Kamus Istilah Properti

Deposito

istilah properti

Deposito

Deposito adalah produk bank dimana nasabah perlu menyetorkan sejumlah dana ke bank dan nantinya akan mendapat benefit kompensasi suku bunga.

Apa itu deposito?

(Unsplash)

Deposito adalah salah satu produk bank yang berupa simpanan dengan kompensasi suku bunga. Jadi, nasabah perlu untuk menyetorkan sejumlah dana ke bank untuk program simpanan ini. Simpanan tersebut tidak bisa ditarik dalam kurun waktu tertentu. Namun, dari sistem penyimpanan ini, nasabah akan memperoleh kompensasi berupa persentase suku buka dari total dana simpanan yang disetorkan.

Nantinya, pihak bank akan mengelola lagi dana tersebut menjadi dana pinjaman ke nasabah lain. Pinjaman tersebut akan dikenakan bunga dalam jumlah tertentu sebagai imbalan untuk pihak bank terkait jasa yang diberikan. Sebagian dari imbalan bunga yang diperoleh bank tersebutlah yang disalurkan sebagai kompensasi untuk nasabah yang melakukan simpanan.

Kapan waktu simpanan bisa ditarik dan seberapa besar jumlah kompensasi suku bunga yang didapat oleh nasabah sudah ditentukan dan dijelaskan di awal kesepakatan.Biasanya, program simpanan ini memiliki ketentuan dana awal yang harus disetorkan dan dana maksimal yang bisa disetorkan. 

Tidak hanya menggunakan rupiah saja, ada beberapa mata uang asing yang diterima oleh bank untuk program simpanan ini. Terkait dengan kompensasi suku bunga deposito yang diterima nasabah, akan ada pemotongan sejumlah dana yang dikategorikan sebagai pajak penghasilan. Hal tersebut diatur secara hukum dalam Pph (Pajak penghasilan) pasal 4 ayat 2.

Jenis-jenis deposito

(Unsplash)

Di Indonesia, setidaknya publik mengenal 3 jenis program deposito. Jenis-jenis tersebut antara lain adalah deposito berjangka, deposito on call dan sertifikat deposito. Untuk mengetahui perbedaannya, Pins bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Deposito berjangka

Sesuai dengan namanya, nasabah baru bisa melakukan penarikan dana simpanan yang mereka lakukan dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu penarikannya dari simpanan jenis ini cukup beragam. Ada hitungannya 1 bulan sampai 24 bulan, tergantung kesepakatan.

Simpanan jenis ini bisa dilakukan atas nama perorangan maupun lembaga. Namun, hanya nasabah yang menandatangani kesepakatan saja yang bisa melakukan penarikan dana tersebut nantinya.

Deposito on call

Jenis simpanan yang satu ini jangka waktu penarikan dananya terbilang pendek. Kesepakatan penarikan dana simpanan yang ditawarkan paling cepat adalah 7 hari dan paling lama 30 hari.

Yang menjadi catatan, jenis simpanan ini hanya diperuntukkan bagi pemilik dana tunai di atas 50 juta, bahkan ada yang lebih dari 100 juta rupiah. Kompensasi suku bunga yang akan didapatkan oleh nasabah pun bisa dinegosiasikan.

Sertifikat deposito

Apabila melakukan jenis simpanan ini, Pins tidak akan mendapatkan bilyet (bukti kepemilikan deposito berjangka). Namun sebagai gantinya, tanda bukti yang akan berbentuk sertifikat.

Yang menarik dari jenis simpanan ini, kita bisa melakukan pemindahtanganan sertifikatnya ke siapapun. Penarikannya juga lebih fleksibel karena dapat dicairkan oleh orang yang memiliki sertifikat tersebut.

Terkait pencairan kompensasi suku bunga yang akan didapatkan nasabah, simpanan ini punya beberapa jenis waktu penarikan. Ada penarikan bunga yang bisa dilakukan di muka, ada yang bisa ditarik setiap bulan, ada juga yang dapat dicairkan ketika simpanan sudah jatuh tempo.

Plus dan minus

(Unsplash)

Tidak sedikit pihak yang mengkategorikan simpanan ini sebagai salah satu bentuk instrumen investasi. Hal ini dikarenakan uang yang disimpan dapat bertambah sesuai dengan kesepakatan kompensasi suku bunga di awal perjanjian.

Buat Pins yang tertarik untuk melakukan jenis simpanan ini, ada baiknya mengetahui sisi plus dan minus dari simpanan ini. Selengkapnya, simak paparan di bawah ini.

Plus

  • Persyaratan untuk melakukan simpanan ini mudah untuk dilengkapi.
  • Sebagai instrumen investasi, deposito lebih minim risiko karena kompensasi suku bunganya tidak berubah.
  • Sebagai instrumen menabung, program ini aman. Terlebih ada jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  • Dibandingkan dengan tabungan biasa, simpanan ini punya bunga yang lebih besar.
  • Salah satu sarana untuk investasi berbagai jangka waktu. Dari jangka pendek sampai jangka panjang.
  • Beberapa program simpanan ini cukup fleksibel untuk penarikan kompensasi suku bunganya.

Minus

  • Ketentuan untuk dana setoran awal lebih besar dibanding dengan tabungan jenis lain.
  • Sebagai instrumen investasi, deposito punya keuntungan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan reksadana, saham maupun crypto.
  • Apabila terjadi inflasi (penurunan nilai mata uang), keuntungan simpanan ini semakin kecil nilainya.
  • Nilai dana simpanan tetap (tidak dapat ditambah) sehingga jika nasabah ingin menambah investasi, nasabah perlu membuka akun deposito baru.
  • Kompensasi suku bunga yang diperoleh dikenakan pajak.

Membeli properti dengan deposito

deposito
(Unsplash)

Kemungkinan untuk membeli properti menggunakan deposito cukup terbuka lebar. Namun, perlu dilakukan perhitungan yang cukup rinci.

Hitunglah perkiraan dana yang dibutuhkan untuk membeli properti yang diinginkan. Kalkulasikan juga dana yang saat ini kamu miliki. Yang perlu digaris bawahi, kamu perlu realistis. Usahakan mencari properti yang harganya tidak begitu jauh dari total dana yang nantinya akan kamu simpan dalam akun deposito.

Hitung berapa bunga yang akan kamu dapatkan untuk simpananmu. Catat juga kapan pencairan dana bisa dilakukan. Penting untuk kamu perhatikan bahwa deposito rentan terhadap inflasi. Begitu juga nilai properti yang semakin lama harganya semakin tinggi. Agar lebih aman, kamu bisa meminta saran kepada penasihat finansial ataupun relasi yang paham berpengalaman dengan hal ini.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.