Kamus Istilah Properti

Hardscape

istilah properti

Hardscape

Hardscape adalah bagian dari desain landscape yang menggunakan bahan tahan lama dan mencakup hampir semua jenis struktur dekoratif yang bukan makhluk hidup.

Apa Itu Hardscape?

hardscape
(Landscape Solution)

Hardscape adalah bagian penting dari desain lansekap karena menjadi sub kategori utama selain softscape. Ciri utamanya yaitu benda mati dengan karakter yang solid dan tidak berubah. 

Teknik hardscape atau disebut dengan hardscaping mencakup hampir semua jenis struktur dekoratif dalam lanskap, mulai dari jalan masuk, pagar dan bangku-bangku taman. Istilah hardscape mengacu pada semua elemen dengan bahan-bahan keras dan tahan lama, serta bukan makhluk hidup dalam lansekap. 

Hardscapes bisa alami, seperti batu, tetapi bisa juga berupa struktur buatan manusia. Misalnya jendela, pintu, dan area luar ruangan membutuhkan teras dan jalan masuk supaya tetap dapat diakses. 

Demikian pula, kolam renang luar ruangan tidak dapat berfungsi tanpa dek yang tepat di dekatnya. Nah, teras, jalan masuk, dan dek merupakan bagian dari hardscape

Pada dasarnya, teknik ini mampu melindungi integritas struktural suatu area dengan mempertimbangkan estetika. Seringkali, instalasi hardscape dapat disesuaikan dan mempertahankan area yang dihias.  

Sederhananya, hardscaping adalah teknik yang menggunakan bahan tahan lama untuk mempertahankan tanah atau air di sekitarnya sehingga desain lansekap yang diinginkan dengan tetap mempertahankan estetika. 

Penggunaan hardscapes atau elemen keras sebagai bagian dari desain lansekap, memungkinkan desain yang lebih estetis yang memanfaatkan ruang secara maksimal dan membuat rumah terasa lebih menyenangkan.  

Perbedaan Hardscape dan Softscape

 hardscapes
(Artistic Landscapes)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hardscape dan softscape merupakan dua sub kategori penting dalam desain landscape. Definisi softscape merupakan kebalikan dari hardscaping karena mengacu pada semua elemen hidup dan organik di taman atau di halaman, seperti pohon, bunga, dan rumput.

Elemen hardscape juga dapat menentukan penggunaan ruang, seperti dengan jalan masuk, atau dapat mengarahkan penghuni rumah melalui zona softscaping yang berbeda, seperti jalur kerikil yang berkelok-kelok melalui area berumput dan ke taman terpencil.  

Softscape merujuk pada elemen lunak dengan sifat fisik yang tidak solid dan cenderung berubah-ubah. Elemen softscape merujuk pada kategori makhluk (biotik), yang secara spesifik adalah tanaman. Beberapa contoh softscape adalah semak-semak, tanaman, rumput, dan pohon.  

Elemen-elemen Hardscape

(Absolutely Outdoors)

Dilihat dari pengertian, apapun bagian landscape yang bukan makhluk hidup (abiotik) merupakan elemen hardscape. Tetapi untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa elemen yang menjadi karakteristik dari hardscaping

  • Bagian lanskap yang “keras” tetapi dapat digerakkan, seperti kerikil, paving , dan batu.
  • Dinding penahan, pavers untuk jalan setapak atau teras, dapur luar ruangan ,
  • Fitur air 
  • Gazebo 
  • Dek
  • Jalan masuk.
  • Trotoar yang dapat mencegah air meresap ke dalam tanah  

Jenis Pekerjaan Hardscape pada Desain Landscape

Untuk lebih memahami hardscaping, Pins bisa mengetahui beberapa jenis pekerjaan yang termasuk dalam kategori pekerjaan desain landscape. Yuk, simak penjelasannya berikut ini: 

Akses Jalan Masuk 

(House Plans)

Jalan masuk sebelum memasuki rumah merupakan jenis pekerjaan landscape yang tergolong pekerasan. Walaupun tergolong fitur fungsional, akses masuk ini bisa dilakukan dengan pekerjaan hardscaping sehingga menjadi bagian yang sangat indah dari desain lansekap.

Patio 

patio hardscape
(Willow Gates Landscaping)

Patio adalah teras atau taman yang terletak di samping, di belakang, atau bahkan di dalam rumah. Pekerjaan patio termasuk dalam hardscaping. Kebanyakan pemilik rumah ingin menikmati privasi dengan teras mereka dan umumnya menempatkan mereka di belakang rumah. 

Namun, beberapa keluarga memilih untuk memasang teras di depan rumah mereka sebagai tempat berkumpul yang nyaman bagi seluruh keluarga maupun tamu dan tetangga yang berkunjung. Pekerjaan ini membutuhkan desain lansekap pekerasan. 

Retaining Wall

(Bob Vila)

Retaining wall atau disebut sebagai dinding penahan tanah menjadi bagian pekerjaan hardscape untuk menjaga tanah tetap pada tempatnya. Dinding penahan umumnya lebih kuat dan dibangun dengan bahan konstruksi yang berbeda untuk mempertahankan bentuk taman di rumah. 

Meskipun dinding bisa menjadi dekoratif, tujuannya adalah untuk menahan kotoran di tempat yang Pins inginkan. Pins bisa menambahkan elemen dekoratif seperti mural, batu kapur polos, hingga dinding ubin yang rumit.

Fitur Air  

(Designing Idea)

Apapun fitur air yang dihadirkan di taman rumah termasuk sebagai hardscaping. Struktur ini mengambil berbagai bentuk, baik dengan dan tanpa air mancur. Berikut ini beberapa contoh fitur air yang termasuk dalam pekerjaan hardscape

  • Kolam
  • Air mancur batu
  • Air mancur keramik 
  • Air mancur pot tanah liat

Fitur Api  

(Paved 2 Perfection)

Selain fitur air, pekerjaan berikutnya yang termasuk dalam hardscaping adalah menghadirkan fitur api. Fitur api adalah salah satu tren paling umum dalam kehidupan di luar ruangan saat ini. Pins bisa membawa kehangatan melalui berbagai cara, seperti api unggun buatan, cerobong asap, dan sebagainya. 

Keberadaan fitur ini dapat membantu menciptakan suasana yang lebih hidup di luar ruangan, memberi energi, santai, dan romantis. Sebagai referensi, Pins bisa memilih tungku api kayu tradisional bebas asap seperti pelet, gas, atau gel.

Demikian informasi mengenai hardscape. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.