Bagaimana Cara Memulai Investasi di Usia Muda?

Diperbarui oleh Komarudin Subekti ∙ October 31, 2022 ∙ 6 menit membaca

Mengelola keuangan dengan benar penting untuk dilakukan sejak dini. Banyak orang yang tidak menganggap hal ini dengan serius dan di masa mendatang mengalami kesulitan. Bagi anak muda, selain dengan terus menabung ada salah satu cara yang cukup populer untuk memastikan keuangan masa depan yaitu investasi. Terdapat beberapa cara untuk memulai investasi di usia muda.

Pinhome – Investasi cukup populer akhir-akhir ini karena aksesnya menjadi lebih mudah. Banyak perusahaan yang memungkinkan seseorang untuk melakukan hal ini dengan modal yang cukup rendah. Selain itu, dengan perkembangan teknologi, setiap investor bisa dengan mudah melacak keuntungan atau kerugian yang didapatkannya. Khususnya untuk yang ingin investasi di usia muda.

Baca Juga:

Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai

Bagi anak muda, mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menanamkan modal. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk memulai investasi di usia muda.

Mengetahui Tujuan

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan sebelum menanamkan dana yaitu mengetahui tujuan awal kamu memilih melakukannya. Tujuan yang jelas dan sistematis akan membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Misalnya, Pins ingin melakukannya guna mengumpulkan dana untuk memberangkatkan orang tua pergi Haji. Tujuan ini jelas sehingga untuk bisa mendapatkannya, kamu perlu mendapatkan keuntungan sekian persen dari penanaman modal yang telah dilakukan.

Baca Juga:

Menghitung Modal yang Dimiliki

Berikutnya yaitu dengan mengetahui total uang yang bisa dikeluarkan. Banyak investor muda yang kelabakan dan merugi karena tidak memperhitungkan hal ini. Mengelola dana dengan cara ini memiliki ketidakpastian sehingga jika terlalu gegabah melakukannya, pastinya Pins bisa merugi.

Salah satu contohnya adalah segera menguras tabungan dan membeli saham perusahaan A karena saat itu harganya sedang tinggi. Lalu, beberapa hari kemudian ternyata nilainya menurun dan uang tabungan yang digunakan hangus. Pins tentunya tidak mau hal ini terjadi.

Mengetahui Keuntungan dan Kerugian yang Mungkin Didapat

Saat menanamkan modal, setiap orang pasti ingin mendapatkan keuntungan dan uangnya bertambah. Hanya saja, di dunia ini tidak ada yang pasti. Seorang investor muda harus tahu bahwa seiring dengan keuntungan yang dijanjikan, ada pula kemungkinan untuk bisa merugi.

Guna meminimalisir hal tersebut, cara yang tepat untuk dilakukan yaitu mempelajari berbagai keuntungan dan kerugian dari jenis instrumen yang akan dibeli. Barulah setelah mengetahui hal itu, kamu bisa memilih dan menanamkan modal di instrumen pilihan.

Baca Juga:

Mengerti Jenis-Jenis Investasi

Seseorang yang masih baru dalam dunia investasi mungkin merasa kebingungan untuk memilih satu yang cocok karena adanya banyak pilihan. Berikut ini beberapa contoh instrumen yang bisa dipilih untuk seorang pemula.

Reksadana

Ketika memilih reksadana, hal yang perlu dilakukan hanyalah memberikan modal. Uang tersebut kemudian akan dikelola oleh seorang ahli guna mendapatkan keuntungan. Cara ini merupakan pilihan yang aman bagi pemula karena modal awalnya kecil dan pemodal tidak perlu langsung berurusan dengan keuntungan yang didapat karena sudah dikelola orang lain.

Baca Juga:

Emas

Jenis instrumen ini cukup populer baik untuk kalangan muda maupun investor yang sudah ahli. Hal ini dikarenakan logam mulia yang satu ini memiliki harga yang cukup stabil dan bisa disimpan dalam waktu lama. Selain itu, harganya pun tidak terpengaruh inflasi sehingga instrumen ini cocok untuk pilihan jangka panjang.

Properti

Kamu juga bisa memilih untuk menanamkan modal dengan usaha properti. Mungkin kamu merasa ragu karena membutuhkan modal yang cukup besar, namun usaha ini sifatnya hampir sama dengan emas yaitu cocok untuk jangka panjang. Jika Pins tidak memiliki cukup dana, bisa mengajukan KPR dan biaya pelunasannya bisa dibantu oleh uang yang dibayarkan oleh penyewa properti.

Baca Juga:

Deposito

Deposito termasuk jenis instrumen yang memiliki risiko kerugian rendah. Cara melakukannya sendiri hampir sama dengan reksadana yaitu cukup memberikan modal. Salah satu jasa yang bisa dipilih yaitu deposito ke bank. Kamu cukup menyiapkan uang dan membuka rekening deposito. Setelah waktu tertentu, uang yang diberikan bisa ditarik kembali bersamaan dengan bunga yang didapat.

Saham

Pilihan berikutnya yaitu membeli saham perusahaan. Instrumen ini saat ini sedang naik daun karena banyak perusahaan yang memperjualbelikan sahamnya secara terbuka. Selain itu, investor juga bisa membeli saham dengan jumlah kecil. Jika kamu ingin mencoba menanam modal yang high risk high return, saham bisa menjadi pilihan tepat.

Baca Juga:

Pilih yang Paling Sesuai dengan Tujuan

Setelah mempelajari berbagai jenis instrumen serta cara yang ada, langkah berikutnya bagi Pins yaitu memilih yang cocok. Sesuaikan pemilihan instrumen dengan tujuan dan modal yang telah dibuat sebelumnya.

Misalnya, Pins ingin menjalankan investasi sebagai tabungan di masa tua. Karena jangka waktunya panjang, kamu bisa memilih instrumen yang paling cocok seperti emas atau properti. Ke dua instrumen tersebut lebih cocok karena tahan lama serta nilainya cenderung terus naik sedikit demi sedikit.

Mengelola Uang yang Didapat

Pins yang sudah mendapatkan keuntungan dari penanaman modal yang dilakukan bisa memilih untuk langsung menggunakan hasilnya atau memutarnya kembali. Apabila tujuan utama dari penanaman modal yang dilakukan yaitu untuk membeli sesuatu, maka kamu bisa langsung menggunakannya untuk tujuan tersebut.

Cara lain yang bisa dipilih yaitu memakai hasil penanaman modal untuk memulai sesuatu yang lain. Misalnya yaitu hasil yang didapat digunakan sebagai modal untuk membuat sebuah usaha baru. Pengelolaan yang seperti ini akan memungkinkan kamu memiliki hasil yang lebih besar dari penanaman modal yang dilakukan di awal.

Belajar dan memulai investasi bisa dilakukan mulai dari usia muda. Yuk, mulai melakukan ini guna menambah penghasilan serta belajar mengelola keuangan dengan lebih baik!


Butuh informasi lebih tentang keuangan, pengajuan KPR, beli rumah dan lain-lain? Cek di sini. 

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia