BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiCara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus dan Melingkar
0
0

Cara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus dan Melingkar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
tips membuat tanggatop-right-banner

Pernahkah kamu menemukan tangga yang ukuran lebar atau tinggi trapnya tidak seragam dengan anak tangga lainnya? Kondisi ini sangat merusak nilai estetika pada tangga itu sendiri. Tentunya, dibutuhkan cara menghitung trap anak tangga lurus dan melingkar yang sesuai dengan hitungan.

Selain membuatnya menjadi tidak sedap dipandang mata, kondisi tangga yang seperti ini juga bisa meningkatkan resiko terpeleset yang tentunya akan membahayakan penggunanya. Oleh karena itu, bentuk tangganya perlu dihitung dan direncanakan dengan benar.

Namun sebelum itu pastikan kamu telah menginstal aplikasi Pinhome agar bisa mendapatkan informasi terbaru seputar Take Over KPR. Fitur pencariannya juga bermanfaat untuk menemukan hunian sekitar SMA 1 Sutomo, rumah di Bogor seperti Intan Residence atau rumah di kecamatan Babelan dan sebagainya.

Baca juga: 

Cara Menghitung Trap Anak Tangga

Source : Fine Homebuilding

Fungsi anak tangga Fengshui atau konvensional adalah sebagai pijakan saat melangkah naik maupun turun tangga. Sebelum memperhitungkan anak tangga perlu diperhatikan ketinggian riser dan tread atau going.

1. Komponen Anak Tangga

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memperhitungkan lebar dan tinggi anak tangga. Bagian tangga sendiri terdiri atas beberapa komponen diantaranya adalah:

  • Tread berguna sebagai pijakan kaki saat naik dan turun tangga. Komponen ini juga sering disebut dengan going
  • Riser merupakan ketinggian vertikal untuk setiap langkah dalam tangga
  • Bordes adalah pelat datar diantara anak tangga. Fungsinya sebagai tempat istirahat kaki saat naik maupun turun tangga atau ruang transisi

2. Syarat Lebar dan Tinggi Anak Tangga

Jika merujuk pada firstinarchitecture.co.uk dikatakan bahwa tinggi riser seharusnya sekitar 15 cm dan 20 cm. Hal ini bisa juga berubah tergantung rata-rata tinggi penduduk di suatu negara. Adapun untuk wilayah Indonesia sendiri sebagai berikut:

  • Tinggi trap maksimal 20 cm agar tidak terlalu tinggi melangkahnya sehingga cepat lelah ketika naik turun tangga.
  • Lebar trap tangga minimal 30 cm agar sesuai dengan lebar langkah, sehingga nyaman melangkah dan aman dari bahaya terpeleset akibat salah injak.
  • Lebar tangga bisa dibuat minimal 70 cm jika untuk lewat 1 orang saja tanpa simpangan, tapi kalau mau bisa dibuat simpangan maka minimal lebarnya 120 cm, angka-angka itu berdasarkan lebar rata-rata badan orang 60 cm.

3. Jumlah Anak Tangga

Untuk jumlah anak tangga sendiri ada rumus yang bisa digunakan. Kamu bisa menghitung anak tangga dengan rumus (h/t)-1. Rumus ini berfungsi untuk tangga model Letter L menggunakan bordes.

Misalnya desain tangga leter L dengan bordes memiliki tinggi tangga keseluruhan 280 cm. Sementara tinggi anak tangganya 17,5 cm maka perhitungannya adalah (280/17,5)-1 = 15.

Dari perhitungan ini disimpulkan tinggi keseluruhan 280 cm dan tinggi anak tangga 17,5 cm adalah 15 anak tangga.

Baca juga: Contoh Tangga Rumah Mewah

Cara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus

Source : Pxhere

Dalam menghitung trap anak tangga lurus dengan model Letter L tentu berbeda. Model anak tangga memiliki pengaruh besar dalam menentukan ukuran anak tangganya.

Misalnya kita mau bikin tangga dari lantai 1 ke lantai 2 dengan tinggi antar lantai 3,3 m. Berapa jumlah anak tangga, serta ukuran trapnya?

Mari kita hitung, dengan pertimbangan tinggi ruangan 3,3 m agar lebih menantang dalam menghitung tinggi anak tangganya. Sebelum memulai perhitungan, berikut hitungan sederhana untuk ukuran anak tangga lurus.

1. Tinggi Anak Tangga Lurus

Dalam memperhitungkan tinggi anak tangga, Pins perlu melakukan konversi dari meter ke cm terlebih dulu seperti contoh berikut ini:

  • Kita konversikan satuan meter ke sentimeter 3,3 m = 330 cm.
  • Kita bagi tinggi ruangan 330 cm / 20 cm = 16,5 anak tangga.
  • Jumlahnya ada 0,5 nya jadi kalau kita buat lebar anak tangganya setinggi 20 cm akan ada satu anak tangga yang tingginya cuma 0,5 x 20 cm = 10 cm, itu akan membuat desain tangga menjadi tidak bagus dan tidak nyaman untuk melangkah.
  • Sebaiknya kita buat saja anak tangganya menjadi 17 bh, dan salah satunya dibuat lebar 90 cm sebagai bordes untuk tempat istirahat sejenak.
  • Jadi tinggi anak tangga = 330 cm / 17 trap = 19,41176 cm.

2. Lebar Anak Tangga Lurus

Setelah mengetahui tinggi anak tangga lurus, kini saatnya memperhitungkan lebar anak tangganya. Dalam perhitungannya menggunakan rumus sebagai berikut:

  • Kita tetapkan lebar anak tangga 30 cm dan 1 bordes selebar 90 cm, maka total panjang tangga = (30cm x 16 trap) + 90cm bordes = 570 cm = 5,7m.
  • Kita tidak harus menggunakan ruangan selebar 5,7 m sebagai area tangga. Tapi tangganya bisa kita buat bolak-balik dua arah, jadi total panjang tangga = ((30cm x 16 trap)/2) + 90cm = 330 cm = 3,3 m.

Baca juga: Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana

Cara Menghitung Trap Anak Tangga Putar Melingkar

Source : Pexels

Prinsipnya sama dengan perhitungan tangga lurus. Tapi dalam ukuran tangga putar atau melingkar kita persempit panjang tangga hanya sebatas R itu saja. Sedangkan cara menghitung tinggi anak tangganya tetap sama.

1. Tinggi Anak Tangga Melingkar

  • Tinggi anak tangga = 330 cm / 17 trap = 19,41176 cm tapi disini tanpa bordes.

2. Lebar Anak Tangga Melingkar

  • Misalnya kita pakai pipa ditengah berdiamater 20 cm, lebar tangga 60 cm dan diamater luar tangga 140 cm.
  • Cara menghitung lebar anak tangga bagian dalam dan luar lingkaran bisa dihitung dengan cara mencari panjang kelilingnya kemudian dibagi dengan jumlah anak tangga dalam satu putaran.
  • Keliling lingkaran dalam = 3,14 x 20 cm = 62,8 cm.
  • Keliling lingkaran luar = 3,14 x 140 cm = 439,6 cm.
  • Jumlah anak tangga dalam satu putaran = 11 buah.
  • Lebar trap tangga sisi dalam = 62,8 cm / 11 bh = 5,7 cm.
  • Lebar trap tangga sisi luar = 439,6 cm / 11 bh = 39,9 cm.

Dari contoh kasus di atas dapat disimpulkan bahwa dalam membuat trap anak tangga ada 3 faktor yang perlu diperhitungkan. Pertama model tangga sehingga bisa memperhitungkan ukuran tangga yang dibutuhkan. Dalam perhitungan ini akan ditentukan lebar sekaligus luas tangga tersebut.

Kedua, menentukan tinggi anak tangga agar nyaman saat digunakan. Setelah itu tentukan luas bordes tangga agar tidak mudah kelelahan menaiki maupun menuruni tangga tersebut. Semoga cara menghitung trap anak tangga di atas mampu membantumu membuat tangga yang diimpikan.

Baca juga: Wedding Stair Tangga Memutar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download