Kamus Istilah Properti

Garasi

istilah properti

Garasi

Menurut KBBI, Garasi adalah rumah-rumahan atau bagian rumah tempat menyimpan (menaruh) mobil dan sebagainya; kandang mobil.

Bagian rumah sering ada beberapa yang tak mendapat cukup perhatian pada saat pembangunan. Mulai dari urgensi hingga pertimbangan dari segi budget atau biaya. Salah satu yang paling sering diabaikan adalah bagian garasi rumah.

Padahal meski fungsinya sebagai pelengkap komplementer. Karena memang tak semua keluarga musti fokus untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi. Adanya garasi bagi sebuah rumah setidaknya bisa menjadi ruang tambahan untuk keperluan lainnya, sebagai gudang, misalnya.

Manfaat Garasi

Walaupun sering diabaikan, garasi sebenarnya memiliki beberapa manfaat penting.

1. Sebagai tempat parkir kendaraan

Kendaraan merupakan alat transportasi yang kita gunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, ada baiknya kita memiliki tempat tersendiri di dalam area rumah agar tetap dapat terawat dengan baik. Kendaraan yang tidak disimpan di dalam rumah akan lebih rawan rusak karena tidak ada perlindungan.

2. Mengurangi resiko kriminal

Dengan menyimpan kendaraan di dalam garasi rumah, tentu kita dapat menyimpan kendaraan dengan lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tindakan kriminal.

3. Menjadi ruang penyimpanan tambahan

Pada prakteknya, banyak garasi rumah yang tak hanya menjadi tempat penyimpanan kendaraan, tetapi juga menjadi ruang tambahan untuk penyimpanan. Hal ini sah-sah saja, asal tetap diperhatikan kerapihannya.

Pertimbangan Saat Membangun Garasi

Sebelum membangun garasi, Pins harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan lahannya tersedia

Ini biasa terjadi di pemukiman padat penduduk. Orang memiliki kendaraan tapi tak punya lahan untuk membangun garasi, sehingga harus menyewa. Tentunya sah-sah saja. Dengan dasar ini pula sebelum membangun garasi hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kesiapan lahan.

2. Lakukan penghitungan budget secara detail

Saat ini, melakukan pekerjaan konstruksi apapun, adalah bukan hal yang murah dan mudah. Perlu pertimbangan pasti, termasuk dalam hal membangun garasi. Pastikan budgetnya tersedia, jangan sampai proyek berhenti ditengah jalan karena hambatan keuangan. Ini akan menjadikan rumah bukannya tampak indah malahan terkesan semrawut.

3. Sesuaikan dengan desain bangunan

Terkadang orang membangun garasi setelah keseluruhan bangunan telah berdiri. Oleh karena itu bila konsep ini yang berjalan. Ada baiknya, untuk menghitung keseluruhan konsep, sehingga tidak sampai mengganggu konsep rumah yang telah jadi sejak awal.

4. Pilih pekerja konstruksi profesional

Meski bersifat komplementer, membangun garasi adalah pekerjaan konstruksi serius juga. Lakukan ini dengan menggunakan jasa tenaga konstruksi atau tukang profesional. Oleh karena itu, pastikan bahwa budget telah siap dan tersedia.

5. Pertimbangkan perabot tambahan

Sebagai bagian dari rumah, garasi juga perlu ditambahkan beberapa perabot sederhana. Salah satunya adalah rak penyimpanan. Ini perlu agar barang-barang yang seyogyanya menjadi perlengkapan berkendara tak berserakan kala dikeluarkan dari dalam mobil.

6. Pastikan bahan pintu garasi aman dan efektif

Dari sekian banyak hal, pintu garasi adalah salah satu yang utama. Selain berfungsi keamanan. Bagian ini juga adalah bagian vital yang akan menjaga kendaraan dari kontak dengan luar ruangan saat terparkir. Oleh karenanya, pikirkan dengan baik bentuk dan modelnya, termasuk juga material apa yang akan dipergunakan untuk membangun.

7. Masukkan perencanaan bagian lantai untuk mendukung keamanan

Bagian lantai garasi tak bisa diremehkan, fungsinya juga mengandung unsur keselamatan. Beberapa pakar konstruksi berpendapat, ada baiknya lantai garasi tak menggunakan keramik biasa. Tetapi dengan keramik khusus yang akan meningkatkan faktor safety saat memarkir kendaraan di dalam garasi.

Inspirasi Desain Garasi

Desain garasi rumah minimalis cocok bagi hunian yang tidak memiliki ukuran yang luas atau besar. Garasi memang salah satu bagian rumah yang dirasa cukup penting untuk dimiliki. Ia memiliki fungsi yang esensial untuk menempatkan kendaraan dengan aman. Bukan hanya melindungi kendaraan dari pencuri saja, garasi dapat melindungi kendaraan dari cuaca.

Untuk membuat desain garasi rumah minimalis tidaklah sulit. Meskipun ukuran menjadi salah satu tantangan namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Mengingat betapa pentingnya garasi khususnya bagi keluarga yang memiliki kendaraan, maka menciptakan garasi yang aman dan nyaman dirasa perlu.

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan desain garasi rumah minimalis yang aman.

1. Posisi

Posisi garasi bisa diatur sesuai kondisi rumah. Beberapa orang membangun garasi di depan rumah dan beberapa membangunnya di bagian pinggir rumah. Semua kembali pada selera masing-masing. Jika masih ada lahan di samping rumah bisa dibangun garasi agar tampilan rumah depan tidak terganggu dengan adanya garasi.

2. Ukuran

Karena konsep yang dipakai adalah minimalis, maka tidak diperlukan lahan yang terlalu luas untuk membangun garasi. Ukuran garasi bisa disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki. Namun pastikan agar tidak membuatnya terlalu sempit agar kendaraan masih bisa bergerak bebas.

3. Desain

Desain garasi bisa disesuaikan dengan lahan serta selera pemilik rumah. Jika tidak ada cukup lahan untuk membuat garasi lengkap dengan rolling door maka bisa dibuat garasi model carport yang tidak memiliki ruang khusus namun dipasangkan kanopi untuk melindungi kendaraan dari hujan atau sinar matahari.

4. Tipe pintu

Pintu garasi terbuat dari material yang bervariasi. Ada yang terbuat dari kayu maupun besi. Untuk menciptakan kesan klasik yang elegan bisa digunakan pintu kayu. Namun untuk kesan futuristik dan modern bisa digunakan pintu besi. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

5. Sentuhan akhir desain garasi rumah

Beberapa hal yang bisa mempercantik garasi rumah minimalis seperti:

  • Warna yang tidak terlalu mencolok namun juga tidak terlalu gelap.
  • Kanopi baja yang ringan bisa dijadikan pilihan untuk tipe garasi semi carport.
  • Kunci gembok dan hal-hal lainnya menyangkut keamanan penyimpanan kendaraan harus diperhatikan.

Meskipun fungsi garasi untuk menempatkan kendaraan dengan aman, bukan berarti nilai estetika dihilangkan. Garasi tetap harus terlihat indah agar bisa mengimbangi desain rumah yang ada sehingga keberadaan garasi bisa menambah keindahan bukan merusaknya. Jika sulit untuk membuat garasi, maka garasi semi carport pun tidak mengapa untuk melindungi kendaraan.