Kamus Istilah Properti

Bondek

istilah properti

Bondek

Bondek adalah material bangunan sebagai alternatif pengganti papan atau triplek yang digunakan untuk membungkus coran serta menahan tekanan beton.

Apa Itu Bondek?

bondek
(Sabe Steel)

Dalam proses konstruksi bangunan, bondek adalah salah satu material yang terbilang penting. Bondek atau biasa dikenal sebagai floordeck adalah material bangunan sebagai alternatif pengganti papan atau triplek yang sering digunakan dalam pembuatan dak cor atau saat akan membuat bangunan bertingkat.  

Material satu ini termasuk dalam kelompok baja ringan yang sering digunakan sebagai pembuatan atap.  

Bondek terbuat dari galvalum berlapis galvanis atau aluminium yang berbentuk lembaran. Ketika digunakan, bondek bergelombang dan memiliki bahan yang kokoh. Tak hanya digunakan sebagai pengganti triplek, bondek juga berfungsi tulangan positif pada beton.

Banyak orang lebih memilih material ini dibandingkan triplek karena penggunaannya lebih efisien mengingat tidak akan ada material yang terbuang.

Ukuran bondek dihitung berdasarkan dimensi panjang, lebar dan ketebalannya. Masing-masing toko bangunan menjual material ini dalam ukuran panjang yang bervariasi, mulai dari 3, 4, 5, dan 6 meter. Begitupun ukuran lebarnya, ada juga yang memiliki lebar 60 cm, 70 cm, 80 cm dan 100cm. Adapun ukuran yang paling sering digunakan adalah dengan lebar 100 cm.

Jenis Bondek

jenis bondek
(Ready Mix)

Jenis bondek dibedakan berdasarkan penggunaan material dalam pembuatannya. Berikut ini penjelasannya:

Bondek Galvanis

Jenis yang pertama ini merupakan campuran seng dan aluminium. Keunggulan jenis galvanis adalah harganya yang murah hingga paling banyak digunakan. 

Selain itu, campuran seng pada galvanis juga memiliki peran melindungi lembaran besi atau baja dari polusi. Hal ini membuatnya jadi tidak mudah berkarat.

Bondek Galvalum

Material satu ini terbuat dari 55% aluminium dan 45% seng. Kandungan aluminium yang lebih tinggi ternyata membuat material juga lebih tahan karat. Jika Pins tinggal di wilayah yang sering terjadi hujan lebat, maka galvalum adalah jenis yang tepat.

Tetapi sayangnya bondek galvalum lebih mudah keropos terutama jika berhubungan dengan semen.  

Kelebihan Bondek

(Vulcraft Deck)

Walaupun bondek terdiri dari dua jenis yang berbeda serta ukurannya yang juga bervariasi, tetapi pada dasarnya material ini memiliki keunggulan yang sama. Yuk, simak beberapa kelebihannya sebagai berikut: 

  • Penggunaannya lebih praktis sehingga dapat membuat proses pengecoran menjadi lebih cepat.
  • Kualitas bangunan yang menggunakan bondek pada bangunan bertingkat cenderung lebih kokoh.
  • Membuat pengerjaan konstruksi bangunan lebih efisien karena menghilangkan tiang penyangga.
  • Strukturnya yang tidak perlu dilepas dapat menjadi unsur kekuatan coran.
  • Hasil pengecoran yang menggunakan material ini lebih rapi. 
  • Dibandingkan tripleks, beton yang menggunakan material bondek tidak mudah keropos akibat kebocoran.
  • Triplek akan dilepas dan menjadi limbah setelah digunakan, tetapi bondek tidak.

Kekurangan Bondek

(Structural Building)

Bondek juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan, berikut ini diantaranya:

  • Ongkos pembuatan plat besi ini lebih mahal dibandingkan dengan triplek.
  • Memerlukan las listrik ketika proses pemasangan perlu las listrik untuk menyambungkan antarbondek.
  • Sebaiknya dilakukan oleh orang berpengalaman karena membutuhkan ketelitian dalam hal pengukurannya.
  • Jika tidak tepat dalam proses finishing-nya, maka akan menyebabkan kebocoran yang sulit diidentifikasi letaknya

Cara Memasang Bondek yang Tepat

cara pasang bondek
(Indosarana Gemilang)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memasang bondek membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, baik dalam persiapan, proses pemasangan, maupun finishingnya. Tetapi sebagai gambaran, ini langkah-langkah memasang bondek:

  • Pasang balok penyangga. Pastikan semua balok penyangga harus dicor sehingga kuat ketika direkatkan dengan lantai rumah. 
  • Usai balok penyangga dicor, kamu bisa memasang beberapa kawat di tepi balok penyangga dengan jarak antarkawat penyangga sekitar 1,5 meter. Kawat besi ini memilki fungsi untuk mengikat wiremesh atau tulang besi penyangga lantai.  
  • Pasanglah bondek sebagai penyangga lantai di tingkat atas rumah. Jarak antara tepi bondek dengan tepi balok sekira 2,5 cm. Pastikan jangan sampai terbalik antara bagian atas dan bagian bawah bondek, ya, Pins! 
  • Pada bagian tengah dan tepi bondek, umumnya terdapat berlubang yang berfungsi sebagai penyangga kolom lantai atas rumah, pastikan setiap lubang ditutup menggunakan semen. 
  • Kunci bondek menggunakan paku. Pemakuan dilakukan pada bagian-bagian bondek yang memiliki lubang kecil sehingga dapat menambah kekuatan bondek saat dicor.
  • Jika ada semen yang tercecer, segera dirapikan.
  • Pasang besi wiremesh atau tulang besi di atas bondek sebagai penyangga lantai di tingkat atas rumah.
  • Kaitkanlah stek atau kawat besi yang sudah tertanam di balok penyangga dengan tulang besi. Pengaitan stek dengan tulang besi ini memiliki tujuan untuk memperkuat ikatan antara balok dengan lantai.
  • Pasanglah bekisting dengan menempelkan papan pada bagian tepi balok penyangga menggunakan paku. Jika ingin lebih kuat, kaitkan paku yang ditancapkan di bagian luar papan dengan besi wiremesh.
  • Setelah semuanya sudah selesai, baru Pins bisa memasuki langkah terakhir yaitu pengecoran. 

Pastikan Pins berhati-hati dalam proses pemasangan bondek karena kalau pemasangannya salah bisa mengakibatkan kebocoran yang sulit untuk diketahui posisi bocornya. 

Kisaran Harga Bondek Terbaru

harga bondek
(Brown Campnbell Company)

Lalu, berapa sih harga bondek yang dijual di pasaran? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini harga bondek terbaru pada Oktober 2021:

Harga Bondek Galvalum

  • Galvalum ukuran 0.75: Rp157.000
  • Galvalum ukuran  0.70: Rp145.000
  • Galvalum ukuran 0.65: Rp. 126.000

Harga Bondek Galvanis

  • Galvanis ukuran 0.75: Rp148.000
  • Galvanis ukuran  0.70 : Rp143.000 

Harga ini bisa berbeda dari pada tiap toko bangunan atau agen. Ukuran lebar juga menentukan harganya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.