Kamus Istilah Properti

Kanopi

istilah properti

Kanopi

Kanopi adalah tirai atau langit-langit tambahan yang terbuat dari terpal, kain, logam dan sebagainya.

Apa itu Kanopi?

Kanopi yang merupakan tirai, langit-langit atau atap tambahan ini berguna untuk menahan panas. Biasanya beberapa hal yang dilindungi oleh kanopi ini adalah teras dan juga kendaraan seperti mobil atau motor. Yuk, Pins kenal lebih jauh mengenai kanopi!

Fungsi dari Kanopi

Kanopi
(Pixabay)

Kanopi bukan hanya sebagai aksesoris untuk sebuah rumah, tapi juga mempunyai fungsi penting. Ini dia fungsi dari kanopi di antaranya:

  • Sebagai Pelindung

Fungsi utama sebuah kanopi yaitu untuk melindungi teras, halaman rumah ataupun garasi kendaraan yang terdapat di luar bangunan rumah dari teriknya cahaya matahari serta basahnya air hujan. Kanopi juga berguna dalam melindungi rumah dari benda-benda yang jatuh dari ketinggian seperti daun dan tangkai pohon. Dengan begitu, halaman rumah akan lebih terjaga kebersihannya.

  • Menciptakan Suasana Lebih Teduh

Fungsi selanjutnya adalah menciptakan suasana yang lebih teduh. Beberapa jenis bahan kanopi bisa dengan baik menyaring dan menyerap teriknya sinar matahari. Sehingga panasnya sinar matahari mampu dikurangi dengan adanya kanopi ini. Suasana di luar rumah menjadi lebih sejuk di siang hari.

  • Melengkapi Desain Eksterior

Memasang kanopi dengan desain yang cantik membuat tampilan luar atau desain eksterior menjadi lebih menarik. Pilihlah desain kanopi dengan desain rumah agar terlihat serasi.

  • Mengehemat Anggaran dalam Membangun Bagian Atap Rumah

Siapa yang tidak suka menghemat biaya anggaran dalam membangun rumah? Salah satu tipsnya adalah dengan memasang kanopi di bagian luar rumah. Kanopi bisa menghemat biaya karena tetap bisa melindungi beberapa bagian luar rumah tanpa harus memasang atap genteng secara full. Menggunakan genteng pastinya akan lebih mahal dibandingkan dengan kanopi. 

Jenis-Jenis Kanopi

Kanopi
(Pixabay)
  1. Kanopi Kaca

Kanopi kaca membuat rumah menjadi lebih elegan. Jenis kanopi kaca ini sangat cocok untuk rumah desain minimalis. Biasanya material kaca ini dipadupadankan dengan besi hollow hitam sehingga punya kesan monokrom yang berkelas. Perawatan kanopi kaca perlu perhatian lebih. Sifatnya yang transparan, membuatnya terlihat kotor jika ada daun kering yang jatuh di atas permukaannya.

  1. Kanopi Polycarbonate

Kanopi jenis polycarbonate adalah salah satu yang digunakan banyak orang. Selain harganya relatif lebih murah, kanopi polycarbonate cocok dengan berbagai desain rumah. Jika Pins ingin tetap merasakan hangatnya sinar matahari, kanopi polycarbonate dengan bahan yang cenderung lebih tipis ini bisa menjadi pilihan. Sinar matahari tetap terasa namun tidak menyengat. Merawat kanopi jenis ini mudah, hanya dengan menyemprotkan air sabun saja.

  1. Kanopi Zincalume

Perpaduan material silikon, seng serta alumunium akan membentuk kanopi zincalume ini. Salah satu pilihan kanopi dengan harga ramah di kantong. Terdapat lapisan resin pada zincalume yang membuat teksturnya halus dan bersih. Salah satu nilai plus yang dimilikinya adalah tahan terhadap korosi. Bagi Pins yang tinggal di daerah rendah atau pantai, cocok sekali menggunakan kanopi zincalume.

Bahan zincalume atau yang biasa disebut spandek cenderung lebih tipis. Perlu ketelitian dalam memasang kanopi zincalume agar tidak penyok. 

  1. Kanopi Onduline

Kanopi onduline punya sifat yang anti karat, anti korosi, kokoh dan bisa meredam air hujan. Sehingga ketika hujan turun tidak menghasilkan suara yang bising. Jenis ini cocok dengan rumah desain minimalis. Harganya yang ditawarkan pun masih dalam jangkauan.

  1. Kanopi Go Green

Disebut sebagai kanopi go green memang tanpa sebab. Kanopi ini merupakan solusi untuk atap yang paling ramah terhadap lingkungan. Bahan material untuk membuatnya berasal dari baja ringan yang didaur ulang dan bebas bahan-bahan berbahaya. Maka dari itu lebih aman untuk kesehatan para penghuni rumah. Selain itu kanopi ini anti korosi dan anti panas. Biasanya kanopi go green dikombinasikan dengan rangka baja ringan.

  1. Kanopi Membrane

Kanopi membrane terkenal dengan kualitasnya yang terdepan. Canopy ini kuat sehingga bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tampilannya pun cantik dan elegan sehingga bisa mempercantik tampilan luar rumah. Sifat dari kanopi membrane yaitu elastis tidak mudah sobek dan tahan akan sinar matahari sehingga rumah menjadi lebih teduh.

  1. Kanopi Awning Gulung

Ingin sesuatu yang lebih fleksibel? Gunakan kanopi awning gulung. Kanopi ini bisa digulung dengan mudah biasanya menggunakan remote control. Jadi ketika Pins sedang ingin berjemur, kanopi ini bisa digulung. Sedangkan ketika sedang ingin suasana lebih teduh, Pins bisa memasang kembali kanopi awning gulung ini.

Tips dan Trik dalam Memasang Kanopi

Kanopi
(Pixabay)

Membangun sesuatu untuk properti idaman seperti rumah ataupun apartemen harus dilakukan dengan hat-hati. Salah satunya adalah saat hendak memasang kanopi. Ini dia tips dan trik yang berguna saat hendak memasang kanopi, di antaranya:

Ukur Luas Lahan yang Hendak Ditutupi oleh Kanopi

Hal penting pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas lahan yang akan dilindungi oleh kanopi. Pastikan panjang, lebar, tinggi serta overstek yang dibutuhkan secara benar dan pas. Kegiatan ini sifatnya sangat vital supaya kanopi yang nantinya akan dibentuk sesuai dengan ukuran daerah yang akan ditutupi kanopi.

Jangan Lupa untuk Membuat Anggaran Biaya

Agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan dana tabungan, tidak berlebihan dan kekurangan, maka buatlah anggaran biaya terlebih dahulu. Catat anggaran biaya secara rinci, mulai dari harga material-material penunjang rangka kanopi, atap kanopi hingga jasa pemasangannya nanti. 

Pilih Model atau Jenis Kanopi

Banyak model, desain dan juga jenis kanopi yang bisa Pins pilih. Pilihlah model kanopi yang sesuai dengan desain rumah, fungsi yang diinginkan dan juga harganya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan tingkat keawetan dari material kanopi tersebut.

Tentukan Jasa atau Tukang Pasang Kanopi yang Berpengalaman

Untuk mendapatkan hasil akhir berupa kanopi yang terpasang rapi. Sebaiknya cari dan panggil jasa atau tukang pasang kanopi yang memang sudah berpengalaman. Sebelumnya pastikan dulu biaya dalam memasang kanopi ini sesuai dengan budget.

Itu dia informasi lengkap mengenai kanopi. Semoga bermanfaat ya, Pins!