Kamus Istilah Properti

Rumah Tunggal

istilah properti

Rumah Tunggal

Rumah tunggal adalah sebuah tempat tinggal dengan struktur berdiri sendiri, terpisah dari rumah lainnya, dan tidak berbagi dinding dengan rumah atau bangunan lain.

Apa itu Rumah Tunggal?

(Pexels)

Rumah tunggal adalah salah satu dari sekian jenis rumah yang sudah populer sejak dahulu. Rumah tunggal disebut juga detached house adalah rumah terpisah yang berdiri sendiri.

Biasanya, rumah tunggal hanya digunakan atau ditempati oleh satu keluarga serta jaraknya berjauhan antara rumah yang satu dengan rumah lainnya.

Jenis rumah tunggal umum ditemukan berada di daerah pegunungan maupun pantai yang jauh dari keramaian. Selain untuk tempat tinggal, tak sedikit orang memiliki rumah tunggal untuk tempat berlibur dan menenangkan diri. 

Konsep rumah tunggal berdiri dibangun di atas tanah yang lebih besar dari struktur bangunannya sendiri. Kemudian, pemilik rumah biasanya menambahkan area di sekitar rumah untuk dijadikan halaman, taman hijau, maupun garasi. 

Kepemilikan rumah tunggal bisa merupakan milik pribadi maupun milik perseorangan yang sering dijadikan penginapan. 

Kelebihan Rumah Tunggal

Secondary Mortgage Facility
(Pexels)

Memiliki rumah tunggal sangat cocok bagi Pins yang ingin memiliki tempat tinggal yang menawarkan kenyamanan. 

Selain itu, rumah tunggal menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya: 

  • Sebagai tempat tinggal, rumah tunggal menawarkan kenyamanan karena umumnya memiliki bukaannya lebih komplit dan sirkulasi udaranya lebih optimal.
  • Pins akan terbebas dari kebisingan sehingga lebih tenang.
  • Rumah tunggal memiliki jalan masuk dan garasi sendiri sehingga lebih mudah untuk keluar masuk rumah.
  • Hunian sebagai tempat singgah sementara bagi Pins yang ingin melepaskan diri dari kepenatan setelah beraktivitas. 
  • Menawarkan privasi.
  • Memiliki nilai investasi yang tinggi karena bisa disewakan sebagai penginapan dan sering dicari ketika hari berlibur tiba. 

Kekurangan Rumah Tunggal

Namun selain kelebihannya, rumah tunggal juga tak lepas dari kekurangan yang harus Pins perhatikan. Berikut ini kekurangan dari rumah tunggal” 

  • Harganya sangat mahal sehingga belum banyak developer yang mengembangkan hunian berjenis rumah tunggal secara massal.
  • Jaraknya berjauhan antara rumah yang satu dengan rumah lainnya sehingga jika dalam keadaan darurat sulit meminta pertolongan orang sekitar.
  • Biasanya berada di kawasan pedesaan sehingga aksesnya kemungkinan akan lebih sulit. 

Jenis Rumah Tunggal

Pada umumnya, rumah detached akan dibangun di atas tanah yang lebih luas dan biasanya dikelilingi halaman yang juga luas. 

Untuk seluruh jenis rumah tunggal biasanya dapat disewa. Tetapi dibandingkan hotel yang bisa disewa hanya untuk satu kamar saja, biasanya Pins harus menyewa keseluruhan bangunan yang ada di rumah tunggal. 

Adapun beberapa jenis rumah tunggal antara lain: 

Villa

villa
(Pexels)

Salah satu jenis rumah tunggal adalah vila. Berbentuk rumah tunggal untuk perorangan, vila biasanya disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur.

Sebagaimana ciri khas rumah tunggal, vila biasanya terletak di daerah yang jauh dari keramaian seperti pegunungan dan pantai, hawanya sejuk serta suasananya asri. 

Tak hanya itu, vila umumnya berada di dekat lokasi wisata. Menariknya, biasanya vila dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan seperti taman bermain, pemancingan, fasilitas olahraga, dan sarana hiburan lainnya.

Tempat ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat kalau Pins ingin berlibur bersama banyak orang, seperti keluarga atau sahabat. j

Bungalow

bungalow
(Pexels)

Bungalow berasal dari kata ‘bangla’ dari bahasa Bengali (Benggala Barat, India). Kata ini merujuk pada desain arsitekturnya, di mana bangunan bungalow biasanya memiliki arsitektur tradisional, dengan atap rendah, dengan beranda yang luas.

Sejak dulu, bungalow digunakan sebagai tempat peristirahatan di musim panas. 

Sebagai salah satu jenis rumah tunggal, bangunan bungalow terpisah dengan rumah lainnya. Bungalow biasanya berbentuk rumah-rumah ataupun pondok-pondok 

Hal ini juga biasanya hanya terdiri atas satu lantai dan tidak ada lorong-lorong dalam desain bangunannya. Pins akan banyak menemukan bungalow di daerah pantai dan pegunungan atau di daerah lain yang jauh dari pusat keramaian. 

Cottage

cottage
(Pexels)

Cottage disebut juga pondok hunian, adalah tempat penginapan yang mirip dengan vila. Bedanya, bangunan cottage adalah pondok-pondok terpisah meskipun masih satu area yang sangat mengutamakan privasi pengunjung.

Cottage awalnya hanya berupa rumah tunggal atau bertingkat, seperti yang dibangun untuk menampung pekerja di desa-desa pertambangan di Inggris. 

Dalam bahasa Inggris, istilah cottage menunjukkan hunian kecil atau bangunan tradisional yang terletak di pedesaan atau dekat pemandangan alam seperti pantai, danau maupun sungai.

Saat ini, cottage juga banyak ditemukan di tempat dengan pemandangan alam, seperti pantai, pinggir danau, atau pegunungan.

Mansion

mansion
(Pexels)

Jenis rumah tunggal yang terakhir adalah mansion. Bangunan ini merujuk pada rumah sangat besar dan mewah, biasanya dikaitkan dengan kekayaan atau aristokrasi yang luar biasa.

Umumnya, mansion terdiri dari lebih dari satu lantai, di atas sebidang tanah atau perkebunan yang sangat besar.

Mansion biasanya memiliki lebih banyak kamar dan kamar tidur daripada rumah tunggal pada umumnya, termasuk kamar khusus, seperti perpustakaan, ruang belajar, konservatori, teater, rumah kaca, kolam renang tanpa batas, arena bowling, atau ruang server.

Koordinator: Linda

Editor: Achlisia