Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus dan Melingkar

Cara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus dan Melingkar

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 29 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Pernahkah kamu menemukan tangga yang ukuran lebar atau tinggi trapnya tidak seragam dengan anak tangga lainya? Kondisi ini sangat merusak nilai estetika pada tangga itu sendiri. Tentunya, dibutuhkan cara menghitung trap anak tangga lurus dan melingkar yang sesuai dengan hitungan.

Pinhome – Selain membuatnya menjadi tidak sedap dipandang mata, kondisi tangga yang seperti ini juga bisa meningkatkan resiko terpeleset yang tentunya akan membahayakan penggunanya. Oleh karena itu, bentuk tangganya perlu dihitung dan direncanakan dengan benar, beginilah cara menghitung anak tangga yang bisa dilakukan.

Baca juga: 

Cara Menghitung Trap Anak Tangga

cara menghitung trap anak tangga
(Orami.co.id)
Trap tangga anak rumah tentu bisa dihitung dengan mudah, berikut cara perhitungan, syarat, dan ketentuannya:

Syarat Lebar dan Tinggi Anak Tangga

  • Tinggi trap maksimal 20 cm agar tidak terlalu tinggi melangkahnya sehingga cepat lelah ketika naik turun tangga.
  • Lebar trap tangga minimal 30 cm agar sesuai dengan lebar langkah, sehingga nyaman melangkah dan aman dari bahaya terpeleset akibat salah injak.
  • Lebar tangga bisa dibuat minimal 70 cm jika untuk lewat 1 orang saja tanpa simpangan, tapi kalau mau bisa dibuat simpangan maka minimal lebarnya 120 cm, angka-angka itu berdasarkan lebar rata-rata badan orang 60 cm.

Baca juga: 

Cara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus

(Orami.co.id)

Misalnya kita mau bikin tangga dari lantai 1 ke lantai 2 dengan tinggi antar lantai 3,3 m. Berapa jumlah anak tangga, serta ukuran trapnya? Mari kita hitung, dengan pertimbangan tinggu ruangan 3,3 m agar lebih menantang dalam menghitung tinggi anak tangganya.

Ukuran Anak Tangga Lurus

Sebelum memulai perhitungan, berikut hitungan sederhana untuk ukuran anak tangga lurus.

Tinggi Anak Tangga Lurus

  • Kita konversikan satuan meter ke sentimeter 3,3 m = 330 cm.
  • Kita bagi tinggi ruangan 330 cm / 20 cm = 16,5 anak tangga. Jumlahnya ada 0,5 nya jadi kalau kita buat lebar anak tangganya setinggi 20 cm akan ada satu anak tangga yang tingginya cuma 0,5 x 20 cm = 10 cm, itu akan membuat desain tangga menjadi TIDAK BAGUS dan tidak nyaman untuk melangkah. jadi kita buat saja anak tangganya menjadi 17 bh, dan salah satunya dibuat lebar 90cm sebagai bordes untuk tempat istirahat sejenak.
  • Jadi tinggi anak tangga = 330 cm / 17 trap = 19,41176 cm.

Lebar Anak Tangga Lurus

  • Kita tetapkan lebar anak tangga 30 cm dan 1 bordes selebar 90 cm, maka total panjang tangga = (30cm x 16 trap) + 90cm bordes = 570 cm = 5,7m.
  • Kita tidak harus menggunakan ruangan selebar 5,7 m sebagai area tangga. Tapi tangganya bisa kita buat bolak-balik dua arah, jadi total panjang tangga = ((30cm x 16 trap)/2) + 90cm = 330 cm = 3,3 m.

Jika kita gambarkan dengan software autoCAD maka bentuk tangganya menjadi seperti ini.

Baca Juga: 

Cara Menghitung Trap Anak Tangga Putar Melingkar R

cara menghitung trap anak tangga
(99.co)

Prinsipnya sama dengan perhitungan tangga lurus. Tapi dalam tangga R melingkar kita persempit panjang tangga hanya sebatas R itu saja. Sedangkan cara menghitung tinggi anak tangganya tetap sama.

Ukuran Anak Tangga Melingkar

Untuk desain dan ukuran anak tangga melingkar, dapat dihitung melalui pengukuran berikut ini:

Tinggi anak tangga melingkar

  • Tinggi anak tangga = 330 cm / 17 trap = 19,41176 cm tapi disini tanpa bordes.

Lebar Anak Tangga Melingkar

  • Misalnya kita pakai pipa ditengah berdiamater 20 cm, lebar tangga 60 cm dan diamater luar tangga 140 cm.
  • Cara menghitung lebar anak tangga bagian dalam dan luar lingkaran bisa dihitung dengan cara mencari panjang kelilingnya kemudian dibagi dengan jumlah anak tangga dalam satu putaran.
  • Keliling lingkaran dalam = 3,14 x 20 cm = 62,8 cm.
  • Keliling lingkaran luar = 3,14 x 140 cm = 439,6 cm.
  • Jumlah anak tangga dalam satu putaran = 11 buah.
  • Lebar trap tangga sisi dalam = 62,8 cm / 11 bh = 5,7 cm.
  • Lebar trap tangga sisi luar = 439,6 cm / 11 bh = 39,9 cm.

Begitulah contoh cara menghitung anak tangga lurus maupun putar. Untuk mempermudah perhitungan, kamu bisa sambil menggambarnya dengan software autoCAD.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel