BlogPemilik PropertiFinansialApa Saja yang Termasuk Saham Layak Investasi Jangka Panjang?
0
0

Apa Saja yang Termasuk Saham Layak Investasi Jangka Panjang?

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 15, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Saham Layak Investasi Jangka Panjangtop-right-banner

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang mulai banyak dilirik. Saat ini, tingkat popularitas saham semakin tinggi karena masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah. Pilihan saham pun juga beragam, mulai dari perusahaan dalam maupun luar negeri. Namun, bagaimana sebenarnya cara untuk memilih saham layak investasi jangka panjang?

Pinhome – Memilih investasi dengan prospek jangka panjang yang baik tentu sangat penting. Saat memutuskan untuk berinvestasi, setiap orang ingin mendapat keuntungan. Investor berharap nilai instrumen yang ditanamnya akan bertambah dalam kurun waktu tertentu. Hal ini berlaku untuk segala jenis investasi baik itu saham, rumah, maupun emas.

Baca Juga:

Pengertian Saham

Saham Layak Investasi Jangka Panjang
Source : Daihatsu

Saham merupakan sekuritas yang mewakili kepemilikan di sebuah perusahaan publik. Seseorang yang telah membeli saham suatu perusahaan, bisa diartikan sebagai pemilik sebagian dari perusahaan tersebut.

Otoritas Jasa Keuangan mengartikan saham sebagai surat bukti kepemilikan atau bagian modal perusahaan yang bisa diperjualbelikan. Transaksi tersebut bisa dilakukan di dalam maupun di luar pasar modal. Perusahaan akan memberikan hak atas dividen sesuai dengan modal yang disetorkan oleh penanam modal.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saham adalah hak yang dimiliki oleh investor terhadap perusahaan. Hal ini terjadi karena adanya penyerahan modal sehingga pemegang saham berbagi kepemilikan dan pengawasan dengan perusahaan.

Baca Juga:

Cara Kerja Investasi Ini

Source : Detik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saham mewakili kepemilikan di sebuah perusahaan. Investor saham akan menjadi pemilik sebagian dari perusahaan tersebut. Sebagai gambaran, sebuah perusahaan memiliki 500.000 saham dan Pins membeli 1.000 sahamnya. Melalui perbandingan tersebut, Pins memiliki 0,2% dari perusahaan tersebut.

Harga dari saham sendiri selalu berubah-ubah setiap saat. Sistemnya mengikuti prinsip supply dan demand. Semakin banyak orang yang menjual saham, maka harganya akan semakin rendah. Sedangkan ketika saham dibeli banyak orang, harganya akan naik.

Saat Pins berinvestasi saham, keuntungan bisa diperoleh jika berhasil menjual saham dengan harga lebih tinggi dari saat membelinya. Selain bergantung pada jumlah saham yang beredar, nilai investasi ini juga terpengaruh kinerja perusahaan. Jika sebuah perusahaan kinerjanya buruk, nilai sahamnya bisa menurun dan para pemegang saham akan merugi.

Baca Juga:

Indikator Saham Layak Investasi Jangka Panjang

Saham Layak Investasi Jangka Panjang
Source : Okezone

Ada beberapa indikator tertentu yang bisa Pins perhatikan ketika memilih saham layak investasi jangka panjang. Hal ini dilakukan supaya Pins tidak salah beli dan menderita kerugian. Berikut ini berbagai indikator saham dengan prospek baik.

  • Pembagian Dividen

Dividen merupakan bagian atas keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemilik saham. Perusahaan yang sering membagikan dividen tentu akan menguntungkan pemegang sahamnya. Selain itu, Pins juga bisa melihat sistem pembagiannya. Perusahaan yang memiliki waktu pembagian dividen yang teratur tentu memiliki sistem yang lebih baik dan layak untuk investasi jangka panjang.

Baca Juga:

  • Kondisi Bisnis di Masa Depan

Investasi jangka panjang tentunya sangat bergantung dengan prospek di masa depan. Perusahaan yang dikelola dengan baik serta memiliki fundamental yang kuat akan bisa berjalan dalam waktu yang lama. Saat investasi saham, Pins harus memastikan untuk memilih perusahaan yang kompeten serta melakukan pengelolaan keuangan yang tepat.

  • Laba Bersih Perusahaan

Perusahaan dengan laba bersih yang terus meningkat menandakan bahwa dana yang diterima dikelola dengan baik. Hal ini tentu menguntungkan para investor karena semakin banyak laba yang diperoleh, maka dividen juga ikut meningkat. Perusahaan dengan laba bersih yang terus naik patut dijadikan pilihan ketika menanam modal dalam bentuk saham.

Baca Juga:

Rekomendasi Saham yang Patut Diperhitungkan

Source : Antara

Saat baru memulai investasi saham, kebanyakan orang akan kebingungan karena ada banyaknya pilihan. Sebagai seorang yang baru mulai, salah satu jenis saham layak investasi jangka panjang yaitu saham blue chip. Saham ini dimiliki oleh perusahaan dengan kinerja baik, sudah mumpuni di bursa, serta punya rekam jejak konsisten dalam waktu yang lama.

Berikut ini beberapa rekomendasi saham yang bisa dipilih ketika ingin berinvestasi.

  • BBCA Bank BCA

BBCA merupakan kode saham milik Bank BCA. Bank yang dikelola swasta ini memiliki kinerja saham yang baik di bursa. Saham bank ini banyak dipilih oleh investor karena memberikan profit yang baik bagi pemegang saham. Hal ini terjadi karena pengelolaan profit yang efisien.

  • UNVR Unilever

Saham rekomendasi berikutnya yaitu UNVR milik Unilever Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang fast moving consumer goods (FMCG) ini memiliki pangsa pasar yang besar. Perusahaan ini memiliki potensi kuat untuk berkembang mengingat produknya yang dominan di pasar. Tentunya, hal ini memiliki pengaruh baik terhadap profit perusahaan.

  • BBRI Bank BRI

Bank BRI merupakan salah satu bank dengan terbesar di Indonesia. Bank ini populer karena menyasar masyarakat kecil dan memiliki kemampuan manajemen yang mumpuni. Pins yang tertarik untuk investasi saham, bisa memilih BBRI yang merupakan kode milik Bank BRI.

  • TLKM Telkom Indonesia

TLKM adalah kode saham milik perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. memiliki prospek yang cerah mengingat perkembangan teknologi yang semakin masif. Produk yang ditawarkan perusahaan ini pun juga unggul karena memiliki kualitas baik dan bisa menjangkau banyak daerah.

  • ICBP Indofood CBP Sukses Makmur

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang dikelola oleh Salim Group. Indofood merupakan salah satu perusahaan di bidang makanan yang terkemuka di Indonesia. Produk andalannya yaitu Indomie sendiri sangat populer dan digemari berbagai kalangan. Hal ini menjadikan saham ICBP memiliki prospek yang baik.

Pins yang ingin memiliki saham layak investasi jangka panjang, bisa memilih salah satu dari rekomendasi di atas. Jika Pins ingin membeli saham lain, jangan lupa untuk selalu mengecek prospek dari perusahaan tersebut.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download