BlogPemilik PropertiDesain HunianMacam-macam Kolam Renang Beserta Fungsinya
0
0

Macam-macam Kolam Renang Beserta Fungsinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 30, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
macam macam kolam renangtop-right-banner

Saat ini, ada macam-macam kolam renang yang bisa Pins temukan, mulai dari kolam renang pribadi, kolam renang publik, hingga kolam renang di tempat wisata. Tak hanya itu saja, kolam renang juga biasanya dibuat dengan desain yang sangat variatif. Seperti desain kolam renang minimalis maupun desain kolam renang mewah.

Pada umumnya, kolam renang digunakan sebagai sarana olahraga berenang atau rekreasi hiburan. Namun faktanya, ada banyak macam-macam kolam renang yang dibuat dengan fungsi berbeda. Berikut ini adalah macam-macam kolam renang beserta fungsinya.

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: Berapa Standar Ukuran Kolam Renang dan Panjangnya? Ini Selengkapnya!

Macam-Macam Kolam Renang

Ada banyak jenis kolam renang yang didesain dengan beragam bentuk, mulai dari bentuk kolam renang panjang, hingga bentuk yang menyerupai danau. Tak hanya tampilannya saja yang berbeda, macam-macam kolam renang ini ternyata juga memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda lho, Pins!

Penasaran apa saja jenis kolam renang yang bisa kamu temukan dan apa saja fungsi dari masing-masing kolam renang? Simak penjelasan lengkap di bawah ini!

1. Jenis Kolam Renang Indoor

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Kolam renang indoor dibangun di dalam area rumah. Umunya tujuan dari pembangunan kolam renang ini adalah agar penggunanya dapat selalu menikmati aktifitas berenang dalam kondisi cuaca apapun. Misalnya saja karena hujan dan cuaca yang terlalu terik di siang hari. Dengan memiliki kolam renang indoor.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Dinding Kolam Renang

2. Jenis Kolam Renang Outdoor

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Ukuran kolam renang outdoor umumnya dapat dibangun dalam bentuk yang jauh lebih luas dibandingkan dengan kolam renang indoor. Jenis kolam ini biasanya dilengkapi dengan dekorasi taman di pinggiran kolam renang. Mulai dari lampu, kursi malas, payung, dan aksesoris lainnya guna untuk memperindah kolam renang tersebut.

Banyak orang yang lebih ingin membangun kolam renang outdoor karena biaya untuk membangunnya terbilang lebih sedikit. Namun pada dasarnya, kolam renang indoor maupun outdoor mempunyai fungsi yang sama. Kamu hanya perlu mempertimbangkan faktor kenyamanan dan seleramu sebelum memutuskan untuk membuatnya.

3. Jenis Kolam Renang Lap Pool

Source : Pinterest

Lap pool merupakan kolam renang biasa yang dibangun dengan bentuk yang memanjang dan sedikit sempit. Kolam renang ini biasanya dibangun bagi orang yang memiliki masalah kesehatan. Dengan membangun kolam renang dengan model memanjang dan sedikit menyempit, kamu dapat berenang dengan waktu intensif.

Jenis kolam renang ini umunya dilengkapi dengan arus yang dibuat dengan memekai mesin khusus. Adanya arus dalam kolam renang ini mampu menciptakan efek rileks pada tubuh saat menggunakannya. Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Baca juga: 15 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

4. Jenis Kolam Renang Overflow

Source : Pinterest

Jenis kolam renang overflow ini memiliki batas air yang cukup tinggi hingga ke dinding kolam. Untuk jenis kolam ini yang dapat dirasakan adalah air yang sangat melimpah dan menyegarkan.

5. Jenis Kolam Renang Exercise Pool

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Jenis kolam renang selanjutnya adalah exercise pool atau kolam renang latihan. Sesuai namanya, jenis kolam ini tentu memiliki fungsi untuk melakukan sebuah latihan renang. Bentuk dari kolam renang latihan ini, mungkin lebih sedikit kecil dari pada kolam renang lainya.

Jenis kolam renang ini memanfaatkan sistem penggerak guna untuk menciptakan arus. Adanya arus menyebabkan para perenang hanya dapat berada di tempatnya.

Baca juga: Inilah Rincian Biaya Bikin Kolam Renang dan Perawatannya Terlengkap!

6. Jenis Kolam Renang Play Pool

Jenis kolam renang selanjutnya adalah kolam renang play poll atau kolam bermain. Kolam renang ini memiliki ketinggian air yang rendah. Play pool biasanya diperuntukkan untuk kolam renang anak-anak. Pins bisa menggunakan desain warna yang mencolok untuk menggambarkan perasaan anak-anak yang selalu ceria.

7. Jenis Kolam Renang Private Pool

Source : Pinterest

Private pool atau kolam renang pribadi. Jenis kolam renang pribadi ini biasanya memiliki desain yang tidak terlalu besar layaknya seperti kolam renang umum. Tujuan dari pembangunan kolam renang pribadi ini umunya sebagai tempat keluarga untuk berkumpul, berenang, dan untuk menikmati kebersamaan keluarga.

Jenis kolam renang private pool ini biasanya dibangun dengan menggunakan desain yang sesuai dengan diinginkan kita. Biasanya kolam renang private pool ini dibangun di belakang rumah maupun disamping rumah sesuai dengan keinginan Pins.

Baca juga: 10 Desain Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis

8. Jenis Kolam Renang Free Form

Source : Pinterest

Selanjutnya ada jenis kolam renang free form, ini memiliki bentuk yang cukup abstrak. Jenis kolam ini umunya dibangun dengan bentuk yang mungkin tidak beraturan sehingga dapat menciptakan nuansa yang lebih natural. Tujuan dari pembangunan jenis kolam renang ini memang untuk memberikan kesan yang dekat dengan alam.

9. Jenis Kolam Renang Geometris

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Jenis kolam renang terakhir adalah jenis kolam renang geometris. Kolam renang geometris adalah kebalikan dari jenis kolam renang free form. Pembangunan kolam renang geometris ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan kesan formal. Jenis kolam renang ini biasanya dapat ditemukan di tempat kompetisi renang.

Kolam renang geometris ini juga biasanya disebut dengan kolam renang formal.

Baca juga: Berapa Standar Ukuran Kolam Renang?

Macam-macam Kolam Renang Berdasarkan Bentuknya

Setelah mengetahui macam-macam kolam renang dan fungsinya, kamu juga perlu mengetahui berbagai jenis kolam renang berdasarkan bentuknya. Pasalnya, ada banyak bentuk kolam renang yang bisa kamu temukan, baik di tempat umum maupun hunian. Berikut ini adalah macam-macam kolam renang berdasarkan bentuknya:

1. Bentuk Rectangular

Source : Pinterest

Kolam renang bentuk rectangular berbentuk kotak atau persegi panjang.

Baca juga: 19 Inspirasi Desain Rumah yang Ada Kolam Renang

2. Bentuk Circular

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Kolam renang bentuk circular dengan bentuk lingkaran, jenis ini sangat cocok untuk kolam renang anak.

3. Bentuk Oval

Source : Pinterest

Kolam renang bentuk oval berbentuk bulat telur lonjong, Ini juga akan menyisakan beberapa lahan yang lebih, sama halnya dengan bentuk circular.

Baca juga: Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2 Anti Rembes

4. Bentuk L Pool

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Kolam renang bentuk L Pool berbentuk hurul L, Ini akan sangat memaksimalkan sudut yang berada pada sebuah area atau lahan.

5. Bentuk Kidney

Source : Pinterest

Kolam renang bentuk kidney ini hampir sama dengan bentuk sebuah ginjal manusia. Jenis kolam renang ini biasanya, pada sisi area ada beberapa kursi malas dengan payungnya, tujuan tersebut adalah guna untuk beristirahat dan bersantai.

Baca juga: 8 Rekomendasi Apartemen dengan Kolam Renang Terbaik

6. Bentuk Double Roman

macam macam kolam renang
Source : Pinterest

Kolam renang bentuk double roman ini memiliki unsur budaya Romawi yang menjadi satu ciri khasnya.

7. Bentuk Paradise

Kolam renang bentuk paradise ini mengadopsi bentuk Roman, hanya saja penempatan bentuk lengkungannya lebih besar (3/4 lingkaran) dan diletakkan pada salah satu sudutnya.

Baca juga: 10 Ide Desain Kolam Renang di Rooftop Rumah

8. Bentuk Sorento

Kolam renang bentuk sorento ini mirip dengan bentuk rectangular. Hanya saja terdapat perbedaan pada sedikit penambahan bentuk trapesium yang terkesan menempel kemudian menyatu dengan kolam utama pada salah satu sisi yang mendekati sudut kolam.

9. Bentuk Greecian

Kolam renang bentuk greecian ini bertolak belakang bentuknya dengan bentuk sebelumnya. Kolam renang jenis ini menganut unsur budaya Yunani.

Baca juga: Sejarah Berenang

10. Bentuk Letter T

Referensi bentuk kolam renang berikutnya berbentuk huruf letter T. Pada bagian atas huruf T kamu dapat menambahkan pancuran air agar kolam renangmu terlihat semakin menarik.

11. Berbentuk Infinity

Referensi bentuk kolam renang selanjutnya adalah kolam renang berbentuk infinity. Kolam dengan bentuk infinity ini memiliki arti kolam renang yang airnya meluap keluar namun airnya tidak akan habis. Hal ini terjadi karena desain kolam dibuat seperti itu, air yang telah tertumpah akan kembali masuk lagi ke dalam kolam renang.

Baca juga: 8 Desain Taman dan Kolam Renang yang Sejuk

Macam-Macam Kolam Renang Berdasarkan Sistemnya

Source : Pinterest

Selanjutnya adalah macam-macam kolam renang berdasarkan sistemnya. Seperti yang kita ketahui, setiap kolam renang tentu memiliki sistem aliran air untuk mengisi kolam renang. Nah, setiap kolam renang memiliki sistem aliran air yang berbeda-beda lho, Pins! Penasaran apa saja? Berikut ini macam-macam kolam renang berdasarkan sistemnya.

1. Sistem Kolam Renang Over Flow

Sistem sirkulasi over flow adalah sistem sirkulasi kolam renang dimana air kolam renang mengalir dengan melimpah disemua sisi bibir toping kolam renang. Berikutnya menuju gutter atau selokan over flow dan menuju ke balancintank ditruskan ke isapan pompa, ke filter dan kembali ke kolam renang.

Baca juga: Pilihan Keramik Mozaik Untuk Desain Kolam Renang

2. Sistem Kolam Renang Semi Over Flow dan Skimmer

Sistem sirkulasi semi over flow adalah sistem sirkulasi kolam renang di mana air kolam renang mengalir melimpah sebagian sisi bibir kolam renang pergerakan air sama halnya dengan sistem over flow. Yaitu air mengalir ke salah satu sudut over flow, menuju saluran drainase selanjutnya ke balancintank diterukan ke mesin, filter dan kembali ke kolam.

3. Sistem Kolam Renang Skimmer

macam macam kolam renang
Source : nurmadi.com

Sitem sirkulasi kolam renang skimmer merupakan sitem kolam renang yang paling simple, mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas, karena sisitem ini hanya dibantu dengan sebuah skimmer dan 1 buah lubang.

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

4. Sistem Kolam Renang Exercise

Ukuran exercise pool ini mungkin lebih kecil dibandingkan dengan yang lain, biasanya berukuran antara 2,5m x 5m. Jenis kolam renang ini biasa sudah dilengkapi dengan pendorong air buatan, sehingga bisa membuat air nampak seperti mengalir dan perenang hanya dapat berenang ditempat.

5. Sistem Kolam Renang Sirkulasi

Sistem kolam renang selanjutnya adalah sistem kolam renang sirkulasi. Artinya sirkulasi dalam mengalirkan air kolam renang melalui sistem filter dan pemanas.

Baca juga: Ulsasan Lengkap Kolam Renang Lembah Dieng Malang

6. Sistem Kolam Renang UV

Sistem kolam renang berikut ini adalah sistem kolam renang UV (Ultra Violet). Artinya sistem ini dapat menghilangkan bakteri dan virus dalam air kolam renang.

7. Sistem Kolam Renang Biofilter

Sistem kolam renang terakhir adalah sistem kolam renang biofilter. Artinya biofilter berfungsi sebagai pengurai kontaminan organik dalam air kolam renang dengan bantuan mikroorganisme.

Baca juga: Inilah 15 Rekomendasi Kontraktor Kolam Renang Terbaik Saat Ini!

Macam-Macam Kolam Renang Berdasarkan Fungsinya

Setelah mengetahui macam-macam kolam renang berdasarkan desainnya, bentuknya, dan sistemnya, kamu perlu mengetahui juga macam-macam kolam renang berdasarkan fungsinya. Berikut ini fungsi-fungsinya:

1. Kolam Renang Kompetitif

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang pertama adalah kolam renang kompetitif. Kolam renang ini digunakan khusus untuk kegiatan renang kompetitif pada tingkat sekolah, universitas, atau organisasi swasta.

Baca juga: Inilah 10 Desain Kolam Renang Mewah Paling Banyak Diminati

2. Kolam Renang Olimpiade

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang kedua adalah kolam renang olimpiade. Kolam renang ini digunakan khusus untuk acara renang kompetitif di tingkat nasional ataupun internasional. Jenis kolam renang olimpiade memiliki ukuran yang lebih besar dari kolam renang biasanya dan memenuhi standar yang telah ditentukan oleh Federasi Renang Internasional.

3. Kolam Renang Rekreasi

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang ketiga adalah kolam renang rekreasi. Kolam renang ini biasanya dipilih sebagian hiburan dan bersantai. Oleh karena itu, jenis kolam renang ini memiliki fasilitas seperti water slide, area permainan air, bahkan relaksasi air.

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis Eye-Catching dan Kekinian!

4. Kolam Renang Anak

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang keempat adalah kolam renang anak. Karena dikhususkan untuk anak, kolam renang ini didesain lebih kecil dari kolam renang biasanya dan dilengkapi dengan fasilitas permainan air yang dapat digunakan dengan aman oleh anak-anak seperti perosotan dan wahana permainan air yang tidak dalam.

5. Kolam Renang Terapi

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang kelima adalah kolam renang terapi. Sesuai dengan namanya kolam renang ini digunakan untuk terapi kesehatan bahkan terapi medis. Fasilitas yang didapati pada kolam renang terapi yaitu pemanas air, jet massage, atau sistem jacuzzi.

Baca juga: 7 Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah

6. Kolam Renang Kebugaran

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang keenam adalah kolam renang kebugaran. Jenis kolam renang ini digunakan untuk berolahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan perenangnya. Biasanya kolam renang jenis ini dilengkapi juga dengan fasilitas sauna, jacuzzi, dan tempat relaksasi.

jenis kolam renang yang digunakan untuk berolahraga dan meningkatkan kesehatan, dilengkapi dengan fasilitas seperti jacuzzi, sauna, atau tempat relaksasi.

7. Kolam Renang Perenang Gaya Bebas

Macam kolam renang berdasarkan fungsinya yang terakhir adalah kolam renang khusus perenang gaya bebas. Kolam renang ini dikhususkan bagi perenang yang sedang latihan atau berolahraga gaya bebas. Fasilitas yang digunakan biasanya adalah papan renang, alat pelacak, atau alat pengukur jarak renang.

Nah, itu dia macam-macam kolam renang berdasarkan fungsi, bentuk, dan sistemnya. Umumnya, fungsi kolam renang rumah adalah untuk memperindah rumah, atau sarana olahraga keluarga. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download