Kamus Istilah Properti

Wire Mesh

istilah properti

Wire Mesh

Wire mesh adalah rangkain besi yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Wire mesh terdiri dari baris paralel dan kolom kawat yang saling berpotongan satu sama lain. 

Mengenal Besi Wire Mesh

wire mesh adalah
(Unsplash)

Wire mesh adalah rangkain besi yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Wire mesh terdiri dari baris paralel dan kolom kawat yang saling berpotongan satu sama lain. 

Wire mesh memiliki bentuk yang cukup unik. Oleh karena itu, wire mesh juga kerap disebut dengan nama anyaman besi. Istilah tersebut disematkan karena bentuk besi wire mesh tampak seperti pola jajaran genjang yang disambung menggunakan teknik las. 

Penggunaan besi wire mesh diyakni dapat menguatkan struktur bangunan. Oleh sebab itu, wajar bila besi wire mesh banyak digunakan untuk penguat atau tulang pada pengecoran jalan, lantai bangunan, dan dak rumah. 

Fungsi Wire Mesh

wire mesh adalah
(Unsplash)

Besi wire mesh memiliki banyak fungsi dan kegunaan dalam konstruksi bangunan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Besi wire mesh dapat dimanfaatkan sebagai besi tulang saluran drainase maupun tutup busi beton. 
  • Wire mesh bisa digunakan sebagai penguat dak beton pada bangunan atau plat lantai. 
  • Besi wire mesh efektif digunakan pada bangunan bertingkat karena dapat menopang beban berat. 
  • Bahkan, besi wire mesh pun dapat digunakan pada plat beton yang berada di tanah. Pasalnya, besi ini dapat menahan beban dan berat di atasnya. 
  • Selain pada bangunan, wire mesh juga kerap digunakan untuk konstruksi jalan raya. Penggunaan wire mesh dapat membuat struktunya lebih kuah. 
  • Terakhir, plat beton yang menggantung pun dapat dibuat dengan wire mesh. Umumnya, plat ini biasa dimanfaatkan pada konstruksi bangunan tertingkat atau saluran pembuangan air hujan.

Kelebihan Memakai Besi Wire Mesh  

wire mesh adalah
(Unsplash)

Saat membangun rumah atau bangunan lainnya, kita tentu mengutamakan keamanan dan ketahanan. Bila demikian, maka wajar jika pemilihan bahan bahan menjadi satu hal yang harus diprioritas.

Salah satu bahan terbaik untuk membuat bangunan yang kuat ialah dengan menggunakan besi wire mesh.  

Di bawah ini ada beberapa kelebihan atau keunggulan besi wire mesh untuk kontruksi bangunan. Yuk, simak uraiannya!

  • Penggunaan wire mesh dapat memmbuat proses pengerjaan pembesian tulangan beton menjadi lebih cepat, karena hanya perlu digelas saja. Tidak usah dirakit dari nol. 
  • Selain itu, wire mesh pun dapat meningkatkan kualitas dan ketepatan pada tulangan beton yang sedang dibuat. 
  • Bahkan, proses pengawasan dalam pengerjaan juga dapat dilakukan dengan mudah, karena tidak memerlukan perhatikan khusus. 
  • Besi wire mesh lebih praktis dan lebih mudah dikirim. Sebab, bentuknya sudah berupa gulugan. Berbeda dengan besi beton yang ukurannya sangat panjang. 
  • Dengan menggunakan wire mesh, pengeluaran untuk bahan konstruksi pun bisa lebih dihemat. Pasalnya, wire mesh dapat mengurangi berat dari besi tulangan pada beton yang harus digunakan. 

Jenis Besi Wire Mesh

wire mesh adalah
(Unsplash)

Ada dua jenis besi wire mesh yang umum digunakan. Sebelum membeli, ketahui dulu jenis besi wire mesh ini supaya tidak salah pilih. 

  1. Wire mesh lembaran, berbentuk lembaran dengan ukuran standar sekitar 210×540 sentimeter. 
  2. Wire mesh gulungan, dijual dalam bentuk gulungan dengan diameter 210 sentimeter.

Ukuran Besi Wire Mesh

(Flickr)

Besi wire mesh yang dijual di pasaran umumnya memiliki diameter sebesar 4-12 milimeter. Namun biasanya dituliskan dan dibulatkan dalam bukuan 5-10 milimeter. 

Satuan ukuran besi wire mesh umumnya dituliskan dengan huruf M. Sebagai contoh, bila Pins menemukan wire mesh dengan kode M10, maka berarti besi tersebut memiliki diameter ukuran 10 milimeter. 

Walau demikian, besi ini juga memiliki toleransi ukurannya. Biasanya, toleransi ukuran tersebut sekitar 0,3 milimeter, 0,5 milimeter, serta 0,7 milimeter. Jadi, jika Pins membeli besi dengan spesifikasi M8 maka kamu bisa mendapatkan ukuran mulai dari 8,3 hingga 8,7 milimeter.

Lalu berapakah diameter besi wire mesh yang sesuai dengan kebutuhan kontruksi?

Sebetulnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Sebab, pemilihan dan penggunaannya tergantung dengan konstruksi yang dikerjakan. 

Untuk proyek bangunan sederhana, Pins dapat memakai besi berdiameter kecil. Sementara, untuk proyek besar silakan gunakan besi yang ukurannya sesuai kebutuhan. 

Sayangnya semakin besar diameter wire mesh, makin mahal pula harganya. Walau demikian besi anyam wire mesh yang cukup besar memiliki ketahanan yang jauh lebih kuat daripada lainnya.

Besi wire mesh berukuran besar umumnya dipakai dalam berbagai konstruksi, seperti:

  • Pengerjaan atau proyek jembatan 
  • Proyek pembangunan jalan raya hingga jalan tol 
  • Pengerjaan trotoar atau jalur pejalan kaki lima
  • Serta, proyek jalan layang di area perkantoran.

Tips Memilih Besi Wire Mesh Sesuai Kebutuhan 

wire mesh adalah
(Unsplash)

Mengingat harga besi wire mesh yang tidak murah, maka ada baiknya jika Pins mengetahui tips memilih besi wire mesh berikut. Dengan tips ini, harapannya Pins dapat menemukan wire mesh yang paling sesuai. 

1. Ketahui ukuran wire mesh yang dibutuhkan

Guna menghindari pembelian yang mubazir, maka Pins harus mengetahui berapa ukuran besi wire mesh yang dibutuhkan. 

Untuk mengetahuinya, cukup ukuran struktur bangunan. Lalu, perhatikan ukuran diameter wire mesh dengan cermat agar tidak salah pilih. 

2. Pilih wire mesh yang bersih dan tidak berkarat 

Sekalipun kuat dan kokoh, tapi besi wiremesh juga rentan berkarat. Untuk itu, kamu harus jeli saat memilihnya agar ketahanan wire mesh lebih bagus. 

Sebisa mungkin pastikan seluruh bagian besi bersih dan tidak berkarat sama sekali. Jangan pilih besi wire mesh yang berkarat sekalipun ukurannya kecil. Sebab, lambat-laun kawat tersebut dapat menjalar ke seluruh bagian besi. 

3. Pilih wire mesh yang dibuat dengan sistem las otomatis 

Wire mesh yang bagus umumya dibuat dari sistem las otomatis. Sayangnya, kadang ada oknum nakal yang menjual wire mesh dengan las manual. Jika demikian, maka kamu harus lebih cermat saat membeli besi wire mesh

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, kamu dapat memeriksa tampilan hasil lasnya. Wire mesh yang dilas secara manual biasanya terlihat berantakan. Selain itu, jarak antar anyamannya pun kurang teratur. 

Sementara, besi wire mesh yang menggunakan las otomatis cenderung terlihat bersih dan kokoh. Anyamannya pun tampak rapi dan teratur.

Nah, itu tadi beberapa ulasan mengenai besi wire mesh yang bisa menjadi bahan pertimbangan dan panduan. Sekarang kamu sudah mengerti bukan bahwa wire mesh adalah rangkain besi yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea Lyliana

Editor: Achlisia