Pinhome

Tips Properti

Tips Desain Kamar Mandi yang Aman untuk Usia Lanjut

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kamar mandi identik dengan area basah dan licin. Bila tidak cermat dalam mendesainnya, kemungkinan besar penggunanya bisa terpeleset ketika menggunakannya. Apalagi ketika mereka sudah berusia lanjut. Resiko itu bisa terjadi kapan saja.

Mendesain sebuah kamar mandi bagi keluarga tidak sekedar mengedepankan aspek kenyamanan. Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menjamin keamanan bagi para penggunanya, khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Bila salah satu keluarga Anda sudah berusia lanjut, pastikan kamar mandi Anda benar-benar tidak berbahaya bagi mereka. Anda bisa mempertimbangkan beberapa tips desain kamar mandi berikut ini:

kamar mandi batu alam

Pertama, pastikan lantai kamar mandi tidak licin. Anda bisa menggunakan lantai dengan keramik yang bertekstur kasar. Bisa pula dengan menggunakan batu alam. Material tersebut tidak akan menjadi licin meskipun sering tersiram air. Anda juga bisa meletakkan matras karet pada seluruh permukaan lantai kamar mandi. Jika Anda menggunakan matras karet, pastikan selalu posisinya tidak pernah bergeser.

Kedua, memasang pegangan. Pasanglah pegangan pada area dinding kamar mandi, khususnya di dekat closet sehingga memudahkan mereka ketika duduk maupun hendak berdiri.

Ketiga, instalasi listrik. Pastikan instalasi listrik terpasang dengan benar. Dan pastikan instalasi listrik tidak ada yang berdekatan dengan sumber air.

Keempat, pemanas air. Pastikan pemanas air berfungsi sebagaimana mestinya. Perhatikan pula suhu air panas yang dihasilkan, yakni tidak boleh melebihi suhu 55-60 C. Suhu air yang terlalu panas bisa memanaskan seluruh permukaan lantai kamar mandi. Dan hal ini jelas sangat berbahaya.

Kelima, pencahayaan. Pastikan lampu yang digunakan di dalam kamar mandi mampu menerangi seisi ruangan. Letakkan saklar untuk menyalakan lampu pada tempat yang dapat dijangkau dengan mudah.

Keenam, ketinggian lantai. Pastikan seluruh permukaan lantai rata. Hindari membuat permukaan lantai dengan ketinggian berbeda ketika ingin memisahkan area basah dan area kering di dalam kamar mandi. Permukaan lantai kamar mandi yang rata akan memudahkan mereka saat berjalan. Selain itu, pengguna kursi roda pun tidak akan mengalami kesulitan.

Tags :

Bagikan Artikel