BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Cara Menata Foto di Dinding Ruang Tamu
0
0

12 Cara Menata Foto di Dinding Ruang Tamu

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
12 Cara Menata Foto di Dinding Ruang Tamutop-right-banner

Foto tak sekedar menyimpan gambar namun juga kenangan. Banyak hunian menampilkan berbagai momen spesial dalam bingkai foto. Namun, cara menata foto di dinding ruang tamu punya cara khusus untuk membuat rumah kecil agar tidak terlihat sempit.

Pins dapat memakai ide penataan di bawah ini agar tampilan foto dinding lebih apik. Selain itu, ini mampu menarik perhatian bagi yang memandangnya.

Dalam penataannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya lokasi dimana foto akan ditempatkan, ukuran, dekorasi warna dan gaya interior ruangan tersebut. Penasaran bagaimana cara menatanya? Simak metodenya di sini!

Cara Menata Foto di Dinding Ruang Tamu

Meski terdengar sepele, ada beberapa cara khusus dalam menata foto di dinding ruang tamu. Cara menata foto di dinding ruang tamu ini bisa membuat tampilan ruangan menjadi lebih menarik dan cantik.

Penasaran bagaimana cara menata foto di dinding ruang tamu? Simak tipsnya di bawah ini!

Gunakan Susunan Foto Bertingkat

cara menata foto di dinding ruang tamu
Source : Pinterest

Bila Pins memiliki tangga atau lorong di rumah, gunakan penataan foto bertingkat.  Cara menata foto di dinding ruang tamu yang dekat dengan tangga adalah mengatur pigura foto dinding berundak.

Ukuran pigura bisa sama semua atau dari kecil ke besar maupun sebaliknya. Hanya saja, sebaiknya gunakan desain pigura yang sama atau hampir mirip satu dengan lainnya. 

Pins dapat pula menempatkan foto membentuk undakan candi atau seperti segitiga. Foto bisa disusun membentuk sebuah bangun datar namun bertingkat. Dengan begitu, kamu bisa menata ruang tamu jadi lebih rapi dan terlihat lebih luas.

Manfaatkan Pigura Cantik

Source : Pinterest

Pemilihan bingkai foto yang cantik juga mempermudah menempatkan foto. Pigura bisa berfungsi sebagai hiasan dinding seperti aksesoris atau pernak pernik lainnya.

Sesuaikan warna pigura dengan interior ruangan. Gunakan bingkai kayu yang mudah menyatu dengan berbagai desain interior. Untuk penutup bingkai, biasanya tersedia dua pilihan bahan yakni kaca atau akrilik. Harga penutup kaca biasanya lebih murah.

Jadi, kamu bisa sesuaikan penutupnya dengan budget yang tersedia, ya!

Baca juga: Tips dan Cara Merapikan Rumah Berantakan dengan Cepat

Atur Melingkar Seperti Jam

Source : Pinterest

Cara menata foto di dinding ruang tamu yang paling unik salah satunya adalah membentuk jam. Setiap pigura dianalogikan sebagai angka pada jam.

Tambahkan pula aksesoris jarum jam agar lebih menyerupai jam besar. Pins bisa memasang 12 bingkai foto jika memakai desain jam ini.

Gunakan pensil untuk mendesain posisi bingkai foto. Sesuaikan ukuran bingkai satu dengan lainnya memiliki ukuran yang sama. Apabila ukuran bingkai lumayan besar, jarak sumbu jarum jam dengan bingkai tidak terlalu dekat.

Gunakan Susunan Kolom Baris Berjajar

cara menata foto di dinding ruang tamu
Source : Pinterest

Jika memiliki bingkai foto dengan ukuran yang sama dapat dijadikan kolom baris berjajar. Umumnya, susunan foto terdiri dari 1-2 baris dengan 3-4 pigura per barisnya.

Jarak antar bingkai lumayan sempit. Pins hanya dapat memilih satu tampilan foto saja. Apakah ingin dibentuk secara landscape, kotak atau portrait.

Foto yang dapat dipajang dapat berupa hitam putih maupun berwarna. Asalkan bentuk dan ukuran pigura identikal.

Baca juga: 8 Manfaat Merapikan Rak Buku yang Jarang Disadari

Atur Menjadi Kolase Besar

Source : Pinterest

Apabila memiliki banyak foto, kamu dapat membentuknya dalam kolase ukuran besar. Foto bisa ditata pada lorong atau dinding ruang tamu sebagai focal point hunian.

Foto tak perlu dibingkai cukup sediakan kanvas besar. Cetak foto dalam ukuran yang sama lalu rekatkan dalam kanvas. Jika tak ingin repot, kamu bisa mendesain kolase foto dan print dalam satu kanvas. Pajang layaknya pameran lukisan.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Rak Buku Dinding Sederhana

Gunakan Konsep Seperti Feed Instagram

Source : Pinterest

Cetak foto seperti hasil kamera polaroid. Bentuk foto kotak bukan landscape maupun portrait. Foto bisa berwarna maupun hitam putih.

Tata foto seperti feed instagram dengan baris dan kolom yang simetris. Pins tidak perlu menggunakan bingkai karena setiap foto memiliki batas tepi yang menjadikannya layaknya pigura.

Foto seperti ini cocok untuk berbagai dinding bermotif. Dinding dengan warna polos juga akan semakin menarik dengan kolase foto.

Atur dengan Konsep Frame in Frame

cara menata foto di dinding ruang tamu
Source : Pinterest

Jika memiliki bingkai besar Pins dapat menata foto layaknya mading. Foto tak harus menyesuaikan ukuran bingkainya.

Beberapa foto dengan ukuran lebih kecil dapat disematkan ke bingkai. Pins dapat menambahkan pernak-pernik lainnya seperti kertas quote, kalender maupun boneka.

Gantung dengan Penjepit Kayu

Source : Kompas

Harga bingkai cukup mahal apalagi jika jumlah foto yang ingin dipajang ada puluhan. Nah, guna menyiasati biaya bingkai dapat membuat gantungan foto.

Gantungan memakai tali rami yang cukup tebal dan kuat menahan beban foto. Siapkan penjepit kayu berukuran kecil. Pasang tali sedikit menjuntai ke bawah sebanyak tiga baris. Jepit foto dengan penjepit kayu dan menyisakan sedikit kerenggangan antar fotonya.

Kombinasikan dengan Stiker Dinding

Source : Wayfair

Cara menata foto di dinding ruang tamu akan lebih unik dengan stiker dinding. Pins dapat memakai stiker bertema alam seperti pepohonan.

Pada setiap cabangnya dapat ditempeli foto sehingga menyerupai dahan pohon. Penataan frame dapat disesuaikan dengan stiker dinding yang Pins pakai.

Pakai Scandinavian Style

Source : Pinterest

Desain Skandinavia dikenal minimalis dan kerap berpadu dengan alam. Coba pasang rak dinding untuk meletakan bingkai foto.

Sediakan tanaman kecil di sebelah bingkai foto. Jika tidak menggunakan rak dinding tambahkan tanaman gantung di sekitar pigura sehingga terkesan asri.

Baca juga: 14 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik untuk Ruangan

Memakai Model Kanvas Alphabet

Source : Amazon

Foto keluarga juga dapat dicetak dalam frame kanvas alphabet. Huruf yang digunakan berupa inisial nama penghuni rumah. Sebaiknya cetak foto dalam hitam putih. Frame dapat terpasang di dinding maupun diberdirikan di meja.

Menggunakan Konsep Floor-to-Ceiling

Source : architecturaldigest

Penataan floor to ceiling dimaksudkan dinding dipenuhi foto dalam berbagai ukuran bingkai. Foto dicetak monochrome sehingga tidak terlalu ramai.

Foto dapat dipasang dari ujung langit atap hingga memenuhi bagian bawah dinding yang dekat dengan lantai. Foto yang terpasang bisa berupa portrait, landscape maupun kotak.

Dengan cara menata foto di dinding ruang tamu di atas dinding jadi terlihat menarik. Selain itu berguna untuk menghias dinding dan menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: 11 Cara Merapikan Kabel TV di Dinding Agar Tidak Berantakan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download