BlogPemilik PropertiDesain HunianIde Desain Ruangan Billiard untuk Hunian
0
0

Ide Desain Ruangan Billiard untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah pernah terbayang oleh Pins untuk memiliki ruangan billiard di rumah sebagai sarana rekreasi? Untuk membuat ruangan billiard ini, Pins harus menyediakan setidaknya jarak 1,8 meter antara meja billiard dan dinding rumah. Selain jarak, Pins juga harus memastikan pencahayaan yang baik di ruang billiard tersebut. Lampu ruangan yang memadai dan lampu khusus untuk pencahayaan pada meja billiard. 

Jika Pins tertarik untuk membuat ruang billiard sendiri di dalam rumah, Pins harus kreatif untuk mencocokkan desain meja dengan ruangan. Simak informasi di bawah ini yang akan memberikan ide tentang desain ruangan billiard. 

Kalaupun Pins tidak ingin membuat ruangan billiard dari nol, mungkin pencarian rumah dengan ruang billiard di aplikasi Pinhome bisa jadi pilihan. Aplikasi ini punya fitur PinValue yang memberikan informasi harga rumah bekas di Kab Bekasi Selatan hingga rumah di Jagakarsa. Ataupun hunian dekat Mall Lampung.

Baca juga:

Contoh Desain Ruangan Billiard untuk Hunian

Beberapa jenis olahraga dapat kamu lakukan di rumah dengan menyediakan space khusus. Salah satunya adalah billiard yang asyik dimainkan bersama keluarga maupun sahabat. Kamu yang hobi main bola sodok ini bisa banget membangun ruangan khusus untuk meningkatkan kenyamanan dan estetika hunian. Simak inspirasi desainnya berikut ini:

1. Desain Ruangan Billiard Klasik

ruangan billiard
Source : Unsplash

Ide desain pertama yang dapat Pins terapkan di rumah untuk tempat bermain billiard adalah dengan konsep klasik.

Desain yang satu ini mungkin termasuk desain yang sangat cocok untuk dibuat sebagai ruang bermain billiard. Hal tersebut dikarenakan meja billiard sendiri yang terbuat dari kayu, sangat mengesankan untuk desain klasik. 

Untuk memaksimalkan pencahayaan pada ruangan, Pins dapat menggunakan cat dinding dengan warna yang klasik pula seperti krem, atau coklat terang.

Sediakan juga beberapa kursi dan meja kecil untuk duduk bersantai ketika menunggu giliran bermain. Selaraskan warna meja dan kursi dengan warna meja billiard. 

Baca juga: Model Desain Ruang Keluarga Yang Bisa Diaplikasikan Di Rumah Baru

2. Ruangan Billiard dengan Hiasan Dinding

ruangan billiard
Source : Unsplash

Cara kedua dalam mendesain ruang bermain billiard di rumah adalah dengan menambahkan hiasan pada dinding ruangan. Jika ruangan hanya polos dengan warna cat dinding saja mungkin akan terkesan membosankan. Pins dapat menambahkan hiasan dinding berupa lukisan atau poster-poster dengan bingkai. 

Pajang beberapa foto tokoh atau legenda dalam dunia billiard seperti Efren Reyes. Dengan begitu Pins akan lebih asyik ketika bermain billiard di rumah. Oleh karena itu Pins perlu menata dengan kreatif ruang bermain billiard agar tampil lebih menarik. 

Baca juga: Desain Ruang Kerja Terbaik Dan Nyaman

3. Desain Ruang Billiard Monokrom

ruangan billiard
Source : Unsplash

Desain kali ini mungkin salah satu desain selanjutnya yang cukup cocok untuk Pins pilih pada ruang billiard di rumah. Dengan pencampuran warna cat dinding putih dengan warna hitam pada meja billiard akan menjadi satu kesatuan yang elegan. Pada desain kali ini Pins bisa menggunakan lampu yang remang atau tidak terlalu terang pada ruangan. 

Hal tersebut untuk mengesankan vibes fokus dalam bermain billiard. Namun jangan lupa tetap fokuskan pencahayaan pada meja billiard untuk kelancaran bermain. Setelah itu Pins juga bisa menggunakan karpet atau alas lantai yang cantik untuk bagian lantai meja billiard. Hal itu juga berguna untuk meredam beban langsung kepada lantai rumah. 

Baca juga: 4 Hal Dasar Untuk Rumah Modern yang Perlu Diperhatikan!

4. Paduan Ruang Billiard dan Ruang Keluarga

ruangan billiard
Source : Unsplash

Desain ruangan billiard selanjutnya dapat Pins padukan dengan ruang kumpul keluarga. Dengan cara ini Pins dapat menghemat ruangan pada rumah sekaligus menambah kesan lebih menarik pada ruang keluarga. Untuk desain yang satu ini tentunya memerlukan suatu ruangan yang cukup luas pada rumah. 

Karena pada ruangan ini tidak ada sekat pemisah antara ruang billiard dengan ruang kumpul keluarga. Sembari bermain Pins dan keluarga juga bisa sekaligus memasak dan makan bersama. Dengan begitu, intimasi saat keluarga berkumpul akan lebih terasa karena paduan dua ruangan ini. 

Baca juga: 15 Desain Ruang Keluarga Lesehan Yang Buat Nyaman Berlama-Lama

5. Sulap Gudang jadi Ruang Billiard

Source : Unsplash

Ide desain ruang billiard selanjutnya yang dapat Pins lakukan di rumah adalah dengan menyulap gudang menjadi ruang bermain billiard.

Pada konsep ini Pins perlu memastikan bahwa ukuran ruangan gudang cukup untuk dijadikan lahan bermain billiard. Selain itu Pins perlu merombak gudang menjadi ruang bermain billiard yang menarik. 

Mungkin akan cukup banyak pekerjaan yang akan dilakukan untuk merealisasikan ruangan billiard dengan konsep ini. Namun setidaknya Pins tidak perlu menambah ruangan khusus pada rumah yang akan memakan banyak biaya. 

Jika Pins masih memiliki spare ruangan yang cukup, Pins bisa membuat meja bar untuk tempat bersantai para pemain. Jadi tidak hanya untuk tempat bermain billiard, namun juga bisa dijadikan untuk tempat bersantai bersama keluarga atau teman-teman. 

Baca juga:

6. Ruangan Billiard dengan Lantai Kayu

Source : Shutterstock

Meskipun identik dengan gaya hidup modern, namun Pins dapat memanfaatkan elemen kayu untuk membuat ruangan billiard di rumah stand out. Warna lantai kayu dan meja billiard terlihat kontras meskipun sama-sama memakai unsur kayu.

Pilih lapisan bantalan dengan warna ngejreng seperti biru terang untuk menekankan kontras. Berikan penutup atau roller blind pada jendela untuk memudahkan pengaturan pencahayaan. Pasang lampu yang cukup untuk menerangi ruang dan juga khusus di atas meja billiard.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Ruang Olahraga di Rumah yang Nyaman

7. Ruang Billiard dengan Aksen Tangga Melingkar

Source : Next Luxury

Ini adalah contoh desain ruangan billiard yang berkonsep minimalis modern. Cocok untuk hunian yang tidak terlalu luas.

Ruangan dicat dengan dominasi warna abu-abu. Tambahkan beberapa jendela kecil dan besar untuk menambah pencahayaan dari luar.

Aksen tangga melingkar membuat ruangan lebih chic dan fungsional. Selain membuat akses lebih mudah, tangga juga menambah estetika ruangan.

Baca juga: 5 Tips Melakukan Olahraga di Rumah untuk Pemula

8. Ruangan Billiard Rustic

Source : Next Luxury

Pins dapat membuat ruangan billiard ala farmhouse dengan konsep rustic. Kombinasi material batu alam dan kayu membuat aura ruangan lebih cozy dan hangat.

Hunian menjadi lebih hangat dan kesan nostalgia begitu kuat. Bagian dinding yang menghadap luar dipasang jendela kaca besar untuk memaksimalkan pencahayaan dan membuat view lebih indah.

Tambahan sofa yang nyaman juga membuat ruangan lebih fungsional dan enak untuk dipandang. Pilih sofa dengan warna abu-abu untuk menyelaraskan tone warna.

Baca juga: 7 Tips Menerapkan Dekorasi Rustic di Rumah

9. Ruang Billiard Kontemporer Modern

Source : Next Luxury

Konsep ruangan billiard kontemporer ini cocok untuk hunian modern. Pilih hiasan dinding dan pajangan yang membuat ruangan berkesan mewah tapi tidak berlebihan.

Karpet yang menutupi seluruh lantai juga menambah kesan mewah ruangan. Belum lagi pilihan lampu gantung kristal dan meja bar menambah estetika ruang. Pins bisa menghabiskan waktu di ruangan ini bersama teman maupun keluarga.

Baca juga: 13 Desain Garasi Rumah Modern yang Proper

10. Dark Masculine Billiard Room

Source : Next Luxury

Beberapa orang mungkin lebih suka menunjukkan maskulinitasnya. Jika Pins termasuk tipe ini, maka buatlah ruang billiard yang berkonsep dark masculine.

Konsep ini bisa kamu realisasikan dengan memilih warna hitam untuk mendominasi ruangan. Tambahkan aksen warna silver atau putih di bagian karpet bawah meja billiard. Sempurnakan ruangan dengan memilih lampu berdesain unik.

Baca juga: Super Keren, Ini Peralatan Rumah Modern yang Harus Kamu Miliki!

Itulah beberapa ide desain ruangan billiard yang bisa Pins aplikasikan di rumah. Dengan mengadakan permainan billiard mungkin akan memakan cukup biaya. Namun hal itu tidak menjadi beban tentunya bagi pecinta billiard sejati. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Grand Bale dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download