Pinhome

Tips Properti

Perencanaan Bangunan Tahan Gempa

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Perencanaan rumah tahan gempa di Indonesia bisa jadi sebuah persiapan berharga untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam gempa yang mampu menyebabkan berbagai kerusakan bangunan baik itu retak-retak kecil sampai akibat terparah yaitu kerobohan bangunan, berbagai inovasi teknologi rumah tahan gempa dilakukan penelitian secara terus menerus sehingga ditemukan sebuah konsep rumah tahan gempa terbaik yang mampu melindungi atau sekedar memberikan waktu untuk menyelamatkan diri ketika bencana gempa berlangsung karena sebagai manusia kita wajib berusaha dan berpikir semaksimal mungkin sedangka masalah keselamatan tuhan yang lebih tahu.

Dalam perencanaan rumah tahan gempa terdapat berbagai tips yang dapat dilakukan misalnya dengan cara memilih bahan bangunan tahan gempa serta menerapkan beberapa prinsip yang sebaiknya dipenuhi sehingga tercipta sebuah bangunan yang aman ketika bencana gempa berlangsung, berikut:

Ductility atau Duktilitas

Daktil disini berarti sebuah bangunan yang ulet dan kuat, setiap bagian struktur bangunan harus didesain secara detail dan kuat dengan memperhitungkan beban gempa yang mungkin terjadi pada lokasi pembangunan rumah tinggal.

Bentuk dan model bangunan

desain bangunan dibuat dengan bentuk yang aman terhadap beban gempa seperti pembuatan bentuk simetris baik secara vertikal maupun horizontal sehingga dapat dihindari pemusatan gaya gempa pada satu titik struktur bangunan sehingga memerlukan perkuatan yang lebih besar pada titik struktur tersebut.

Hubungan antar struktur bangunan

misalnya sambungan antara dinding dengan atap atau dinding dengan lantai didesain sedemikian rupa dengan pemilihan bahan bangunan yang tahan terhadap goncangan akibat gempa.

Bobot bangunan yang ringan

Semakin ringan bangunan maka resiko untuk tmengalami kerusakan akibat gempa akan semakin kecil karena besar gaya gempa yang diterima oleh bangunan adalah tergantung berat total bangunan dan besarnya percepatan gaya gempa yang terjadi. semaik besar berat total bangunan maka semakin besar gaya gempa yang diterima bangunan tersebut sehingga resiko untuk mengalami kerusakan menjadi besar.

Bangunan tahan terhadap kebakaran

Terjadinya bencana gempa dapat diikuti oleh resiko terjadinya kebakaran bangunan karena adanya goncangan sehingga memungkinkan bahaya membesarnya api pada kompor , lilin atau lampu penerangan lain serta terjadinya konsleting pada sambungan listik sehingga terjadi kebakaran bangunan disertai goncangan akibat gaya gempa, oleh karena itu perlu dipilih bahan bangunan yang tahan terhadap kebakaran serta pembuatan instalasi pertolongan pertama pemadam kebakaran pada bangunan seperti pemasangan instalasi sprinkler atau persediaan tabung pemadam kebakaran pada ruangan yang mempunyai resiko muncul percikan api penyebab kebakaran bangunan.

Struktur bangunan yang kuat

Desain struktur bangunan harus dibuat dengan benar dan teliti sehingga dipilih bahan bangunan serta dimensi struktur bangunan yang tahan terhadap gempa.

Apakah rumah anda sudah memenuhi prinsip rumah tahan gempa ?

Tags :

Bagikan Artikel