BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Referensi Dalam Membuat Desain Ruangan Bawah Tanah
0
0

7 Referensi Dalam Membuat Desain Ruangan Bawah Tanah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ruang bawah tanahtop-right-banner

Beberapa rumah yang dimiliki oleh Pins pasti memiliki ruang bawah tanah. Biasanya, ruangan ini digunakan sebagai gudang, tempat pipa air, atau bahkan dibiarkan kosong karena dianggap tidak terlalu penting.

Akibatnya, ruangan bawah tanah seringkali terkesan suram, pengap, dan tersembunyi. Namun, di era modern ini yang menekankan pada estetika, ruangan bawah tanah bisa diubah menjadi ruang yang menakjubkan. 

Sebelum, mendesain ruangan bawah tengah. Banyak sekali rumah mewah aplikasikan di berbagai hunian modern, seperti Intan Residence atau rumah di Bogor lainnya.

Kalau Pins belum punya rumah dan ingin memilikinya, Pins bisa mengikuti Pengajuan KPR di Pinhome. Pins juga bisa memilih rumah second di Kab Bekasi sebagai alternatif pilihanmu.

Namun, sebelum memulai proyek desain basement Pins, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Ulasan ini akan memberikan berbagai pertimbangan penting yang harus Pins pertimbangkan dalam merancang ruangan bawah tanah.

Baca juga: 10 Referensi Desain Kamar Mandi Kaca Sederhana Minimalis

Pertimbangan dalam Membuat Ruang Bawah Tanah

Source : iStock

Yuk, simak ulasan berikut ini yang mengulas mengenai berbagai pertimbangan sebelum membangun suatu desain ruang bawah tanah atau basement ini. Mari simak selengkapnya Pins!

1. Rencanakan dengan Matang

Penting untuk memiliki rencana yang matang sebelum memulai proyek desain ruangan bawah tanah. Pastikan Pins memikirkan bagaimana ruangan ini akan diintegrasikan dengan ruang atas tanah dan apakah perlu izin dari pihak berwenang.

2. Berikan Pencahayaan yang Cukup

Ruangan bawah tanah seringkali kurang pencahayaan alami, sehingga Pins perlu merencanakan pencahayaan buatan dengan cermat. Gunakan kombinasi lampu langit-langit, dan lampu dinding rumah, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan cerah.

3. Pertimbangkan Ventilasi dan Sirkulasi Udara

Pastikan ruangan bawah tanah memiliki sistem ventilasi yang baik untuk menjaga kualitas udara. Sirkulasi udara yang baik juga akan membantu menghindari kelembaban yang berlebihan, yang seringkali menjadi masalah dalam ruangan bawah tanah.

5. Pilih Material yang Tepat

Pemilihan material untuk lantai, dinding, dan langit-langit sangat penting dalam desain ruangan bawah tanah. Pilih material yang tahan terhadap kelembaban dan cocok untuk ruang bawah tanah. Selain itu, pertimbangkan juga isolasi suara untuk mengurangi gangguan dari lantai di atasnya.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Ruang TV Sederhana Tanpa Sofa

6. Pertimbangkan Fungsi Utama Ruangan

Sebelum Pins mulai membeli furnitur dan dekorasi, tentukan fungsi utama ruangan. Apakah itu akan menjadi ruang keluarga, ruang hiburan, ruang kerja, atau sesuatu yang lain? Kejelasan mengenai fungsi ruangan akan membantu Pins membuat keputusan desain yang lebih baik.

7. Pertimbangkan Desain yang Berkelanjutan:

Dalam merancang ruangan bawah tanah, penting untuk memikirkan tentang desain yang berkelanjutan. Gunakan material yang ramah lingkungan dan pertimbangkan penggunaan energi yang efisien, termasuk pilihan lampu LED dan peralatan hemat energi.

8. Dekorasi yang Menarik:

Akhirnya, jangan lupakan dekorasi ruangan. Pilih warna-warna yang sesuai, perabotan yang cocok, dan aksesoris yang memperindah ruangan. Sentuhan pribadi yang unik akan memberikan karakter pada ruangan bawah tanah Pins.

Desain ruang bawah tanah adalah proyek menarik yang dapat meningkatkan fungsi dan nilai properti Pins. Dengan merencanakan dengan matang, Pins dapat menciptakan ruangan bawah tanah yang berfunsi dan menarik.

Selain itu, jika Pins penasaran dengan ide-ide kreatif dalam memanfaatkan ruang bawah tanah, mari Pins simak Ulasan berikut ini. Ulasan ini akan memberikan beberapa ide atau referensi bagaimana ruangan bawah tanah bisa dimanfaatkan secara kreatif dan fungsi:

Baca juga: 15 Ide Model Tempat Tidur Multifungsi Hemat Ruang

7 Referensi Membuat Desain Ruangan Bawah Tanah

Source : Depositphotos

Berikut ini adalah ulasan berbagai ide atau referensi desain basement atau ruang bawah tanah. Yuk, simak berbagai ulasan selengkapnya Pins!

1. Ruang Gym

Source : iStock

Ruangan bawah tanah dapat diubah menjadi tempat gym pribadi. Hal ini memungkinkan Pins untuk tetap menjaga tatanan rumah tanpa mengorbankan ruang di atas tanah. Selain itu, Pins dapat berolahraga dengan privasi.

2. Bioskop Mini

Source : iStock

Pins bisa membuat bioskop mini di ruang bawah tanah, yang akan menjadi tempat yang sempurna untuk menonton film dengan volume suara tinggi. Dengan kursi yang nyaman, dan layar besar, Pins bisa merasakan pengalaman menonton film seperti di bioskop.

3. Kamar Tidur

Source : Pixabay

Ruangan bawah tanah bisa diubah menjadi kamar tidur yang nyaman. Dengan pencahayaan yang tepat dan furnitur yang sesuai, Pins bisa menciptakan ruang tidur yang unik.

4. Ruang Gaming

Source : iStock

Buatlah ruang gaming di ruangan bawah tanah, yang merupakan impian banyak remaja saat ini. Ruang ini akan memberikan keheningan yang diperlukan untuk bermain game tanpa terganggu oleh suara dari luar.

5. Studio Musik

Source : TimeOut

Ruangan bawah tanah juga dapat diubah menjadi studio musik. Hal ini memungkinkan Pins untuk bermain musik tanpa khawatir mengganggu tetangga sekitar.

6. Private Bar

Source : iStock

Ruangan bawah tanah bisa diubah menjadi bar pribadi ala Amerika. Tempat ini cocok untuk menerima tamu, teman, atau bahkan sebagai tempat kerja yang membutuhkan ketenangan tambahan.

7. Ruang Keluarga

Source : Dreamstime

Buatlah ruang bawah tanah menjadi ruang keluarga modern dengan pencahayaan buatan. Ukuran ruang yang cukup luas memungkinkan Pins untuk menambahkan sofa besar dan meja bilyar.

Dengan berbagai pilihan yang ada, ruangan bawah tanah Anda menjadi tempat yang multifungsi sesuai kebutuhan Anda. Jadi, mari berkreasi dan manfaatkan potensi ruangan bawah tanah untuk menciptakan ruang yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

itulah ulasan mengenai ide atau berbagai referensi desain ruang bawah tanah. Semoga ulasan ini bermanfaat Pins!

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat untuk Dewasa

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami rumah second di Jakarta Pusat dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download