Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Menghemat Energi Listrik?

Finansial

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Menghemat Energi Listrik?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Listrik kini telah menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat terhindarkan. Banyak sekali kegiatan sehari-hari kita yang membutuhkan listrik. Saat bekerja kita membutuhkan lampu, mengisi daya baterai laptop, atau bahkan memasak nasi menggunakan rice cooker pun membutuhkan listrik. Namun, listrik juga menjadi permasalahan di banyak rumah. Terkadang ketika tagihan listrik meningkat, Anda dan keluarga akan berpikir apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk hemat listrik namun memerlukan komitmen dan disiplin, Pins.

Pinhome – Terkadang tagihannya meningkat tajam akibat penggunaan listrik yang tidak terkontrol. Mungkin masih banyak dari Pins yang masih menggunakan listrik dengan percuma tanpa memikirkan tagihan biayanya. Padahal sudah seharusnya lho kita berhemat energi. Nah bagi Pins yang sering mengalami hal serupa, mari simak ulasan tentang apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik di rumah lewat ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Menggunakan Listrik Prabayar

(Ekonomi Bisnis)

Hal pertama yang dapat Anda lakukan jika kebingungan apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik adalah menggunakan listrik prabayar. Mengapa? Karena dengan listrik prabayar Pins lebih mudah dalam memperkirakan seberapa banyak pengeluaran Pins untuk listrik. Hal ini karena metode pembayaran listrik yang dilakukan di awal sebelum Anda bisa menikmati listrik. Misalnya, Pins membeli token listrik sebanyak Rp300.000 untuk satu bulan. Nah dengan membelinya di awal, pengeluaran Pins jadi lebih terukur dan mudah melakukan penghematan saat penggunaan listrik mulai tidak terkontrol.

Baca Juga: Daftar Harga AC 1/2 PK Hemat Listrik Untuk Kamar Anda!

Matikan Lampu dan Steker Colok yang Tidak Digunakan

(Okezone Lifestyle)

Salah satu yang sering terlupakan padahal penting adalah mematikan lampu dan steker colok yang tidak digunakan. Biasanya ketika selesai menggunakan suatu ruangan yang memerlukan lampu, Anda lupa matikan kembali lampu ruangan tersebut. Selain itu, penting juga untuk mematikan lampu di malam hari. Karena saat tidur Anda tidak membutuhkan lampu di seluruh area rumah. Tentu cara ini dapat membantu menurunkan tagihan biaya listrik Anda. Hal ini juga berlaku pada steker colok seperti charger ponsel dan laptop. 

Baca Juga: Ini Dia Informasi Tentang Bagaimana Susunan Rangkaian Listrik Seri!

Setelah daya baterai ponsel dan laptop penuh, Anda hanya mencabut konektor yang tersambung ke laptop atau ponsel, namun tidak mencabut steker colok. Padahal steker yang tercolok ke stop kontak tetap memakan listrik Anda lho! Jadi, meski steker tidak sedang digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel atau laptop tetap dapat membuat tagihan listrik Anda meningkat.

Gunakan Pencahayaan Alami

(IDN Times)

Bagi Pins yang masih kebingungan apa yang harus kita lakukan untuk  menghemat energi listrik, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan pencahayaan alami. Jadi, usahakan membuka jendela pada siang hari agar sinar matahari masuk ke dalam rumah. Selain sebagai pencahayaan, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah juga dapat membuat rumah lebih sehat.

Gunakan Alat Elektronik Seperlunya

apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik
(Best present guide)

Selain menggunakan pencahayaan alami, solusi lain yang dapat membantu Anda dalam menghemat listrik adalah dengan menggunakan alat elektronik seperlunya. Terkadang kita lupa waktu ketika menggunakan alat elektronik seperti televisi, komputer, AC, mesin cuci dan masih banyak lagi. 

Padahal, alat-alat elektronik mengkonsumsi energi listrik yang cukup besar lho! Jadi pastikan mulai dari sekarang untuk membatasi durasi penggunaan alat elektronik ya! Jangan sampai tagihan listrik Pins meningkat akibat penggunaan alat elektronik yang tidak terkontrol.

Gunakan Alat Elektronik Hemat Listrik

apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik
(Production Nation)

Rekomendasi cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan menggunakan alat-alat elektronik yang hemat listrik. Misalnya adalah dengan membandingkan salah satu merk alat elektronik satu dengan yang lain untuk melihat daya konsumsi listrik yang lebih besar. Usahakan pilih alat elektronik dengan kebutuhan daya yang lebih kecil agar Pins dapat menghemat energi listrik dan tagihan biaya listrik pun ikut menurun.

Memasang Timer pada AC

apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik
(CV Astro)

Solusi selanjutnya yang dapat Pins coba adalah memasang timer pada AC. Mungkin banyak dari Pins yang sering menggunakan ac tanpa mengingat waktu sudah berapa lama AC Anda menyala. Padahal AC juga membutuhkan daya listrik yang cukup besar lho! Bahkan kebanyakan orang mengalami pembengkakan tagihan listrik akibat penggunaan AC yang non stop. Jadi usahakan untuk memasang timer pada AC agar listrik jadi lebih hemat. Anda dapat memasang timer pada saat mau tidur atau bahkan memberlakukan jam nyala AC.

Energi Alternatif

apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik
(Environment Indonesia Centre)

Solusi terakhir yang dapat Anda coba untuk menghemat listrik adalah dengan menggunakan energi alternatif. Bagaimana? Salah satu contohnya adalah panel surya. Panel surya hanya memerlukan cahaya matahari untuk menghasilkan energi yang dapat membantu Anda menjalankan beberapa alat elektronik di rumah. Kapasitas panel surya pun juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda tidak perlu pusing akan kelebihan atau kekurangan listrik. Selain itu dengan menggunakan energi alternatif, Pins juga jadi ikut berperan dalam penghentian global warming

Itulah informasi tentang apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Semoga dengan tips-tips di atas membantu Anda dalam menghemat listrik di rumah.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel