BlogPemilik PropertiFinansialWajib Tahu! Ini 7 Cara Memulai Investasi di Usia Muda
0
0

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Memulai Investasi di Usia Muda

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 9, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Memulai Investasitop-right-banner

Manajemen keuangan dengan benar penting untuk dilakukan sejak dini. Banyak orang yang tidak menganggap hal ini dengan serius dan di masa mendatang mengalami kesulitan. Bagi anak muda, selain dengan terus menabung ada salah satu cara yang cukup populer untuk memastikan keuangan masa depan yaitu investasi. Terdapat beberapa cara memulai investasi di usia muda.

Dengan memulai investasi di usia muda, Pins dapat menambah peluang bisa membeli rumah yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Orchard Village, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi atau di sekitar Stasiun Bekasi menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Mempertimbangkan Beberapa Hal Sebelum Investasi

Bagi anak muda, mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu bukanlah hal yang mudah. Cara memulai investasi berawal dari pertimbangan yang matang.

Ada berbagai pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menanamkan modal. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk memulai investasi di usia muda.

Mengetahui Tujuan Investasi

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan sebelum menanamkan dana yaitu mengetahui tujuan awal kamu memilih melakukannya. Tujuan yang jelas dan sistematis akan membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Misalnya, Pins ingin melakukannya guna mengumpulkan dana untuk memberangkatkan orang tua pergi Haji. Tujuan ini jelas sehingga untuk bisa mendapatkannya, kamu perlu mendapatkan keuntungan sekian persen dari penanaman modal yang telah dilakukan.

Baca juga:

Menghitung Modal yang Dimiliki

Source : Pixabay

Berikutnya yaitu dengan mengetahui total uang yang bisa dikeluarkan. Banyak investor pemula yang kelabakan dan merugi karena tidak memperhitungkan hal ini. Mengelola dana dengan cara ini memiliki ketidakpastian sehingga jika terlalu gegabah melakukannya, pastinya Pins bisa merugi.

Salah satu contohnya adalah segera menguras tabungan dan membeli saham perusahaan A karena saat itu harganya sedang tinggi. Lalu, beberapa hari kemudian ternyata nilainya menurun dan uang tabungan yang digunakan hangus. Pins tentunya tidak mau hal ini terjadi.

Mengetahui Keuntungan dan Kerugian yang Mungkin Didapat

Cara Memulai Investasi
Source : Pexels

Saat menanamkan modal, setiap orang pasti ingin mendapatkan keuntungan dan uangnya bertambah. Hanya saja, di dunia ini tidak ada yang pasti. Seorang investor muda harus tahu bahwa seiring dengan keuntungan yang dijanjikan, ada pula kemungkinan untuk bisa merugi.

Guna meminimalisir hal tersebut, cara yang tepat untuk dilakukan yaitu mempelajari berbagai keuntungan dan kerugian dari jenis instrumen yang akan dibeli. Barulah setelah mengetahui hal itu, kamu bisa memilih dan menanamkan modal di instrumen pilihan.

Baca juga:

Mengerti Jenis-Jenis Investasi

Cara memulai investasi yang berikutnya adalah dengan mengetahui jenis investasi yang ada. Seseorang yang masih baru dalam dunia investasi mungkin merasa kebingungan untuk memilih satu yang cocok karena adanya banyak pilihan. Berikut ini beberapa contoh instrumen yang bisa dipilih untuk seorang pemula.

1. Reksadana

Ketika memilih reksadana, hal yang perlu dilakukan hanyalah memberikan modal. Uang tersebut kemudian akan dikelola oleh seorang ahli guna mendapatkan keuntungan. Cara ini merupakan pilihan yang aman bagi pemula karena modal awalnya kecil dan pemodal tidak perlu langsung berurusan dengan keuntungan yang didapat karena sudah dikelola orang lain.

Baca juga:

2. Emas

Source : Pexels

Jenis instrumen ini cukup populer baik untuk kalangan muda maupun investor yang sudah ahli. Hal ini dikarenakan logam mulia yang satu ini memiliki harga yang cukup stabil dan bisa disimpan dalam waktu lama. Selain itu, harganya pun tidak terpengaruh inflasi sehingga instrumen ini cocok untuk pilihan jangka panjang.

3. Properti

Cara Memulai Investasi
Source : Pexels

Kamu juga bisa memilih untuk menanamkan modal dengan usaha properti. Mungkin kamu merasa ragu karena membutuhkan modal yang cukup besar, namun usaha ini sifatnya hampir sama dengan emas yaitu cocok untuk jangka panjang. Jika Pins tidak memiliki cukup dana, bisa mengajukan KPR dan biaya pelunasannya bisa dibantu oleh uang yang dibayarkan oleh penyewa properti.

Baca juga:

4. Deposito

Deposito termasuk jenis instrumen yang memiliki risiko kerugian rendah. Cara melakukannya sendiri hampir sama dengan reksadana yaitu cukup memberikan modal. Salah satu jasa yang bisa dipilih yaitu deposito ke bank. Kamu cukup menyiapkan uang dan membuka rekening deposito. Setelah waktu tertentu, uang yang diberikan bisa ditarik kembali bersamaan dengan bunga yang didapat.

5. Saham

Cara Memulai Investasi
Source : Pexels

Pilihan berikutnya yaitu membeli saham perusahaan. Instrumen ini saat ini sedang naik daun karena banyak perusahaan yang memperjualbelikan sahamnya secara terbuka. Selain itu, investor juga bisa membeli saham dengan jumlah kecil. Jika kamu ingin mencoba menanam modal yang high risk high return, saham bisa menjadi pilihan tepat.

Baca juga:

6. Pilih yang Paling Sesuai dengan Tujuan

Source : Pexels

Setelah mempelajari berbagai jenis instrumen serta cara memulai investasi, langkah berikutnya bagi Pins yaitu memilih yang cocok. Sesuaikan pemilihan instrumen dengan tujuan dan modal yang telah dibuat sebelumnya.

Misalnya, Pins ingin menjalankan investasi sebagai tabungan di masa tua. Karena jangka waktunya panjang, kamu bisa memilih instrumen yang paling cocok seperti emas atau properti. Ke dua instrumen tersebut lebih cocok karena tahan lama serta nilainya cenderung terus naik sedikit demi sedikit.

7. Mengelola Uang yang Didapat

Cara Memulai Investasi
Source : Pexels

Pins yang sudah mendapatkan keuntungan dari penanaman modal yang dilakukan bisa memilih untuk langsung menggunakan hasilnya atau memutarnya kembali. Apabila tujuan utama dari penanaman modal yang dilakukan yaitu untuk membeli sesuatu, maka kamu bisa langsung menggunakannya untuk tujuan tersebut.

Cara lain yang bisa dipilih yaitu memakai hasil penanaman modal untuk memulai sesuatu yang lain. Misalnya yaitu hasil yang didapat digunakan sebagai modal untuk membuat sebuah usaha baru. Pengelolaan yang seperti ini akan memungkinkan kamu memiliki hasil yang lebih besar dari penanaman modal yang dilakukan di awal.

Belajar cara memulai investasi rupanya bisa dilakukan dari usia muda. Yuk, mulai melakukan ini guna menambah penghasilan serta belajar mengelola keuangan dengan lebih baik!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download