Kamus Istilah Properti

Aktiva Produktif

istilah properti

Aktiva Produktif

Aktiva produktif adalah aset investasi yang dapat memberikan pemasukan per periodenya. Unit properti yang disewakan adalah salah satunya.

Apa itu aktiva produktif?

(Unsplash)

Saat ini, kita dapat menemukan banyak sekali jenis instrumen investasi yang dapat dimiliki oleh publik. Setiap instrumen investasi memiliki pembeda. Dari bentuk produk, risiko, harga, sekaligus tingkat produktivitasnya sebagai alat investasi. Salah satu instrumen investasi yang dinilai menguntungkan untuk dimiliki adalah instrumen investasi yang berjenis aktiva produktif.

Aktiva produktif adalah aset investasi yang dapat memberikan pemasukan per periodenya. Pemiliknya bisa jadi perorangan, lembaga bisnis, ataupun institusi. Beberapa contoh aktiva produktif antara lain:

  • Surat obligasi yang dapat memberikan keuntungan kepada pemiliknya per periode.
  • Penyimpanan uang dalam rekening bank yang dalam programnya diterapkan bunga sebagai keuntungan nasabah.
  • Melakukan investasi saham yang bisa memberikan pembagian hasil per periodenya.
  • Kepemilikan properti yang disewakan kepada pihak lain sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Keuntungan yang diterima dari penghasilan aktiva produktif merupakan termasuk objek pajak. Jadi pemilik harus melaporkan keuntungan yang diperolehnya ke pihak berwajib terkait.

Sebagai contoh, lembaga investasi akan melakukan pengiriman laporan tahunan untuk keperluan laporan pajak. Di dalam laporan tersebut tertulis total pendapatan dari deviden atau bunga yang diperolehnya. Begitu juga penghasilan yang diperoleh dari aktivitas penyewaan properti. Pemilik properti harus melakukan pelaporan pajak ke kantor perpajakan.

Properti sebagai aktiva produktif

(Unsplash)

Sebagai aktiva produktif, properti adalah jenis yang paling memiliki risiko rendah. Keuntungannya juga baik apabila asetnya memang terkelola dengan baik. Maka dari itu, jenis investasi ini tidak pernah sepi untuk diminati.

Selain memang menguntungkan sebagai penghasilan pasif, hampir semua properti yang masuk dalam kategori produktif mengalami peningkatan harga jual. Diperkirakan peningkatan properti (baik tanah, rumah, ruko, maupun apartemen) mengalami peningkatan harga 10% sampai 20% per tahunnya.

Secara garis besar keuntungan kepemilikan properti sebagai produk investasi ada dua yakni:

  • Pendapatan sewa bisa menjadi penghasilan yang menyegarkan kantong.
  • Harga jual aset properti akan mengalami peningkatan per periodenya.

Sayangnya, untuk memulai investasi pada aset properti membutuhkan biaya yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan kepemilikan instrumen investasi lain. Kita juga perlu melakukan manajemen aset seperti melakukan perjanjian yang saling menguntungkan kepada penyewa ataupun melakukan perawatan aset (jika perlu) agar harga sewa tetap stabil bahkan mungkin meningkat.

Jenis-jenis properti yang bisa dijadikan aktiva produktif

(Unsplash)

Aktiva produktif berjenis properti dapat memberikan penghasilan yang cukup besar jika asetnya tergolong aset potensial dan dikelola dengan baik. Selain itu, aset properti harga jualnya pun akan naik setiap tahunnya. Jadi, ketika kita menggelontorkan dana untuk membeli aset ini, kemungkinan kerugian tergolong kecil jika tingkat supply dan permintaan ‘sehat’.

Kita dapat menemukan beberapa jenis properti bisa dijadikan aset investasi. Beberapa jenis-jenis properti yang dimaksud antara lain adalah:

  • Rumah.
  • Ruko.
  • Apartemen.
  • Rumah kos.
  • Homestay.
  • Guesthouse.
  • Lahan kosong.
  • Sawah.
  • Lahan untuk berkebun.
  • Gedung perkantoran.

Ciri-ciri properti yang potensial untuk aset investasi

(Unsplash)

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa menjadi patokan kita untuk menilai apakah uang yang kita gelontorkan pada sebuah properti menguntungkan untuk jadi aset investasi. Ciri-ciri yang dimaksud antara lain memiliki arus kas berpotensial menghasilkan,

Arus kas berpotensial menghasilkan

Ketika menilai sebuah aset properti, kita perlu melakukan perhitungan secara kasar untuk arus kasnya. Arus kas harus baik, dalam artian bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi dari pengeluaran yang digelontorkan.

Sebagai contoh, sebuah rumah dengan harga Rp.300 juta berada di daerah dekat kampus. Rumah tersebut memiliki tiga kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan garasi yang cukup untuk parkir sebuah mobil. Di sekitaran aset tersebut, harga kos mencapai Rp.750.000 untuk perbulannya.

Dengan menyewakan tiga kamar, rumah tersebut dalam satu bulannya bisa menghasilkan hingga Rp.2.250.000. Dan dalam setahun pemilik bisa mengantongi uang sejumlah Rp.27.000.000. Dengan perhitungan kasar yang mana harga sewa kamarnya tetap stabil, pemilik akan mendapatkan balik modal di tahun ke 12. Jika periode-periode berikut harga sewa kamar dapat naik, maka peluang untuk balik modal dapat lebih cepat terjadi.

Dengan membuat konsep yang tepat, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan nilai tinggi akan lebih besar. Maka dari itu, aset seperti ini perlu melakukan perhitungan yang matang di awal serta eksekusi dan pengelolaan dengan baik.

Berlokasi di tempat strategis atau tepat

Tempat strategis tidak melulu di tengah kota. Beberapa aset-aset properti seperti lahan pertanian dengan kondisi tanah yang baik untuk penanaman komoditas tertentu juga bisa menjadi lokasi yang potensial untuk berinvestasi. Namun, untuk mendapatkan lokasi semacam ini, perlu dilakukan riset, harga yang baik, dan keberuntungan.

Harga jual berpotensi naik

Aset-aset properti yang baik adalah aset yang punya potensi peningkatan harga. Yang paling aman adalah membeli aset yang berada di lokasi yang punya keunggulan tertentu. Misalkan, lokasinya di dekat perkantoran, kampus, rumah sakit, atau jenis-jenis lokasi publik yang hidup secara ekonomi.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.