Kamus Istilah Properti

Rotan

istilah properti

Rotan

Rotan adalah jenis tumbuhan hasil hutan bukan kayu yang biasa digunakan sebagai furnitur dan produk kerajinan. 

Apa Itu Rotan?

rotan
(Tirto)

Di Indonesia, rotan menjadi salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur yang banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan furnitur dan berbagai produk kerajinan tangan seperti anyaman. Material ini populer karena menghadirkan kesan tradisional yang khas bergaya tropis.

Jenis tumbuhan bukan kayu ini tergolong dalam suku Arecaceae (palem-paleman) dengan ciri tumbuh merambat, berbatang langsing, beruas, tidak berongga, tumbuh sampai ratusan meter, dan memiliki duri. Duri pada rotan berfungsi sebagai pengait yang dapat membantu tanaman ini bisa merambat ke tanaman lain, sekaligus mencegah herbivora. 

Hampir 70 persen populasi rotan dunia ada di Indonesia, terutama di Sumbawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Bagian batang, umbut, dan daunnya paling sering dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan.  

Selain mudah ditemukan, tanaman ini juga termasuk material yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk indoor maupun outdoor pada sebuah bangunan. 

Manfaat Penggunaan Rotan  

(Galeri Mamosa)

Karakternya juga kuat tetapi mudah dibentuk ketika diolah menjadi berbagai produk perabotan. Selain itu, tanaman ini juga biasa dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti: 

Produk Kerajinan  

Di Indonesia, Pins bisa menemukan berbagai daerah yang masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin rotan. Memang, ada banyak sekali produk kerajinan dan kesenian yang memanfaatkan tanaman ini. 

Bahkan, karya seni dari rotan yang dibuat tangan pengrajin Indonesia, sukses mendunia. Sejumlah alat musik, anyaman dari bahan ini, dan kerajinan lainnya khas Indonesia, populer di seluruh dunia. 

Sebagai Furnitur 

Bisa dibilang, manfaat penggunaan rotan adalah material untuk membuat berbagai macam furnitur. Pins bisa menemukan banyak industri rotan khusus untuk membuat furnitur dari berbagai segmen, mulai dari skala kecil sampai produksi pabrik yang besar.

Sejumlah furnitur yang terbuat dari bahan ini antara lain dipan, kursi, meja, sofa, sampai tikar. Sifatnya yang mampu menahan beban dan tekanan, kokoh, serta tahan lama, menjadikan tanaman ini menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan aneka perabot.  

Aksesoris dan Peralatan Rumah Tangga

Manfaat lain dari rotan yang bisa digunakan di dalam rumah yaitu sebagai berbagai peralatan rumah tangga dan aksesorisnya. Berbagai hal di rumah, seperti tirai, tas, bingkai televisi, sampai piring dan mangkok, ada yang terbuat dari rotan. 

Selain itu, tanaman ini juga sering dijadikan material untuk membuat aksesoris dan elemen dekorasi rumahan seperti bingkai kaca, bingkai foto, lampu, dan sebagainya.  

Material Bangunan 

Tahukah Pins jika berbagai material untuk konstruksi ada yang terbuat dari rotan? Pasalnya, rumah-rumah tradisional dan di desa memakai material ini. Keunggulannya, mudah ditemukan, harga yang terjangkau, dan kokoh. 

Pada rumah modern, Pins juga bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan pelengkap sebagai elemen dekoratif yang dapat dikombinasikan dengan material lain. 

Bahan Baku Produk Industri

Tak hanya untuk material bangunan, rotan juga kerap dipakai untuk bahan baku industri. Menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan kementerian KLK, variasi jernang, bisa dipakai untuk bahan baku industri pewarna marmer, keramik, kayu, kertas dan cat, bahan campuran kosmetik, dan bahan obat.

Jenis-jenis Rotan untuk Furnitur

(Pixabay)

Rotan memiliki 350 jenis yang tersebar di seluruh hutan Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, berikut ini jenis rotan yang bisa dipakai untuk furnitur.  

Rotan Jernang Besar (Daemonorops Draco)

Jenis ini memiliki karakteristik batang yang kecil, panjang, dan dapat menjalar atau memanjat sampai mencapai ketinggian sekitar 15 meter. Selain itu, jernang besar juga memiliki daun yang berpelepah, menyirip, ujungnya agak runcing, berduri halus, dan berwarna hijau kemerahan.

Tanaman yang banyak dijumpai di daerah Sumatera ini memiliki warna coklat kekuningan dengan tampilan yang mengkilap khas furnitur bergaya klasik. 

Rotan Semambu (Calamus scipionum Lour)

Jenis untuk furnitur berikutnya yaitu Semambu dengan karakteristik ukuran besar yang biasanya digunakan untuk membuat tongkat. Sifat bahannya yang kasar, menjadikan jenis ini juga banyak dipakai sebagai konstruksi furnitur. 

Tanaman yang tumbuh di Sumatera dan Kalimantan ini memiliki warna coklat kemerahan.

Rotan Dahanan (Korthalsia flagellaris Miq)

Jenis dahanan banyak dijadikan sebagai bahan tali-temali, keranjang, dan anyam-anyaman yang banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Warna jenis ini adalah coklat dengani tekstur yang kasar.

Sebaiknya variasi Dahanan dipakai sebagai material perabotan rumah yang membutuhkan anyaman. 

Rotan Jermasin (Calamus ecojolis Becc)

Variasi Jermasin banyak ditemukan di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan dengan ukuran yang  cukup kecil  yaitu diameternya 6-10 mm dan panjang ruasnya 15-40 cm. Tetapi, batangnya yang sangat kuat, menjadikan jenis ini juga banyak dimanfaatkan sebagai furnitur. 

Warnanya kekuningan dan mengkilap ketika sudah kering sehingga bisa menambah estetika furnitur.

Keunggulan Rotan Dibandingkan Material Lainnya 

Selain dari sisi tampilan, ada beberapa alasan mengapa tanaman ini populer dijadikan sebagai furnitur maupun keperluan lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan tanaman ini dibandingkan material lainnya: 

Harga yang Terjangkau 

Dengan kesan alami yang diciptakannya, ternyata harga rotan sangatlah terjangkau dibandingkan kayu asli. Sebab, furniture ini biasanya dibanderol dengan harga murah. Meskipun murah, kualitasnya tak kalah tinggi dibandingkan bahan lainnya.

Harga rotan setengah jadi dihargai sekitar Rp20.000 saja per kg. Ini bisa diolah untuk berbagai keperluan. 

Bobot yang Ringan 

Banyak orang memilih tanaman ini sebagai furnitur maupun keperluan lain karena bobotnya yang ringan jika dibandingkan berbahan kayu. Alasan inilah membuat tanaman ini dipakai untuk furniture yang sering dipindahkan. Pins bisa membuat berbagai perabot rumah tangga seperti kursi, meja, dan lemari dari material ini. 

Selain itu, memasang anyaman rotan sebagai partisi juga merupakan ide menarik, Pins! 

Memiliki Daya Tahannya yang Tinggi 

Walaupun ringan, nyatanya daya tahan material ini sangatlah tinggi. Bahkan, rotan mampu menahan beban sampai puluhan kilogram. Sehingga rotan sering dimanfaatkan untuk bahan dasar sofa dan tempat tidur.

Pins tak perlu khawatir furnitur dari bahan ini akan cepat rusak meskipun sudah dipakai bertahun-tahun. 

Mudah Dibentuk

Kelebihan ini menjadi cara paling mudah untuk membedakannya rotan dan bambu. Pasalnya, batangnya sangat lentur sehingga lebih mudah dibentuk. Hal inilah yang membuat tanaman satu ini menjadi favorit pengrajin yang bisa membuat olahan material ini bisa menjadi berbagai variasi bentuk.  

Perawatannya Tidak Sulit 

Jika furnitur dari kayu membutuhkan perawatan khusus karena rentan terkena rayap maupun lembab, maka tidak pada olahan rotan. Sebab, produk dari tanaman ini bisa dirawat dengan mudah.

Pins hanya perlu rutin membersihkan debu di sela-sela furnitur maupun barang lain dari rotan dengan memakai kuas. Untuk menjaga keawetannya, hindari barang dari tanaman ini terkena sinar matahari langsung, ya! 

Tertarik memanfaatkan rotan, Pins? Mengingat jenisnya yang banyak, pastikan Pins meluangkan waktu untuk berburu jenis yang berkualitas, ya! Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.