Kamus Istilah Properti

Gazebo

istilah properti

Gazebo

Bagaimana desain taman rumah idamanmu? Hijau, asri, penuh dengan bunga, dan gazebo yang nyaman di tengahnya? Memang akhir-akhir ini gazebo kembali menjadi tren bagi para pemilik rumah; terutama supaya rumah makin nyaman dan bikin betah.

Keberadaan gazebo pada taman tidak dapat diremehkan lagi, kini seiring dengan populer dan berkembangnya tren gazebo, maka gazebo semakin menjadi salah satu desain favorit bagi banyak orang.

Keberadaan sebuah gazebo di taman akan semakin memfungsikan taman tersebut secara maksimal. Apabila kamu memiliki luas lahan yang memadai, maka membangun gazebo di taman menjadi pilihan yang dapat memberi kesempatan kamu untuk bersantai, makan siang, dan bercengkrama dengan keluarga dalam suasana yang unik dan santai.

Apa Itu Gazebo?

Gazebo adalah sebuah struktur bangunan yang dirancang khusus untuk memberikan keteduhan dan tempat berlindung dari beberapa elemen seperti hujan dan terik matahari. Gazebo biasanya terletak di taman, ataupun kebun dengan pemandangan indah yang dapat dinikmati dari dalam gazebo. Biasanya gazebo dibangun dengan struktur sederhana dan dapat dibuat dari kayu, tenda, ataupun batu bata jika menginginkan gazebo bersifat permanen.

Desain Gazebo Nan Cantik

Secara umum, gazebo dibiarkan dalam keadaan terbuka sehingga penghuni memungkinkan menikmati keindahan alam sekitar secara maksimal. Desainnya pun bisa bermacam-macam, ada yang berbentuk segi delapan, persegi, bulat, dan lain-lain.

Sebagian besar desain gazebo dipengaruhi oleh beberapa budaya yang ada di daerah tersebut, misalnya pendapa di Jawa yang juga berfungsi sebagai gazebo, dan di Bali gazebo lebih dikenal dengan sebutan bale bengong.

Desainnya bisa bermacam-macam seperti disebutkan diatas. Mulai dari persegi hingga bulat. Ada pula gazebo modern dengan sistem knock down (bongkar pasang) sehingga dapat mudah dipindah-pindahkan. Beberapa desain yang dapat dipindah-pindahkan (system knockdown) ini banyak dipakai oleh gazebo Bali yang sering diekspor ke luar negeri.

Ukuran gazebo menjadi hal yang perlu diperhatikan. Ukuran ideal bagi gazebo biasanya 2X2 meter. Dengan ukuran mungil tersebut kamu dapat berkreasi dengan berbagai macam furnitur dan hiasan untuk mempercantik tampilan gazebo kamu.

Untuk membuat tampilan gazebo pas, maka sebaiknya kamu membuat jarak minimal dua meter antara gazebo dan rumah kamu. Hal ini akan menghindari kesan bertumpuk dan memberikan efek cantik pada gazebo kamu. Untuk membuat dan mendesain gazebo sesuai dengan keinginan, maka kamu dapat memanfaatkan jasa pembuat gazebo berpengalaman ataupun berkonsultasi pada arsitek kepercayaan kamu terlebih dahulu.

Inspirasi Desain Gazebo untuk Rumah

Dengan memiliki gazebo di rumah, kamu seakan memiliki ruang tambahan untuk dinikmati sendiri, bersama keluarga, ataupun dengan teman-teman. Selain menyajikan teduhan yang nyaman, gazebo sendiri dapat menciptakan kesan mewah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Kalau Pins ingin membangun gazebo sendiri di rumah, ada beberapa rekomendasi desain gazebo yang pas untuk kamu!

1. Gazebo kayu minimalis

Gazebo seperti ini sangat pas untuk dikawinkan bersama rumah dengan desain minimalis. Tampilannya yang polos dengan finishing minimalis cocok untuk menambah kesan natural di taman kamu. Atapnya bisa menggunakan tempered glass, sehingga cahaya tetap dapat masuk saat siang hari dan kamu dapat menikmati indahnya bintang-bintang pada saat malam hari. Seru, kan?

2. Gazebo kayu tradisional

Untuk yang ingin menampilkan aksen tradisional di tamannya, desain gazebo kayu tradisional ini bisa jadi pilihan. Tetap minimalis dengan kayu tanpa terali di sisi-sisinya, namun dibuat berundak seperti pendopo atau rumah panggung dan lesehan tanpa kursi. Atapnya pun dilapisi rumbia untuk menambah keunikan tersendiri.

3. Gazebo minimalis industrial

Buat orang-orang yang cinta gaya industrial, gazebo jenis ini sepertinya bakal bikin jatuh hati. Berbahan metal dengan atap datar, tak perlu pernak-pernik ramai untuk membuat gazebo ini stand out di halaman rumah kamu. Walaupun polosan saja sudah menarik, tak ada salahnya menambah satu-dua tanaman agar terasa lebih adem.

4. Gazebo Victorian

Buat penyuka style retro, sepertinya gazebo era Victorian ini bakal cocok jadi pemanis di halaman kamu. Dengan detail atap dan tali air yang unik, tentu gazebo ini bakal jadi ciri khas tersendiri. Kekurangannya adalah pada biaya, karena untuk membangun gazebo jenis ini sebaiknya tidak menggunakan tipe knockdown agar lebih tahan lama.

5. Gazebo dengan kolam

Penggabungan dua elemen pemanis taman, kolam dan gazebo, bakal membuat suasana lebih romantis. Entah itu kolam renang ataupun kolam ikan, gazebo kayu maupun gazebo metal, perpaduan dua elemen ini pasti bikin kamu makin betah berlama-lama di rumah. Apalagi jika kamu menambahkan permainan lampu, pasti jadi makin indah. Tapi perlu diingat, halaman yang kamu sediakan juga harus luas agar tidak sumpek.

Langkah-langkah Membuat Gazebo di Taman

Pins, ternyata membuat gazebo tidak semudah itu, lho! Ada tahapan-tahapan tersendiri yang perlu disiapkan sebelum membangun teduhan nyaman di tengah taman tersebut. Apa saja?

1. Menentukan desain yang akan digunakan

Hal pertama yang harus dilakukan tentu adalah menentukan desain gazebo yang kamu inginkan. Apakah Pins ingin membuat gazebo berbentuk segi empat, ataukah segi enam, atau malah berbentuk lingkaran? Yang jelas, sesuaikan desain gazebo ini dengan desain rumahmu, ya, agar tidak tampak berantakan.

2. Mengukur jarak gazebo dari bangunan utama

Pins, ternyata jarak ideal antara bangunan utama dengan gazebo adalah 2 meter. Hal ini bertujuan agar taman kamu tetap sedap dipandang, serta jika terjadi hujan, rembesan air dari atap rumah tidak mengenai gazebo.

3. Mengukur lahan yang tersedia

Selain jarak dari bangunan utama, ternyata luas gazebo ini idealnya hanyalah ⅕ dari luas taman. Penetapan ukuran ini bertujuan agar proporsi lahan dengan gazebo tetap seimbang. Jika gazebo terlalu luas, tentu akan mengurangi estetika taman serta hunian kamu.

4. Tentukan luas gazebo

Setelah tahu luas taman, kamu sekarang bisa menentukan berapa luas gazebo yang ideal untuk kamu. Misalnya kamu memiliki lahan seluas 20 meter2, maka sebaiknya gazebo milikmu berukuran 2 x 2 meter saja.

5. Menentukan material yang digunakan

Walaupun biasanya gazebo bertujuan untuk menyatu dengan alam, kamu tidak melulu harus menggunakan material batu dan kayu. Jika sesuai dengan desain yang diinginkan, kamu juga bisa menggunakan material stainless steel untuk menciptakan kesan industrial. Jangan lupa juga tentang material atap, apakah kamu ingin menggunakan rumbia, genting, atau tempered glass.

Pins perlu memperhitungkan benar-benar mengenai material ini karena akan berpengaruh terhadap anggaran yang harus kamu persiapkan.

6. Menentukan posisi dan letak gazebo

Letak gazebo ini berpengaruh pada desain taman yang kamu miliki. Apakah kamu akan meletakkannya di tengah-tengah kumpulan tanaman? Atau mungkin di tepi kolam ikan? Atau bahkan di tengah kolam renang?

Selain letak, posisi gazebo ini juga perlu diperhatikan. Gazebo yang menghadap sisi timur akan sangat nyaman dinikmati pada pagi hari. Gazebo yang menghadap barat mungkin akan terasa panas pada saat jam 2 siang di musim kemarau. Kamu perlu memahami kondisi taman supaya dapat mengatur posisi gazebo dengan baik.

7. Menentukan akses jalan

Agar lebih teratur, jangan lupa untuk memberi akses jalan dari bangunan utama menuju gazebo. Hal ini penting diperhitungkan, apalagi jika kamu ingin membangun gazebo di tengah kolam renang. Supaya tetap nyaman untuk dilewati, lebar jalan akses gazebo ini sebaiknya memiliki lebar sekitar 70 – 90 cm.

8. Pilih furnitur di dalam gazebo

Sebuah gazebo tentu tidak bisa berfungsi dengan baik jika di dalamnya tidak ada furnitur yang membuat nyaman. Pilihlah kursi-kursi berukuran kompak, namun tetap nyaman untuk diduduki dalam waktu yang lama. Jika Pins menggunakan konsep lesehan, maka pilih meja yang tidak terlalu tinggi agar tetap nyaman diakses oleh orang-orang yang akan bersantai di gazebo.

9. Lengkapi dengan aksesoris

Dalam beberapa situasi, gazebo perlu memiliki aksesoris tambahan. Gazebo yang berada di dekat kolam ikan, misalnya, perlu memasang net agar terbebas dari gigitan serangga.

10. Finishing dengan pencahayaanAgar lebih dramatis, manfaatkan pencahayaan di sekitar gazebo milikmu. Pilihlan lampu-lampu hangat dan hindari penempatan hard light supaya suasana di sekitar gazebo tetap nyaman.