Kamus Istilah Properti

Arsitektur Mediterania

istilah properti

Arsitektur Mediterania

Arsitektur Mediterania adalah bangunan vernakular kawasan Laut Mediterania yang kini cukup banyak menginspirasi konstruksi modern.

Apa itu arsitektur Mediterania

(Marylyonarts)

Arsitektur Mediterania awalnya merupakan bangunan vernakular yang ada di kawasan Laut Mediterania. Spanyol, Italia, bagian pesisir selatan Perancis adalah sebagian area persebaran asli dari konstruksi ini. Bangunan-bangunan tersebut kemudian menginspirasi beberapa konstruksi-konstruksi modern, seperti villa, resort, hotel, bangunan umum, sampai hunian.

Gaya arsitektur ini dipengaruhi oleh banyak budaya mengingat area Mediterania merupakan kawasan yang mempertemukan banyak komunitas. Yunani, Romawi, dan Muslim Arab punya peranan penting dalam terbentuknya budaya, termasuk gaya bangunan di kawasan tersebut.

Jenis-jenis arsitektur Mediterania

Pada bagian ini, akan dipaparkan beberapa jenis arsitektur Mediterania yang ada di dunia. Dari gaya Mediterania tradisional diwakilkan oleh bangunan Mediterania Italia dan Spanyol. Sedangkan gaya Mediterania modern akan merangkum adaptasi penerapan konstruksi tradisional Mediterania di era selanjutnya.

Italia

(Houzz)

Bangunan Mediterania Italia punya ciri khas yakni pengaplikasian hiasan atau sudut bangunan berbentuk melengkung dan penggunaan pilar. Jika ditelusuri, bagian-bagian tersebut diadaptasi dari bangunan Renaissance Italia yang banyak dibangun pada abad 16. Jenis bangunan ini sering disebut gaya Mediterania tradisional yang memiliki banyak ornamen.

Spanyol

bangunan
(The Spruce)

Konstruksi Mediterania di Spanyol banyak mencomot ide-ide bangunan yang dibuat oleh orang-orang Spanyol di Benua Amerika pada abad 16. Konstruksi bangunan jenis ini biasanya hanya satu lantai. Bangunannya punya ciri khas tidak banyak menggunakan ornamen dan genteng tanah liat jaraknya cukup rendah dengan permukaan lantai.

Modern

(American Institute of Architects)

Gaya Mediterania modern banyak diterapkan untuk bangunan-bangunan mewah. Pins akan menemukan banyak konstruksi Mediterania modern yang mencampurkan gaya-gaya arsitektur dari budaya lain. Karakter dari bangunan jenis ini yakni adanya ruang tamu indoor dan outdoor dan dapur yang cukup luas.

Sekitar tahun 1920, orang Amerika banyak mengembangkan bangunan Mediterania modern untuk resort di kawasan Florida dan California. Hal ini disebabkan oleh pendapat mereka mengenai kecocokan cuaca dan suasana kawasan tersebut dengan gaya bangunan Mediterania. Berkat perkembangan zaman dan mudahnya akses, gaya Mediterania modern kemudian cukup banyak diaplikasikan pada hunian-hunian masyarakat kelas menengah.

Karakter khas bangunan Mediterania

Konstruksi Mediterania modern memang sudah banyak bercampur dengan elemen-elemen arsitektur dari budaya lain. Akan tetapi, ada beberapa aspek dari bangunan Mediterania tradisional yang masih dipertahankan sebagai bagian maupun struktur bangunan. Dipertahankannya bagian dan struktur tersebut biasanya menjadi patokan apakah bangunan tersebut bergaya Mediterania atau tidak.

Fasad yang simetris dan lebar

(iDesignArch)

Semua bangunan bergaya Mediterania punya fasad atau tampilan muka eksterior yang simetris dan melebar. Biasanya bagian pintu diletakkan di tengah-tengah fasad dan diapit oleh jendela berdimensi besar. Lewat struktur tersebut, konstruksi Mediterania dapat dengan mudah memasukkan atmosfer dan suasana rindangnya pekarangan ke bagian dalam rumah.

Genting tanah liat merah

(HGTV)

Rumah-rumah Mediterania biasanya menggunakan genting tanah liat merah sebagai atap. Secara spesifik, genting yang umum digunakan berbentuk setengah silinder. Bentuk tersebut punya fungsi penting yakni memudahkan aliran air hujan serta sirkulasi udara ke dalam rumah.

Dinding plester

Bukan hanya untuk bagian eksterior, dinding plester juga digunakan untuk bagian interior bangunan Mediterania. Biasanya bagian ini punya lapisan yang cukup tebal. Ketika cuaca panas, dinding plester mampu menjaga suhu interior tetap sejak. Sedangkan ketika malam tiba, panas yang terserap oleh dinding dapat menghangatkan ruangan.

Dekorasi berbentuk melengkung

(Mymove)

Bagian ini dibuat untuk mempercantik bangunan. Biasanya ditempatkan di sekitar jendela atau pintu. Ada juga yang mengaplikasikannya dalam bentuk ubin maupun kaca.

Besi tempa untuk balkon, jendela dan dekorasi

(Architectural Digest)

Material besi tempa biasanya diaplikasikan pada bagian balkon, jendela, taman maupun teras. Keberadaan elemen ini bisa membuat bangunan Mediterania lebih cantik dan ramai pada bagian eksterior.

Ruang tamu outdoor

(Classical Addiction)

Bangunan-bangunan bergaya Mediterania terbilang efektif soal pemanfaatan lahan outdoor. Hunian-hunian yang mengusung gaya arsitektur ini biasanya punya ruang tamu dua buah, satu di dalam rumah dan satu di luar. Selain memang ingin memfungsikan secara maksimal, hal ini cukup berkaitan dengan budaya Mediterania yang sangat suka dengan hangatnya sinar matahari.

Perkembangannya di Indonesia

(Pinhome)

Di Indonesia, konsep bangunan Mediterania mulai banyak berkembang pada tahun 1990. Jika dilihat dari cuaca dan iklim yang ada, konsep tersebut memang sesuai dengan keadaan alam yang ada di tanah air.

Sampai saat ini, tidak sedikit developer yang membangun proyek cluster hunian menggunakan konsep Mediterania modern. Umumnya karakter Mediterania yang dipertahankan adalah fasad yang lebar dan simetris, keberadaan pilar, ornamen-ornamen lengkung, dinding plester, genting tanah liat, serta pemakaian besi untuk bagian balkon.

Mungkin kamu akan menemukan banyak penyesuaian yang diterapkan untuk pembangunan konstruksi bergaya Mediterania di Indonesia. Salah satunya adalah peniadaan ruang tamu di area outdoor.

Penerapan gaya konstruksi Mediterania modern di Indonesia juga kerap dipadukan dengan elemen atau gaya arsitektur lokal. Misalkan mengganti area ruang tamu outdoor khas Mediterania dengan saung. Atau mengganti pintu ala Mediterania dengan gebyok khas Bali yang penuh dengan ukiran cantik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.