BlogPemilik PropertiDesain HunianKetahui Kelebihan Kursi Kayu Jati yang Banyak Digunakan di Ruang Tamu
0
0

Ketahui Kelebihan Kursi Kayu Jati yang Banyak Digunakan di Ruang Tamu

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Mar 31, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan kursi kayu jatitop-right-banner

Kayu sebagai salah satu komoditi hasil alam yang paling banyak telah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang konstruksi bangunan, produksi kertas, hingga menjadi furnitur rumah yang elegan. Salah satu kayu hasil alam hutan Indonesia yang paling terkenal dan sangat familiar di telinga Pins adalah kayu jati. Karena banyak kelebihan kursi kayu jati, kayu ini sering dipakai di ruang tamu.

Pinhome – Siapa yang tidak tahu dengan kayu hasil hutan yang kokoh satu ini, kayu jati merupakan kayu dengan kualitas nomor wahid di dunia mebel untuk perabotan rumah. Status kayu jati sebagai kayu dengan kualitas nomor satu ini tentunya karena jenis kayu ini merupakan kayu terkuat. 

Baca Juga:

Mengenal Kayu Jati

kelebihan kursi kayu jati

(Pinterest)

Kayu jati memiliki nama lain dari dunia sains yang disebut dengan Tectona grandis. Kayu jati berasal dari negara-negara daerah tropis yang telah dimanfaatkan oleh manusia sejak abad ke-7. Ternyata sejak zaman dahulu kayu jati sudah digunakan sebagai bahan dasar untuk dijadikan hiasan pada tempat tinggal orang-orang dengan kedudukan tinggi. Fakta selanjutnya juga menyebutkan bahwa kayu jati juga digunakan oleh Belanda untuk membuat kapal karena kekokohan yang dimilikinya.

Jika Pins ingin mencari di mana banyak kayu jati dapat ditemukan, Pins dapat menyusuri di negara-negara dengan hutan hujan tropis seperti India, Malaysia, Thailand, dan Indonesia tentunya. Di balik kualitasnya yang mumpuni tentunya harga kayu juga berkisar di angka yang tinggi. 

Hal tersebut disebabkan karena kayu jati yang berkualitas membutuhkan umur 80 tahun sebelum ditebang. Dengan kayu jati ini, Pins dapat menghasilkan kursi kayu rumah yang sangat berkualitas. Setelah mengenal tentang kayu jati, mari simak kelebihan lain yang juga tidak kalah menarik di bawah ini. 

Baca Juga:

Tahan Serangan Rayap dan Serangga

(Pinterest)

Kursi ruang tamu yang menggunakan bahan dasar kayu jati akan memiliki ketahanan alami terhadap serangan serangga atau pun rayap. Hal tersebut disebabkan karena kayu jati memiliki kayu yang padat dan keras serta memiliki resin alami yang dapat menghindarkan kayu dari serangan serangga atau jamur. Dengan keunggulannya yang tahan terhadap rayap menjadikan kayu jati memiliki umur yang lebih panjang dan lebih unggul dari kayu lainnya. 

Tidak Mudah Membusuk

kelebihan kursi kayu jati

(Pinterest)

Keunggulan kedua dari kayu jati adalah lebih tahan terhadap pembusukan karena memiliki kerapatan yang sangat tinggi. Karena kerapatan tersebut membuat kayu jati tahan air dan tidak mudah membusuk atau cepat keropos. 

Keunggulan yang satu ini juga menjadi alasan mengapa kayu jati tahan lama. Kursi rumah dengan kayu jati juga lebih tahan terhadap zat kimia yang bersifat asam dan basa yang menjadikan kayu jati tidak mudah rusak jika terkena noda. 

Baca Juga:

Proses Pengerjaan yang Mudah

(Pinterest)

Kayu jati memang dikenal dengan kayu yang memiliki ketahanan yang kuat dan kokoh. Badan dari kayu pohon jati juga keras, namun hal tersebut lantas tidak membuat kayu jati menjadi sulit untuk dipotong. Keunggulan kayu ini sangat membantu dan menghemat waktu dalam proses pengerjaannya. 

Di mana Pins ketahui, banyak pesanan mebel kayu jati dengan berbagai bentuk yang unik. Hal tersebut membuat kayu memerlukan pahatan yang lebih rumit. Walaupun begitu kayu jati tidak sulit untuk dibentuk dan diproses untuk dijadikan furniture. 

Baca Juga:

Daya Tarik yang Tinggi

kelebihan kursi kayu jati

(Pinterest)

Kursi yang menggunakan bahan dasar kayu jati pastinya sangat cantik karena corak alami yang kayu jati miliki. Nilai estetika yang kayu jati miliki sangat tinggi karena pola dari urat kayu yang lurus dan rapat, serta warna coklat emas alami yang membuat corak cantik pada kursi ruang tamu rumah Pins. Keunggulan di segi kecantikan dari kayu jati ini merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh semua kayu lain. 

Baca Juga:

Nilai Ekonomis yang Tinggi

(Pinterest)

Kelebihan kursi kayu jati selanjutnya adalah nilai ekonomis atau harga jual yang tinggi di pasaran. Bagi Pins yang ingin menjual kayu jati maka akan menjadi lahan cuan yang sangat menguntungkan. Dengan permintaan yang tinggi dan populasi yang tidak sepadan dengan permintaannya, membuat harga kayu jati menjulang tinggi selangit. 

Umur yang Panjang

kelebihan kursi kayu jati

(Pinterest)

Kelebihan kursi kayu jati yang dapat Pins nikmati selanjutnya adalah umurnya yang panjang. Jika Pins merawat furniture dengan cara yang tepat maka kursi kayu jati dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama. Bahkan umur kayu jati bisa lebih lama dari umur pemiliknya sehingga biasa menjadi warisan keluarga turun temurun. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa Pins banyak menemukan barang antik berbahan kayu jati. 

Itulah kelebihan kursi kayu jati yang sangat beragam dan menarik. Kayu jati menjadi kayu primadona yang kerap menjadi pilihan pertama dalam dunia furniture rumah. Tidak heran pula kayu jati banyak dibanderol dengan harga yang tinggi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download