BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Ventilasi Kamar Mandi Anti Pengap
0
0

10 Desain Ventilasi Kamar Mandi Anti Pengap

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 8, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
ventilasi kamar manditop-right-banner

Kehadiran ventilasi kamar mandi sangatlah penting untuk menjaga kualitas udara dan kelembaban ruangan. Pins harus memperhatikan banyak hal sebelum memasang ventilasi, salah satunya desainnya. 

Ventilasi kamar mandi yang baik dapat mencegah adanya jamur dan lumut sehingga kamar mandi lebih sehat. Kamar mandi dengan sedikit cahaya dan udara akan mudah terkena jamur. Alhasil, furnitur maupun lantai akan mudah rusak.

Ketika membeli properti jadi sebaiknya instal aplikasi Pinhome agar interior bahkan urusan ventilasipun bisa sesuai keinginanmu. Manfaatkan fitur Pengajuan KPR untuk mewujudkan rumah impianmu dekat RS Aulia Jagakarsa, perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau sewa apartemen di Tanjung Priok.

Ventilasi Kamar Mandi Anti Pengap

Saat ingin merenovasi atau membangun kamar mandi, sebaiknya Pins memperhatikan desain saluran pengaliran udara yang tepat. Berikut ini beberapa ide desain ventilasi kamar mandi yang dapat kamu pilih. 

1. Ventilasi Kamar Mandi dengan Exhaust Fan

Ventilasi Kamar Mandi dengan Exhaust Fan
Source : Freepik

Exhaust fan merupakan alat yang terbilang efektif sebagai ventilasi kamar mandi di rumah, apartemen, maupun gedung perkantoran. Alat yang umumnya berbentuk baling-baling ini berfungsi sebagai penghisap, penarik dan unik menghembuskan udara baik panas maupun dingin, menuju ke arah tertentu. 

Memilih exhaust di kamar mandi dapat menghindari bau tak sedap karena sudah dilengkapi filter udara. Untuk hasil lebih efektif, Pins bisa memasang exhaust fan kamar mandi yang bagus di atas plafon yang menghubungkannya pusat aliran udara yang disimpan di loteng.

Baca juga: 10 Model Pemasangan Glass Block Kamar Mandi

2. Ventilasi Kaca Kamar Mandi

ventilasi kaca kamar mandi
Source : Unsplash

Cara termudah untuk mendapatkan pertukaran udara maupun sinar yang baik di kamar mandimu adalah melalui kaca jendela. Tak heran kalau desain kamar mandi modern saat ini dihadirkan dengan kaca jendela yang besar dan terbuka. 

Udara maupun cahaya yang masuk dari kaca, dapat secara maksimal mencegah ruangan terasa lembab maupun tidak sehat.

3. Desain Ventilasi dengan Roster

ventilasi kamar mandi loster
Source : Kumparan

Mau kamar mandi tidak hanya sehat tetapi memiliki tampilan yang cantik? Maka manfaatkan pracetak roster sebagai ventilasi kamar mandimu. Loster atau disebut juga Roster memiliki bentuk yang unik dengan lubang-lubang berukuran kecil. 

Pins dapat menghadirkan pola yang bervariasi, sesuai keinginan dan konsep ruangan. Pola bukaan yang tepat dapat menjaga privasi sekaligus memberikan unsur dekoratif di kamar mandimu. 

Baca juga: 11 Desain Kamar Mandi Luas yang Nyaman

4. Ventilasi Kamar Mandi Minimalis dengan Skylight

Source : Interior Design Ideas

Skylight kamar mandi menghadirkan kesan minimalis yang elegan pada hunian. Ventilasi dengan skylight memberikan pemandangan yang indah ke arah langit. Model ini juga membuat kamu tak perlu menyalakan lampu sepanjang hari karena sudah terbantu dari cahaya matahari dari atas.

Tak hanya cantik, ventilasi model skylight saat ini sudah hadir dengan bantuan teknologi canggih, di mana Pins bisa mengendalikannya dari jauh memakai remote atau deteksi suara. 

5. Desain Ventilasi dengan Jalusi

ventilasi kamar mandi jalusi
Source : Alibaba

Jalusi (jalousie) adalah sebuah jendela yang memiliki kisi-kisi yang dipasang secara horizontal atau mendatar. Model ventilasi jalusi dirancang untuk membuat aliran udara alami lebih optimal melalui sirip yang ada di area bukaannya. 

Materialnya sendiri bervariasi, mulai dari kayu, kaca, plastik, hingga alumunium yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Pins dapat memilih ventilasi jalusi jika ingin udara lebih baik tanpa mengurangi privasi di kamar mandimu.

6. Ventilasi Kamar Mandi Kaca Panel

Source : Housing

Memasang jendela berukuran besar di kamar mandi memang tidaklah mudah. Sebagai gantinya, Pins dapat memasang jendela kaca ventilasi setengah panel di dekat bagian atas langit-langit kamar mandi.

Meski ukurannya kecil, tetapi efektif menghilangkan bau busuk sekaligus menjaga privasi. Tidak hanya fungsional, ventilasi pada desain kamar mandi ini juga menghadirkan kesan minimalis pada kamar mandi, lho!

Baca juga: 12 Merk Jet Shower Toilet Terbaik

7. Desain Pintu Toilet dengan Bukaan Udara

ventilasi kamar mandi pintu
Source : HomeLane

Ide bukaan yang dihadirkan melalui pintu toilet cocok untuk ukuran kamar mandi mungil. Saat sedang tertutup, sirkulasi udara dapat dibawa dengan menarik udara dari area luar rumah sehingga dapat mengurangi bau di kamar mandi.

Jadi, walaupun toilet kamar mandimu berukuran sangat kecil, tapi dapat memberikan paparan udara yang memadai. 

8. Desain Ventilasi Ala Jepang

Source : Freepik

Desain bukaan satu ini sangat pas buat Pins yang memiliki kamar mandi dengan ketinggian atap tinggi. Membawa unsur alami dari kayu menghadirkan kesan tradisional yang cantik dan juga menawan. 

Tidak hanya dari sisi estetika yang unggul, ventilasi ala kamar mandi Jepang ini juga memberikan kesan privasi yang tinggi.

9. Ventilasi dari Jendela Mungil

Source : Magicbricks

Pins bisa menghadirkan jendela mungil di kamar mandi. Jendela mungil ini sangat membantu dalam menghilangkan bau busuk dan uap panas setelah mandi. Karena ukurannya yang kecil, mungkin perlu waktu lebih lama untuk ventilasi kamar mandi. 

Pilih dengan model jendela boven yang bisa dengan mudah membuka atau menutup hanya dengan memutar pegangannya. 

Baca juga: Jenis Kloset Leher Angsa Serta Kelebihannya

10. Ventilasi Alami pada Kamar Mandi Terbuka

Source : Maison Valentina

Desain bukaan yang terakhir dihadirkan dengan menyulap kamar mandimu berkonsep outdoor. Kamar mandi terbuka dapat membawa sinar matahari maupun udara dari luar menjadi lebih maksimal. Jadi, Pins tak perlu lagi khawatirkan udara dan kelembabannya.

Bawalah beberapa tanaman yang bagus untuk kamar mandi untuk menyempurnakan udara menjadi lebih sejuk dan menyegarkan. 

Nah itulah beberapa desain ventilasi untuk kamar mandi yang dapat disampaikan. Pins bisa menyesuaikan dengan konsep ruangan, ukuran kamar mandi, hingga budget saat membangun ataupun merenovasinya. 

Source Feature Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Intan Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download