BlogPemilik PropertiDesain Hunian25 Desain Ruang Kerja Terbaik dan Nyaman agar Makin Produktif
0
0

25 Desain Ruang Kerja Terbaik dan Nyaman agar Makin Produktif

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Desain ruang kerjatop-right-banner

Bagaimana cara membuat desain ruang kerja yang baik? Ruang kerja merupakan tempat atau ruangan yang digunakan untuk bekerja. Kenyamanan ruang kerja adalah hal utama yang harus diperhatikan. Hal ini juga akan mendukung mood baik untuk bekerja. Syarat utama suatu ruangan nyaman untuk ditempati adalah ruangan tersebut merupakan ruangan yang sehat.

Maksudnya ruang tersebut harus memiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup (terang), tata letak yang teratur, dan warna yang nyaman untuk dipandang. Tips ini cocok sekali untuk rumah eksklusif kamu yang ingin membuatnya terlihat cantik dan fungsional seperti rumah di Cipayung ataupun  Mutiara Gading City.

Nah, simak tips dan inspirasi desain ruang kerja terbaik di bawah ini Pins!

Baca juga:

Hal Penting dalam Ruang Kerja

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah desain ruang kerja yang baik antara lain:

1. Sirkulasi Udara yang Baik

Desain sebuah ruang kerja yang memiliki sirkulasi artinya ruangan tersebut tidak pengap, bebas terhadap aroma tidak sedap, dan udara dari luar dapat masuk kedalam ruangan.

2. Pencahayaan yang Cukup

Desain ruang kerja
Source : Pixabay

Desain ruangan yang pencahayaannya cukup maksudnya ruangan mendapat sinar yang baik pada siang maupun malam hari. Sebaiknya ruangan kerja memiliki jendela yang besar dan banyak, dan pencahayaan lampu yang terang (bila ruangan tersebut juga digunakan pada malam hari).

Baca juga: Cara Agar Cahaya Matahari Masuk ke Rumah

3. Tata letak yang teratur

Desain ruang kerja
Source : Pixabay

Didalam ruang kerja tentunya terdapat banyak perabotan-perabotan, seperti kursi, meja, rak, dan perabotan lainnya. Perabotan yang digunakan sebaiknya berwarna cerah dan lembut. Letakkan perabotan-perabotan tersebut dengan sesuai dan tidak menghalangi Pins bergerak didalam ruangan.

4. Warna yang Tepat

Warna yang membuat seseorang merasa nyaman tentu saja berbeda-beda. Dalam mendesain ruang kerja dapat digunakan warna dengan sentuhan lembut yang bercampur dengan warna dasar putih. Sehingga memberikan kesan simpel dan santai saat Pins berada dalam ruangan tersebut.

Baca juga: 10 Cat Warna Rumah Minimalis Dulux yang Mempesona

5. Ruangan yang Tidak Berisik

Ketenangan dalam ruang kerja sangat penting agar aktivitas kerja pada ruangan tersebut dapat berjalan dengan baik. Sementara itu, ruangan yang berisik tentunya dapat mengganggu konsentrasi kerja. Misalnya, ruangan di samping mesin genset, ruang disamping ruang karaoke dan sejenisnya.

Jika terpaksa ruang kerja berada pada lokasi yang berisik, sebenarnya dapat diantisipasi dengan cara menggunakan dinding ruangan yang dapat meredam suara seperti dinding batu bata yang dilapisi glasswool, dinding gypsum dll.

Baca juga: Desain Rumah Kantor Minimalis yang Nyaman dan Indah

6. Adanya Pandangan yang Menyegarkan

Bekerja merupakan aktivitas yang membutuhkan suasana segar oleh karena itu perlunya taman-taman yang dapat menambah kesegaran ruang kerja, seperti penempatan jendela pada view alam yang indah, penambahan aquarium dan hal-hal lain yang dapat memberikan semangat dalam aktifitas pada ruang kerja.

Menciptakan ruangan yang sesuai dengan imajinasi tentu saja sangat melelahkan. Pins bisa berkonsultasi dengan arsitek jika memungkinkan.

Inspirasi Desain Ruang Kerja Terbaik

Pins, masih bingun ruang kerja yang cocok untuk kamu seperti apa? Simak inspirasi yang bisa kamu jadikan inspirasi di bawah ini.

1. Ruang Kerja Konsep Industrial

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Konsep industrial juga bisa jadi desain yang cocok kamu terapkan. Kamu bisa menggunakan kombinasi warna coklat, putih dan krem di dalam ruangan. Jangan lupa tambahkan furniture dengan konsep industrial.

2. Ruang Kerja dengan Konsep Bedroom Office

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Kamu bisa menambahkan meja kerja di kamar tidur, lho. Tempatkan meja kerja di sudut ujung kamar tidur kamu. Namun tetap sesuaikan dengan konsep ini

3. Desain Ruang Kantor Modern

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Kamu bisa menggunakan berbagai tekstur dan furniture modern di dalam kantor. Ini akan membuat ruang kamu juga tampak lebih tenang dengan kesan kekinian.

4. Desain Ruang Kerja Meja Unik

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Kamu bisa menggunakan jenis meja kayu cantik di ruang kerja. Ini tentunya memberi keunikan sendiri pada ruang kerja kamu.

5. Ruang Kerja Warna Terang

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Tidak selalu menggunakan warna putih, Pins yang ingin berbeda dalam ruang kerja juga bisa menggunakan warna lain. Misalnya, kamu bisa menggunakan warna cerah yang mencolok. Padukan juga dengan beberapa furniture lainnya yang cocok.

6. Ruang Kerja Konsep Minimalis

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Minimalis adalah konsep yang kini banyak disukai. Dalam desain ruang kerja kamu bisa mengatur agar sinar cahaya matahari bisa banyak masuk ke dalam ruangan. Pilihlah juga furniture yang mencirikan konsep minimalis.

7. Ruang Kerja dengan View Taman

Source : Pinterest

Tentunya, sebagian dari Pins ingin bekerja dengan tampilan segar di depan mata. Bisa jadi desain yang satu ini cocok untuk kamu yang menginginkan hal itu. Buat lah ruang kerja menghadap langsung ke view taman atau tanaman.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial

8. Ruang Kerja Berkonsep Neutral Workspace

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Desain ruang kerja yang satu ini sederhana namun juga tampil menarik. Menggunakan palet warna netral, kamu bisa tetap tampil elegan dengan furniture yang cocok di ruangan.

9. Ruang Kerja Simple Minimalis

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Ruang kerja yang minimalis cocok untuk kamu yang senang dengan desain simple. Kamu cukup menggunakan warna putih sebagai dominan di ruangan dengan beberapa dekor simple di dalam ruangan.

10. Ruang Kerja Aksen Kayu

Source : Pinterest

Desain yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai tampilan natural. Jadi, kamu bisa tambahkan aksen kayu di beberapa bagian tempat kerja.

11. Ruang Kerja Clean

Source : Pinterest

Pins ingin ruang kerja tampil “clean”? Caranya mudah! Pastikan di dalam ruang kerja kamu hadir banyak cahaya terang dari matahari.

12. Desain Ruang Kerja Putih

Desain Ruang Kerja
Source : Pinterest

Putih adalah warna yang memberi kesan terang namun juga kalem. Warna ini membuat ruang kerja kamu akan tampak bersih. Kamu juga bisa memadukannya dengan warna lain.

13. Desain Modern Harbour Marianna

Source : Pinterest

Desain yang satu ini menonjolkan kesan sederhana. Kamu bisa menambahkan dekorasi seperti lampu meja yang akan membuat ruang kerja semakin nyaman.

14. Desain Ruang Kerja Berkonsep Green Office

Source : Pinterest

Kamu juga bisa menggunakan wallpaper berwarna hijau di beberapa bagian ruang kerja. Gunakan juga meja dan funitur yang pas dengan ruangan kerja kamu.

15. Ruang Kerja Besar

Source : Pinterest

Di desain ruang kerja ini kamu bisa menambahkan beberapa barang yang bisa mendukung produktifitas kamu. Beberapa diantaranya adalah meja atau rak besar, buku dan dokumen yang tertata rapi.

16. Ruang Kerja Natural Light

Source : Pinterest

Cahaya matahari alami adalah bagian penting yang mempengaruhi produktivitas kamu. Nah, desain ini sangat mengutamakan masuknya cahaya matahari.

17. Ruang Kerja dengan Rak Multifungsi

Source : Pinterest

Rak multifungsi bisa kamu tambahkan di  ruang kerja kamu. Meja atau rak ini bisa kamu fungsikan untuk menyimpan buku atau dokumen-dokumen pekerjaan. Kamu bisa tambahkan juga beberapa dekor di meja kerja tersebut.

18. Ruang Kerja Desain Kontemporer

Source : Pinterest

Salah satu konsep unik yang bisa kamu coba adalah desain kontemporer. Kamu bisa bisa menampilkan berbagai unsur kontemporer yang menarik di berbagai bagian ruang kerja. Misalnya, menambahkan sketsa lukisan dan dekorasi yang artistik.

19. Ruang Kerja Gaming

Source : Pinterest

Konsep yang satu ini cocok juga buat Pins yang seorang gamer. Kamu bisa menambahkan beberapa strip LED dan sentuhan modern di berbagai bagian ruang kerja. Agar makin ciamik, kamu juga bisa menambahkan kursi gaming yang nyaman.

20. Ruang Kerja Rak Minimalis

Source : Pinterest

Rak ini nantinya bisa digunakan untuk kamu menyimpan berbagai dokumen agar tetap tertata. Jadi, tampilan ruang kerja kamu bisa lebih rapi dan tertata dengan desain yang satu ini.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Rumah Hook 2 Muka yang Menarik dan Unik!

21. Desain Ruang Kerja dengan Tanaman Hias

Source : Pinterest

Kerja adalah aktivitas yang mungkin bisa melelahkan bagi kamu. Jadi, tidak ada salahnya kamu tambahkan beberapa tanaman hias di ruang kerja. Tanaman ini akan membuat ruang kerja kamu nampak lebih segar.

22. Ruang Kerja dengan Kursi Meja Simpel

Source : Pinterest

Kamu bisa menggunakan kursi meja simpel di ruang kerja kamu. Tapi bukan hanya simple, pilihlah kursi yang membuat kamu nyaman bekerja dan duduk berlama-lama.

23. Ruang Kerja Monokrom

Source : Pinterest

Tema yang satu ini banyak digunakan dan disukai oleh anak muda. Permainan warna monokrom bisa  membuat ruang kamu memiliki kesan yang elegan dan tetap menarik. Warna yang bisa kamu padukan misalnya adalah warna putih, hitam dan juga abu-abu.

24. Ruang Kerja Warna Tenang

Source : Pinterest

Warna adalah bagian penting dalam ruang kerja kamu. Supaya bisa nyaman bekerja, kamu bisa memilih warna-warna yang tenang. Pilihlah juga dekorasi yang cocok supaya tampilan ruang kerja kamu jadi lebih cantik.

25. Ruang Kerja dengan Rak Terbuka

Source : Pinterest

Kamu bisa menambahkan rak terbuka di ruang kerja. Pasalnya, rak terbuka akan membantu kamu menyimpan berbagai peralatan dan dokumen. Tambahkan juga beberapa dekor lain agar ruang kamu makin cantik.

Demikian informasi mengenai tips dan inspirasi desain ruang kerja yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Jatinangor Mountain View dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download