Kamus Istilah Properti

Arsitektur Organik

istilah properti

Arsitektur Organik

Arsitektur organik adalah rancangan bangunan yang konsepnya berasal dari prinsip-prinsip dan bentuk-bentuk dari alam.

Apa itu arsitektur organik?

(Indonesia Design)

Ada banyak konsep atau pendekatan desain yang bisa diterapkan pada bangunan pada era sekarang. Salah satu konsep atau pendekatan yang dapat diterapkan adalah arsitektur organik.

Arsitektur organik adalah rancangan arsitektur yang konsepnya berasal dari prinsip-prinsip dan bentuk-bentuk dari alam. Jadi, konstruksi yang akan didirikan dari awal akan memegang konsep untuk bisa menyelaraskan kehidupan antara manusia dan alam. Bukan hanya bentuk-bentuk bangunan saja, nantinya perabotan yang ada di dalamnya pun dikonsepkan agar sesuai dengan konsep ini.

Istilah arsitektur organik sendiri mulai dipakai oleh Frank Lloyd Wright, seorang arsitek dan desainer asal Amerika Serikat pada tahun 1908. Wright menyatakan bahwa ide arsitektur organik tidak hanya mengacu pada hubungan antara bangunan dan alam saja. Akan tetapi, desain bangunan harus dibuat dengan cermat seakan-akan bangunan tersebut menyerupai organisme alam.

Maka dari itu, bangunan organik akan menerapkan elemen-elemen yang mencerminkan sistem tatanan simbiosis alam. Misalkan, membuat kolam-kolam dengan air terjun serupa curug alami.

Dalam penerapannya, beberapa bangunan yang mengusung konsep ini berusaha menghindari bahan-bahan yang membutuhkan banyak energi untuk pembangunan serta perawatannya. Beberapa proses yang coba ditinggalkan oleh bahan ini antara lain adalah batuan-batuan pahat.

Prinsip dasar arsitektur organik menurut Frank Lloyd Wright

(Omrania)

Frank Lloyd Wright menyebutkan beberapa prinsip bangunan organik menurut pendapatnya. Prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut.

Shelter (penampungan)

Bangunan harus berfungsi untuk melindungi keselamatan dan privasi para penghunginya.

Space (ruang)

Interior sebuah bangunan secara alami harus mengalir dari satu area ke area lain tanpa pemisah yang kuat. Maka dari itu, penggunaan elemen-elemen tertentu (contoh: alcove) akan menciptakan rasa tersebut ketika seseorang bergerak antar ruang dalam bangunan.

Nature (alam)

Inspirasi harus diambil dari alam. Bukan dengan cara menirunya secara mentah-mentah, akan tetapi sebagai panduang untuk memilih bahan, tekstur, dan warna.

Peacefulness (kedamaian)

Desain dari bangunan organik harus menghindari kontras yang mencolok dengan lanskap. Bangunan semacam ini akan memberikan penghuni perasaan berada di alam bebas namun dalam area yang aman.

Language

Wright melihat pola dan bentuk desain dari sebuah bangunan sebagai unsur tata bahasa. Jadi, bangunan akan mencerminkan ide-ide yang coba diimplementasi baik oleh konseptor atau penghuninya.

Prinsip arsitektur organik menurut David Pearson

(Strosselagency)

Selain Frank Lloyd Wright, ahli arsitektur bernama David Pearson juga mencatat beberapa prinsip bangunan organik versinya. Prinsip-prinsip tersebut dikenal sebagai Gaia Charter untuk bangunan dan desain organik.

  • Bangunan dan desain terinspirasi oleh alam dengan prinsip berkelanjutan, sehat, melestarikan, dan beragam.
  • Konstruksi punya keselarasan atau menyerupai organisme.
  • Akan terus ada di masa kini dan masa mendatang.
  • Desain dan bangunan fleksibel serta mudah beradaptasi.
  • Memenuhi kebutuhan sosial, fisik, dan spiritual.
  • “Tumbuh dari area tertentu” yang kemudian menjadikannya unik.

Dua tipe konsep arsitektur organik

(WBCSD)

Ketika bicara manakah bangunan organik yang paling terkenal di dunia, maka salah Fallingwater bisa disebut sebagai salah satunya. Fallingwater merupakan sebuah bangunan karya dari Frank Lloyd Wright yang menempatkan harmoni antara bangunan dengan alam. Rumah ini didirikan di atas air terjun. Dan Wright masih memfungsikan air terjun tersebut seperti apa adanya namun berhasil membuat bangunan hunian di atasnya.

Pada dasarnya, bangunan organik mempunyai dua tipe, yakni:

  • Natural: Bangunan yang didirikan di area-area alam, seperti halnya Fallingwater buatan Frank Lloyd Wright.
  • Urban: Konstruksi yang didirikan di area-area urban namun menerapkan konsep bangunan organik. Sebagai contoh, bangunan buatan Larkin and Johnson Wax Building.

Bangunan organik bisa didirikan di lanskap secara alami layaknya tumbuhan. Hal itulah yang kemudian membuatnya unik karena mungkin tidak akan bisa ditemui di tempat lain.

Kelebihan penerapan bangunan organik

(Pinterest)

Pada bagian ini, akan dipaparkan kelebihan-kelebihan yang didapatkan dari penerapan atau memiliki bangunan organik.

Material dari alam

Agar dapat selaras dengan alam, maka material yang dipakai untuk pembangunan konstruksi ini adalah material-material dari alam. Biasanya rumah-rumah organik akan menggunakan bahan-bahan semacam batu alam dan kayu.

Dapat didirikan di atas situs

Yang menarik dari bangunan organik adalah dapat didirikan di atas sebuah situs. Misalkan, situs air terjun. Tidak hanya dapat membuat sebuah bangunan, akan tetapi konstruksi yang dibangun tidak akan mengganggu aktivitas alami yang ada. Bahkan keduanya akan saling melengkapi.

Banyak menggunakan kaca

Kaca merupakan salah satu material yang penting dalam bangunan organik. Hal ini dikarenakan bangunan organik berusaha untuk mempunyai ruangan yang seolah-olah terbuka, namun sebenarnya tertutup. Dan material kaca merupakan pilihan paling tepat untuk keperluan tersebut.

Dengan banyaknya kaca, maka ruangan di dalam bangunan ini akan mendapatkan banyak cahaya alam. Selain dapat menghemat energi, cahaya alami di waktu-waktu tertentu juga menyehatkan untuk penghuni.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.