BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Dinding Kolam Renang
0
0

10 Inspirasi Desain Dinding Kolam Renang

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 22, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
10 Inspirasi Desain Dinding Kolam Renangtop-right-banner

Desain dinding kolam renang menjadi aspek yang tidak boleh diabaikan dalam rancangan eksterior ruangan. Tidak hanya membuat kolam renang menjadi lebih estetik, dinding kolam renang juga sebaiknya dapat menunjang konsep desain rumah utama. 

Inilah sebabnya, Pins perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum membuat kolam renang untuk memanfaatkan sisa lahan di rumah. Pertimbangannya mulai dari dari luas lahan yang hendak digunakan, konsep rancangan, hingga material yang nantinya akan kamu pakai. 

Kamu juga bisa membeli hunian jadi dengan memanfaatkan Program KPR Bank yang dilengkapi lahan luas untuk kolam renang. Pilih properti di lokasi strategis seperti Matahari Mall Semarang, rumah baru di Rajeg, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence.

Inspirasi Desain Dinding Kolam Renang untuk Rumah

Ada banyak sekali inspirasi rancangan dinding untuk kolam renang yang bisa Pins pilih. Berikut beberapa desain dinding kolam renang di antaranya: 

1. Dinding Kolam Renang Bernuansa Alam

Source : Agoda

Inspirasi desain yang pertama adalah mengusung nuansa natural atau alam. Pins bisa memakai material yang mendukung tema ini, salah satu yang paling banyak dipilih adalah batu alam. Rekomendasi warna batu alam yang dipakai seperti abu-abu tua, keramik motif batu alam hitam, atau coklat tua kayu. 

2. Kolam Renang dengan Dinding Taman Vertikal

Source : Booking

Memadukan kolam renang dan taman juga dapat menjadi inspirasi desain dinding kolam renang unik lain yang dapat Pins pertimbangkan. Tak butuh banyak lahan, kok, Pins bisa menggunakan konsep taman vertikal di salah satu sisi kolam renang. Tak hanya enak dipandang, adanya taman vertikal juga membuat kolam renang jadi terasa lebih sejuk. 

Baca juga: Inilah 10 Desain Kolam Renang Mewah Paling Banyak Diminati

3. Batu Sikat untuk Dinding Kolam Renang

Source : Booking

Batu sikat merupakan batu kerikil yang bisa ditempel di permukaan yang dibuat dari beton. Penggunaan batu sikat untuk dinding kolam renang sebenarnya telah cukup sering dijumpai. Alasannya karena batu sikat akan membuat kolam terlihat unik dan mewah. 

Tak hanya itu, batu sikat juga banyak dipakai untuk dinding dan lantai sekitar kolam karena tidak licin. Namun, Pins harus memasang batu sikat dengan teliti dan ekstra hati-hati. Pasalnya, batu sikat memiliki sifat sangat mudah pecah. 

4. Kolam Renang Berdinding Wall Panel 3D

Source : Facebook

Ingin desain dinding kolam renang yang unik dan tidak biasa? Pins harus coba menggunakan wall panel 3D. Bahan satu ini punya motif dan warna yang beragam dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Menariknya, memakai wall panel 3D untuk dinding kolam renang akan membuat nuansa kolam jadi lebih artistik, lho!

5. Dinding Kolam Renang Segi Delapan

Source : Mosaicart

Berikutnya, membuat desain dinding kolam renang dengan konsep segi delapan. Desain ini pas digunakan untuk kolam renang terbuka. Alhasil, tidak lagi perlu adanya pembatas yang pastinya hanya membuat Pins tidak dapat menikmati pemandangan. 

Tak hanya konsep terbuka, desain untuk dinding kolam renang model segi delapan juga cocok digunakan untuk rumah dengan lahan yang terbatas. Sebab, desainnya dapat menonjolkan aspek sederhana dan mampu membuat rumah jadi lebih estetik.

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

6. Kolam Renang dengan Dinding Bambu

Source : Kompas

Penggunaan bambu untuk bahan bangunan dan kayu sebagai material dinding kolam renang dapat menghadirkan suasana harmonis di rumah. Bahan satu ini cocok dipakai untuk sebagian besar desain kolam renang. Bahkan, implementasinya bisa dipadukan dengan taman vertikal untuk menguatkan kesan alami. 

Meski begitu, Pins perlu menambahkan pelapis antirayap dan antiair ketika memilih untuk memakai bahan kayu pada dinding kolam. Terlebih jika kolam renang Pins berada di luar ruangan dan terpapar matahari serta hujan secara langsung.

7. Dinding Kolam Renang Setengah Lingkaran

Source : Canndopools

Ada pula desain dinding kolam renang yang berbentuk setengah lingkaran. Biasanya, ide rancangan ini dipadukan dengan pemakaian batu alam di beberapa sisi kolam renang untuk menampilkan nuansa alami. Selain itu, sebenarnya kolam renang dengan desain dinding ini bisa dibuat secara indoor

8. Tanaman sebagai Dinding Kolam Renang

Source : Pinterest

Bosan dengan dinding kolam renang yang begitu saja? Tak perlu cemas, Pins bisa mempertimbangkan dinding kolam renang dari tanaman. Tentunya, desain ini akan membuat area di sekitar kolam terasa begitu segar dan menyejukkan mata. 

Ketika memilih tanaman untuk dinding kolam renang, sebaiknya pertimbangkan jenis tanaman berupa pohon. Jenis pohon dengan daun lebat tapi tidak memiliki banyak cabang menjadi salah satunya. Pins juga bisa memadukan tanaman hias outdoor dengan dinding dari beton atau batu bata dengan konsep tanaman merambat.

9. Minimalis dengan Air Terjun

Source : Kolam Bali

Desain dinding kolam renang minimalis banyak dipilih karena menghadirkan kesan yang sederhana tapi tetap elegan. Selain itu, pemilihan materialnya juga tidak sulit dan mudah dipadukan dengan konsep rumah. 

Salah satunya adalah konsep dinding kolam renang minimalis dengan air terjun pada bagian ujung, tengah, atau sisi kolam renang. Pilihan air mancurnya juga sangat bervariasi, seperti air mancur kecil atau lebar. 

Baca juga: Macam-macam Kolam Renang Beserta Fungsinya

10. Dinding Kolam Renang dari Kaca

Source : Arginuring

Terakhir adalah dinding kolam renang dari bahan kaca. Pemilihan material kaca akan menampilkan kesan mewah. Tidak hanya pada kolam, tetapi juga rumah utama. Dinding kaca bisa Pins tempat pada salah satu sisi kolam atau mengelilingi kolam. Agar tampak lebih elegan, lebih baik Pins tidak memakai rail atau pegangan pada dinding kaca tersebut. 

Demikian tadi beberapa inspirasi desain dinding kolam renang untuk mempercantik halaman belakang rumah. Selain rancangannya, Pins juga perlu mempertimbangkan material yang dipakai dan luas area di rumah. Pins tidak harus memilih satu inspirasi desain tadi, kok.

Kamu bisa memadukan dua atau lebih inspirasi desain yang ada. Jadi, Pins bisa menghasilkan desain dinding kolam renang yang baru dan pastinya unik. Jadi, mana desain untuk dinding kolam renang yang jadi pilihanmu?

Feature Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download