Kamus Istilah Properti

Pipa PVC

istilah properti

Pipa PVC

Pipa PVC adalah jenis pipa yang terbuat dari bahan PolyVinyl Chloride, biasanya digunakan untuk mengalirkan air pada suatu bangunan.

Apa Itu Pipa PVC?

pipa pvc
(Pasti Group)

Pipa PVC adalah jenis pipa termoplastik yang terbuat dari bahan PolyVinyl Chloride. Pipa ini populer digunakan di seluruh dunia. Harganya yang murah serta pemasangannya yang mudah menjadikan pipa ini banyak diminati, termasuk di Indonesia.

Fungsi utamanya untuk mengalirkan air pada suatu bangunan. Keunggulan pipa PVC adalah  ringan dan kuat. 

Lalu, karena terbuat dari material plastik, maka pipa satu ini tidak mudah terkena korosi meskipun selalu terkena air.

Pins bisa menempatkannya di berbagai tempat, seperti saluran pembuangan di kamar mandi, dapur, hingga talang air di atap. 

Proses pemasangannya hanya memerlukan lem perekat sehingga membuat pipa PolyVinyl Chloride lebih unggul jika Pins bandingkan dengan pipa besi yang rumit karena mesti disolder.

Jadi, tak heran kalau pipa PVC merupakan salah satu material yang penting dari selama proses pembangunan karena berfungsi untuk mengalirkan air hingga digunakan pelindung untuk kabel.

Baca Juga:

Karakteristik Pipa PVC

(Alderon)

Di antara berbagai jenis pipa yang ada, jenis pipa PolyVinyl Chloride ini memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

Ukuran  

Pins bisa menemukan pipa PVC dalam panjang 4 meter. Sementara itu, diameternya bervariasi, mulai dari 5/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, hingga 6 inci.

Tipe 

Pipa PVC memiliki tiga tipe yang memiliki perbedaan dari sisi ketebalan dan kemampuannya menahan tekanan. Berikut ini tiga tipe pipa PolyVinyl Chloride yang dimaksud: 

  • Pipa tipe C, jenis pipa yang paling tipis. Seringkali digunakan sebagai pelindung kabel listrik. Sebaiknya, Pins tidak menggunakannya untuk saluran air.
  • Pipa tipe D, ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan sampai 5 kg/cm2. Pins bisa menggunakannya untuk saluran pembuangan dan limbah di rumah.
  • Pipa tipe AW, memiliki ketebalan yang tinggi dan mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm2. Pins bisa menggunakannya untuk saluran air minum, terutama bagian penghisapan saluran air menuju keran.

Bentuk  

Jika dilihat dari bentuknya, pipa satu ini mempunyai variasi bentuk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Yang pertama pipa polos dengan diameter ujungnya sama. 

Lalu ada juga pipa MOF yang memiliki ujung berdiameter lebih besar. Jika Pins ingin menyambungkan dua pipa MOF, tidak memerlukan increaser.

Selain itu, ada pipa fitting yang ditemukan dalam berbagai bentuk seperti bentuk T, L, dan increaser. Pins bisa memakainya untuk menyambung dua sampai empat pipa.

Terakhir, ada pipa talang yang memiliki bentuk penampang seperti huruf U. Biasanya, pipa berbentuk U ini akan dipasang di ujung jurai atap rumah pada bagian lisplang. Gunanya untuk mengalirkan air hujan.

Sifat

Sementara itu, dari sifatnya pipa satu ini memiliki kemampuan untuk meredam api. Alhasil, ketika  muncul percikan api atau kebakaran, api tidak akan mudah merembet ke bagian lainnya.

Biasanya, titik api akan berhenti pada pipa ini. Artinya, pipa ini dapat dikatakan terbilang aman sebagai sarana untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah.

Lalu, pipa PolyVinyl Chloride juga memiliki permukaan yang licin sehingga membuat kecepatan aliran air menjadi lebih stabil. Hal ini karena permukaannya tidak mudah tergerus benda kecil yang memiliki sisi tajam.

Sifat satu ini menjadikan pipa PVC lebih awet untuk jangka waktu panjang serta tidak perlu terlalu sering untuk dibersihkan.

Fungsi Pipa PVC

pipa pvc
(Builder)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pipa PVC memiliki fungsi utama sebagai saluran air. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi pipa PVC:

Mengalirkan Air Bersih

Pasokan air bersih sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan sanitasi di dalam hunian. Nah, untuk dapat merasakan manfaat air bersih ini, dibutuhkan pipa untuk mengalirkannya. 

Keunggulannya jika Pins menggunakan pipa PVC adalah tidak ada kandungan zat kimia maupun zat berbahaya lainnya sehingga air yang dialirkan tetap bersih. 

Jadi, air yang dialirkan melalui pipa satu ini aman untuk digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memasak, mencuci, dan mandi.

Saluran Air Buangan dan Limbah

Tak hanya mengalirkan air bersih saja, pipa PVC juga bisa digunakan untuk menjadi saluran air limbah dan buangan, seperti kotoran menuju septic tank. Selain itu, air hujan juga bisa dialirkan selama ada dorongan gravitasi.

Jenis pipa yang bisa Pins gunakan untuk memenuhi fungsi ini yaitu pipa PVC D/ VU. 

Pelindung Kabel

Terakhir, pipa PVC juga berguna untuk merapikan kabel listrik di dalam rumah. Pins bisa menyembunyikan kabel di bagian dalam atau di luar dinding menggunakan pipa satu ini. 

Dengan merapikannya, maka rumah akan terlihat lebih rapi tanpa adanya kabel yang berserakan. Hal ini tentu akan membuat rumah menjadi lebih aman.

Jenis Produk Pipa PVC di Indonesia

(Pipa Air)

Ketika hendak membeli pipa ini, Pins bisa memilih beberapa pilihan produknya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Yuk, simak informasi mengenai jenis produk pipa PVC yang ada saat ini:

Pipa PVC SNI

Jenis yang pertama menggunakan material PVC yang sudah disesuaikan menurut Standar Nasional Indonesia (SNI). Kriteria pipa PVC dengan standar SNI adalah sebagai berikut:

  • Panjang optimal 6 meter untuk setiap batangnya. 
  • Panjang 4 meter hanya tersedia dalam ukuran tertentu (1-1/2 inch hingga ½ inch).
  • Memiliki standard nilai diameter (mm) pipa sendiri dalam satuan inch. 
  • Disarankan untuk beragam proyek pengairan yang berkaitan dengan pemerintah.
  • Standard ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tekanan dalam ukuran S atau Schedule, ketebalannya yaitu S-8, S-10, S-12.5, S-16 dan S-20 untuk tekanan 5 hingga 16 bar.

Pipa PVC JIS

Selain itu, di pasaran juga terdapat pipa PVC dengan standar pembuatan Japanese Industrial Standard (JIS). Kriteria jenis produk ini yaitu:

  • Panjang 4 meter setiap batang.
  • Tebal pipa dan diameter pipa (mm) dalam satuan inch.
  • Tersedia dalam dua varian produk, yaitu tipe AW dan tipe kelas D.  

Pipa PVC Limbah

Terakhir, jenis pipa yang didesain dan diproduksi secara khusus untuk saluran limbah, baik itu untuk limbah industri, komersial, maupun limbah rumah tangga. 

Kriterianya pipa PVC limbah adala berwarna cokelat secara keseluruhan. Pada standar perpipaan, warna coklat merupakan standar saluran buangan.

Pins bisa menemukan produk ini dari berbagai beragam brand ternama, salah satunya Rucika.

Itulah informasi mengenai pipa PVC. Harga pipa PVC bervariasi, mulai dari Rp20 ribuan untuk tipe AW. Biasanya, harga pipa PVC relatif stabil Pins dari tahun ke tahun. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.