Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Sudah Punya Buku Tabungan BRI Syariah? Pahami Dulu Biar Jelas Yuk!

Sudah Punya Buku Tabungan BRI Syariah? Pahami Dulu Biar Jelas Yuk!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Selain bank konvensional, Indonesia juga memiliki bank syariah. Bank syariah dapat menjadi pilihan untuk umat muslim yang ingin  menabung atau melakukan transaksi perbankan dengan aman dan nyaman. Pasalnya, bank ini mengedepankan syariah Islam dalam pengelolaannya. Terdapat salah satu bank syariah yang dapat menjadi pilihan untuk Pins. Bank tersebut ialah Bank BRI Syariah yang kini sudah berganti menjadi BSI atau Bank Syariah Indonesia. 

Pinhome – Bank BRI Syariah memiliki beberapa program unggulan yang bermanfaat untuk Pins. Jika Pins berminat, berikut dijelaskan mengenai produk buku tabungan BRI syariah serta cara buka tabungan BRI Syariah. Berikut uraiannya penjelasannya. 

Mengenal Bank BRI Syariah 

(Warta Ekonomi)

Baca Juga: Cara Cek Saldo KPR Bank BTN Melalui ATM

Mengutip dari beberapa sumber, Bank BRI Syariah berdiri sejak tahun 2008. Mulanya bank ini merupakan bank yang beroperasi secara konvensional, tapi lalu diubah menjadi bank syariah agar dapat memenuhi kebutuhan umat Islam. 

Sebagai bank berbasis syariah, Bank BRI Syariah tidak menerapkan sistem bunga. Namun demikian, bank ini tetap memberi keuntungan. Keuntungan tersebut diambil dari nisbah atau bagi hasil yang dihitung dari pendapatan bank atau revenue.

Nah, hal tersebutlah yang membuat Bank BRI Syariah berbeda dengan bank konvensional lainnya. Bila merujuk pada syariah Islam, bank ini menerapkan sistem akad wadiah atau titipan dan mudharabah atau kerjasama. 

Berkat dua hal tersebut, Bank BRI Syariah semakin diminati oleh umat muslim. Pasalnya, imbal hasil yang diberikan pun jelas dan sesuai dengan kesepakatan yang mana berdasar pada syariah keislaman. 

Sebagai tambahan, Bank BRI Syariah menjalankan usaha dengan menjunjung tinggi hukum agama Islam. Hukum yang diterapkan yakni sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia atau MUI. 

Pilihan Produk Tabungan BRI Syariah

(Kredit Pintar)

Baca Juga: Cara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR

Jika Pins tertarik ingin membuat buku tabungan di BRI Syariah, berikut ini ada beberapa produk yang dapat menjadi pilihan. 

Tabungan BRI Syariah Faedah 

Tabungan BRI Syariah Faedah adalah tabungan yang diperuntukan untuk perorangan guna memudahkan transaksi sehari-hari. Tabungan ini menerapkan akad wadi’ah yad dhamanah. Arti dari akad ini adalah  penitipan uang di mana pihak bank boleh memanfaatkan uang nasabah tersebut. Namun jika terjadi kerusakan atau hilang, pihak bank bertanggungjawab dan menggantinya.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa keuntungan dari pengelolaan uang nasabah ini menjadi milik pihak bank. Nasabah tidak berhak atas keuntungan dari pengelolaan uang tersebut. Meski demikian, pihak bank tetap memberikan bonus secara berkala.

Tabungan Haji BRI Syariah iB

Sesuai dengan namanya, produk tabungan ini adalah jenis tabungan BRI Syariah yang ditujukan untuk orang-orang yang ingin menunaikan ibadah haji. Produk ini mengedepankan akad mudharabah muthlaqah atau prinsip kerja sama. 

Tabungan Impian BRI Syariah iB

Tabungan Impian BRI Syariah iB adalah produk simpanan atau tabungan berjangka yang ditujukan untuk nasabah perorangan. Khususnya mereka yang ingin mengelola keuangan dengan lebih terencana. 

Berbeda dengan dua produk sebelumnya, produk ini menggunakan mekanisme autodebet rutin setiap bulan. Jadi, pihak bank akan memotong saldo di rekeningnya setiap bulan dengan jumlah yang telah disepakati. Sementara untuk akadnya sendiri, produk ini menggunakan akad mudharabah muthalaqah atau kerja sama. 

Simpanan Pelajar (SimPel) BRI Syariah iB

Sesuai dengan namanya, Tabungan SimPel merupakan produk tabungan BRI Syariah yang ditujukan untuk siswa agar mendorong budaya menabung sedari dini.

Produk tabungan ini menerapkan akad wadiah yad dhamanah, yaitu akad yang mana pihak bank boleh mengelola uang nasabah. Namun demikian, nasabah dapat mengambil uang sewaktu-waktu sesuai yang dikehendaki. 

Deposito BRI Syariah 

Produk tabungan ini berbeda dengan tabungan sebelumnya. Deposito BRI Syariah dapat diartikan sebagai produk simpanan berjangka dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah. 

Besaran imbal hasil pada produk tabungan ini telah disepakati sejak awal. Jadi, meski suku bunga sedang fluktuatif, bagi hasil yang diterima tetap sesuai yang sudah disepakati sebelumnya. 

Cara Buka Bank Syariah

Sebetulnya cara buka Bank Syariah mirip dengan bank konvensional lainnya. Kamu hanya perlu datang ke bank, mengisi formulir, lalu menyerahkannya ke customer service.

Saat berada di customer service barangkali kamu akan ditawari beberapa jenis produk tabungan yang akan dipilih. Nah, pada tahap inilah kamu bisa memilih produk tabungan Bank BRI Syariah ini yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

Jika masih bingung jangan ragu untuk menanyakan masing-masing keunggulan dari produk tersebut. Baik pembagian imbal hasilnya maupun minimal saldo mengendapnya. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu customer service memproses buku tabunganmu.  

Sebagai catatan, namun Bank BRI Syariah ini kini sudah merger dengan bank syariah lainnya. Jadi, nama banknya sudah tak lagi BRI Syariah, melainkan Bank Syariah Indonesia. Oleh sebab itu, jika kebetulan Pins sudah memiliki rekening di Bank BRI Syariah, maka sebaiknya lakukan pemindahan mutasi agar uang dan tabungan dapat diambil dan dikelola kembali. 

Demikian tadi beberapa produk dari Bank BRI Syariah yang bisa menjadi pilihan. Tak perlu khawatir, berbagai produk  tersebut sudah mengedepankan prinsip keislaman dan diawasi oleh MUI, jadi Pins bisa menabung dan bertransaksi dengan tenang. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel