BlogPemilik Properti7 Tips Memilih Water Heater dengan Tepat
0
0

7 Tips Memilih Water Heater dengan Tepat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 16, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips memilih water heatertop-right-banner

Water heater memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Segala sesuatu mulai dari tugas sederhana hingga mandi air panas setelah hari yang melelahkan bergantung padanya. Itulah mengapa sangat penting untuk tahu tips memilih water heater yang tepat sesuai kebutuhan.

Sebuah pemanas air tentu bertugas untuk menghangatkan air. Dengan adanya alat ini, kamu bisa mandi air panas kapan saja kamu mau. Tak hanya mandi, adanya water heater juga memudahkan kebutuhan air panas untuk keperluan lain, mulai dari memasak hingga mencuci pakaian.

Memilih water heater yang tepat perlu kamu lakukan sebelum pindah ke rumah eksklusif seperti Golden Flower atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang baru beli rumah bekas di Jakarta Timur juga bisa mencarinya di Pinhome. 

Baca juga: 8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang

Tips Memilih Water Heater

tips memilih water heater
Source : iStock

Alat berbentuk silinder ini terlihat biasa saja, namun bagian dalamnya rumit bagi seseorang yang kurang berpengalaman. Setiap pemanas air dilengkapi elemen pemanas, yang ditenagai oleh bahan bakar atau listrik. Tergantung pada modelnya, jenis bahan bakarnya bisa berbeda-beda. 

Selain itu, water heater juga memiliki beberapa jenis yang sangat berbeda satu sama lain. Untuk itu, kamu perlu mengetahui tips berikut agar bisa memilih pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan. 

1. Kenali Ukuran dan Kapasitas

Saat mengukur pemanas air, kamu harus mempertimbangkan jenis dan teknologi yang digunakan. Untuk memilih ukuran yang tepat untuk pemanas air sesuai kebutuhan, ketahui dulu jumlah peralatan dan keran yang dapat menggunakan air panas secara bersamaan. 

Bukan rahasia lagi bahwa semakin besar jumlah anggota keluarga, semakin tinggi pula konsumsi air panasnya. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki pemanas air yang mampu menyimpan air dalam jumlah cukup untuk rumah tangga. 

Berikut beberapa rekomendasi dalam hal kapasitas pemanas air:

  • Satu kamar tidur – antara 120 dan 150 liter;
  • Dua kamar tidur – antara 150 dan 180 liter;
  • Tiga kamar tidur – antara 180 dan 210 liter;
  • Empat kamar tidur – antara 210 dan 300 liter;
  • Lima kamar tidur atau lebih – 300 liter atau lebih.

2. Ketahui Bahan Bakar

Keragaman pemanas air di pasaran tidak hanya diwakili oleh ukurannya tetapi juga oleh jenis bahan bakar yang digunakan. Tergantung pada modelnya, pemanas air dapat beroperasi dengan bahan bakar gas, minyak, bahan bakar gas cair, atau listrik.

Pemanas air gas biasanya lebih murah daripada pemanas air listrik, tetapi kamu perlu memesan pemeriksaan sertifikat aman gas sesekali. Adapun jenis water heater dengan bahan bakar listrik tampaknya paling mudah digunakan dan praktis. 

Baca juga: Inspirasi Desain Beserta Tips Desain Dapur Minimalis Paling Indah dan Mewah

3. Penggunaan Daya Listrik

tips memilih water heater
Source : iStock

Jika terjadi pemadaman listrik, unit listrik langsung mati. Kecuali jika memiliki tempat penyimpanan air panas, kamu tidak akan memiliki akses ke air panas sampai listrik pulih kembali. Solusi alternatifnya adalah menyambungkan pemanas air ke daya cadangan.

Namun jika lokasi rumah kamu termasuk area yang kekurangan pasokan listrik dan sering terjadi pemadaman, water heater dengan bahan bakar gas bisa menjadi pilihan. Pemanas air gas tidak bergantung pada listrik. Kumparan atau nyala api ini ditenagai oleh gas, yang memungkinkannya bekerja saat listrik padam.

4. Harga dan Biaya Pasang

Pemasangan water heater merupakan investasi besar dan biasanya mencakup banyak variabel. Harga unit water heater tergantung dari merk, tipe dan ukurannya. Kamu perlu mempertimbangkan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah harga bahan bakar untuk menjalankan pemanas air. Jika membandingkan jenis bahan bakar yang tersedia, kamu mungkin menemukan bahwa dalam jangka panjang, beberapa jenis bahan bakar lebih ekonomis dibandingkan jenis lainnya. 

5. Pilih Pakai Tangki atau Tanpa Tangki?

Ini adalah pertanyaan umum dari banyak orang ketika ingin membeli water heater baru. Jawabannya tergantung pada anggaran dan gaya hidup keluarga.

Pemanas air dengan tangki adalah model tradisional yang mungkin sudah banyak digunakan. Sesuai dengan namanya, air panas disimpan dalam tangki yang selalu dijaga hangatnya agar selalu siap digunakan. Jenis ini biasanya memiliki biaya awal yang lebih rendah, namun dapat mengakibatkan biaya energi yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Sebaliknya, pemanas air tanpa tangki memiliki biaya awal yang lebih tinggi namun memiliki biaya energi berkelanjutan yang jauh lebih rendah. Pasalnya pemanas air hanya memanaskan air saat dibutuhkan. Inilah sebabnya mengapa mereka juga disebut sebagai “pemanas air sesuai permintaan”.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

6. Pilih Water Heater Hemat Energi

tips memilih water heater
Source : iStock

Masalah energi menjadi sangat penting dalam kondisi dunia seperti saat ini. Pastikan setiap alat rumah tangga yang dibeli memiliki spesifikasi yang hemat energi, sehingga mendukung konsep rumah ramah lingkungan

Dalam kaitannya dengan water heater, kamu perlu memilih yang memiliki sertifikat hemat energi dari badan terkait. Jika membeli pemanas air berbahan bakar gas atau minyak, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor energi (EF). Hal ini menunjukkan efisiensi pemanas air, baik untuk model tangki maupun tanpa tangki. Semakin tinggi EF, semakin hemat energi.

7. Garansi

Sebagaimana barang elektronik lainnya, water heater baru tentu memiliki garansi produk. Adanya garansi ini sekaligus memberikan ketenangan jika mesin ternyata mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan. 

Itulah beberapa tips memilih water heater yang perlu kamu lakukan sebelum membelinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download