BlogPemilik PropertiDesain HunianSimak! Ukuran Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding yang Ideal
0
0

Simak! Ukuran Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding yang Ideal

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Des 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kloset duduk mungkin bisa dikatakan sebagai tempat pembuangan favorit karena segi kenyamanannya unggul dibandingkan kloset jongkok. Namun ada yang harus diperhatikan ketika memasangnya, yaitu mengetahui ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding.

Dari segi arsitektur, jarak ini menentukan postur ideal ketika menggunakan kloset duduk, bahkan sampai kemampuan menggapai aksesoris atau peralatan pendukung di sekelilingnya. Untuk itu, Kamu harus paham dulu standar ukuran kloset duduk, jarak sisi depan, kanan dan kiri kloset, sampai ukuran ruangan yang tersedia.

Sebelum itu, jika kebetulan Kamu perlu informasi properti seperti rumah bekas di Mojokerto, terutama di sekitar Transmart Mojokerto atau rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City gunakan saja aplikasi Pinhome. Fitur yang dimilikinya tidak hanya pencarian properti melainkan juga kalkulator bahkan Simulasi KPR juga tersedia.

Ukuran Standar Kloset Duduk

Source : Pexels

Kloset duduk hadir dalam model yang berbeda-beda, tapi umumnya memiliki ukuran standar yang sama karena mengikuti postur dan ukuran tubuh masyarakat Indonesia. Kloset duduk hampir semuanya pasti memiliki dua penutup dan ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding secara garis besar pun sama.

Penutup pertama adalah dudukan untuk aktivitas membuang air besar, sementara penutup kedua yang paling atas berfungsi untuk menutup kloset tertutup sepenuhnya. Disarankan jika para pria membuang air kecil, angkatlah kedua penutupnya agar cipratan air seni tidak mengenai dudukan untuk buang air besar yang memungkinkan bersarangnya kuman dan bakteri karena kotor.

Untuk ukuran kloset duduknya sendiri, yang umumnya dijual di pasaran memiliki tinggi dari lantai sampai dudukan sekitar 40 cm. Sementara lebar totalnya berkisar antara 70-75 cm. Ukuran oval atau bulat memanjang sebagai tempat dudukannya biasanya berukuran panjang 33 cm sementara lebarnya 20 cm.

Baca juga: 10 Aspek Penting Sebelum Renovasi Kamar Mandi

Posisi Kloset Duduk dalam Kamar Mandi

Source : Pexels

Kloset duduk sudah pasti selalu menempel dinding pada bagian punggung atau tangki airnya. Tempelan ini juga sifatnya permanen untuk mencegah kebocoran pada kloset duduk atau saluran pembuangan itu sendiri.

Untuk letak kloset duduknya, sebaiknya tidak diletakkan dekat dengan jendela. Apalagi jika jendela kamar mandinya tergolong rendah, agar tidak bisa dilihat oleh orang luar. Posisi kloset juga biasanya lebih dekat dengan pintu daripada area mandi seperti bak, shower atau bathtub untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Baca juga: 10 Desain Kamar Mandi Bawah Tangga 

Jarak Sekeliling Kloset Duduk

ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding
Source : Freepik/vanitjan

Meski menempel, ada beberapa tipe kloset yang tidak bisa sepenuhnya menyentuh dinding. Jika memang harus ada sela antara punggung kloset duduk dengan dinding, sangat disarankan untuk jaraknya tidak melebihi 5 cm. Karena ternyata sela ini juga berfungsi untuk pembersihan badan atau punggung kloset duduk itu sendiri.

Untuk jalur menuju pintu, jarak antara ujung dudukan kloset duduk dengan dinding atau pintu masuk di depannya minimal 60 cm. Jika pintu berada tepat di depan kloset duduk dan mengarah bukaan ke dalam kamar mandi, jaraknya minimal 80 cm.

Tidak hanya bagian depan belakang, tapi bagian samping atau kanan dan kiri kloset duduk juga harus memiliki standar dengan pertimbangan kebiasaan aktivitas orang di dalam kamar mandi. Seperti berputar atau berjalan agar tidak terbentur tembok atau kloset itu sendiri.

Perlu diketahui pula jika lebar minimal kamar mandi atau toilet dengan kloset duduk adalah 80 cm. Hal ini termasuk lebar bersih, artinya lebar ini adalah jarak antara lebar bagian dalam, bukan bagian garis as kamar mandi atau toilet. Jadi, jarak antara as toilet ke tembok kisaran 40 cm, sementara bagian samping toilet dengan dinding ada di kisaran 20 cm.

Baca juga: 10 Ide Keramik Hexagonal untuk Kamar Mandi

Dimensi Pintu Toilet dengan Kloset Duduk

Source : Pexels

Selain ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding, ternyata dimensi pintu toilet juga mempengaruhi kenyamanan. Pintu toilet yang ideal untuk rata-rata tinggi orang Indonesia adalah 180 cm untuk akses keluar dan masuk orang dewasa. Sementara bukaan bersihnya sebaiknya memiliki jarak 65 cm. Karena itu pintu toilet yang digunakan sebaiknya model ayun, bukan pintu geser. Hal ini karena pintu geser biasanya tidak terlalu rapat sehingga rawan tembus air.

Bahan yang digunakan untuk pintu toilet agar tahan air dan tahan lama walau sering terkena air dan basah adalah bahan PVC atau aluminium, Tapi jika memilih pintu berbahan kayu, sebaiknya dilapisi cat atau pelapis anti air karena kayu juga rawan rusak jika sering terkena air.

Baca juga: 15 Jenis Tanaman yang Bagus di Kamar Mandi

Posisi Lubang Drainase

Source : Pexels

Pipa ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding perlu diperhatikan agar sanitasi berjalan lancar. Lubang drainase atau floor drain juga merupakan elemen penting meski di dalam toilet hanya ada kloset duduk, atau bukan area untuk mandi.

Lubang drainase berfungsi untuk mengeluarkan air yang bisa saja mengalir atau tumpah dan bercipratan di sekeliling kloset duduk. Disarankan jarak lubang drainase dan kloset duduk berada di pojok ruangan sebelah kloset duduk dan memiliki kemiringan 4% agar air mengalir sempurna ke lubang dan tidak ada air tergenang di dalam toilet. 

Baca juga: 12 Posisi Dapur dan Kamar Mandi Terbaik menurut Feng Shui

Kelengkapan Kloset Lainnya

ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding
Source : Freepik/Pvproduction

Penting juga untuk mengetahui perlengkapan toilet apa saja yang perlu kamu beli ketika merenovasi kloset duduk. Berikut daftarnya.

1. Jet Shower

Pembersih yang digunakan setelah beraktivitas di kloset duduk biasanya adalah jet shower. Ada pilihan lain yaitu eco washer namun biasanya digunakan di kloset mewah. Posisi jet washer sendiri biasanya ada di sebelah kanan kloset duduk dari sudut pandang pengguna kloset ketika duduk. Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia pengguna tangan kanan.

Jangan jauh-jauh, posisi jet washer itu sendiri harus berjarak antara 5-10 cm dari kloset duduk. Jet washer yang dilengkapi pipa keran baiknya menaruh pipa keran tersebut 50 cm dari lantai. Sementara tuas penggantung jet washernya berada 75 cm dari lantai.

2. Gantungan Tisu

Gantungan tisu juga biasanya menjadi perlengkapan wajib untuk melengkapi kloset duduk. Biasanya berada di arah berlawanan dengan jet washer, yaitu di sebelah kiri pengguna kloset duduk ketika duduk. Jarak tempat tisu biasanya 10 cm dari kloset duduk. Letaknya berada di ketinggian yang sama dengan penggantung jet washer yaitu 75 cm dari lantai.

Demikian ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding yang ideal dengan berbagai elemen kelengkapannya agar peletakkan kloset duduk di toiletmu makin ideal dan nyaman ketika beraktivitas di dalamnya.

Baca juga:

Featured Image Source: Freepik/Lifeforstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download