondisi di mana pekerja yang satu menunggu alat yang sedang digunakan pekerja yang lain. Kondisi seperti ini bisa memengaruhi target waktu pembangunan selesai.

Memperhatikan Keselamatan Para Pekerja

Menyelesaikan proyek sesuai target waktu yang telah disepakati mandor dan pemilik proyek memang penting. Namun hal mendasar yang lebih penting adalah mempertimbangan dan memperhitungkan keselamatan para pekerja saat proses pembangunan.

Mandor harus benar-benar memperhatikan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di area proyek atau pembangunan. Memastikan bahwa peletakan alat-alat pekerjaan, baik alat ringan hingga alat berat, sesuai di tempat yang aman agar tidak terjadi kecelakan kerja.

Rutin melakukan pemeriksaan lokasi kerja dan peninjauan terhadap lokasi pembangunan. Tujuannya untuk mengidentifikasi bahaya yang mungkin terjadi dan sebisa mungkin menghindarinya.

Melaporkan Perkembangan Proyek dan Menagih Upah Para Pekerja

Pemilik proyek harus mengetahui sejauh apa perkembangan proyek yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, mandor harus rutin melaporkan perkembangan proyek pembangunan. Dengan begitu, pemilik proyek memiliki pandangan bahwa proyek tersebut akan selesai sesuai jadwal atau tidak dan mengetahui bagaimana kinerja para pekerja.

Tidak hanya melaporkan perkembangan proyek saja, mandor juga harus memberikan tagihan upah para pekerja. Umumnya, para mandor ini akan menagihkan pembayaran upah para kerja sesuai upah minimum provinsi (UMP) tanpa jaminan ketenagakerjaan seperti JHT, JK, JKM, dan JPK.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia