10 Desain Lemari Gantung Dapur Minimalis di 2022

Dipublikasikan oleh Omri Cristian ∙ 10 September 2022 ∙ 7 menit membaca

Cuma punya lahan terbatas untuk dapurmu, Pins? Atau, peralatan memasak yang dimiliki sangat banyak padahal ukuran dapur tidak terlalu besar? Jika demikian Pins dapat memanfaatkan lemari gantung dapur kecil minimalis ini sebagai solusinya.

Pemilihan lemari bisa menghabiskan lahan jika tidak tepat. Pins dapat mengandalkan lemari gantung yang memiliki keunggulan tidak memakan lahan terbatas. Namun, Pins juga tidak boleh sembarangan memilih karena harus menyesuaikan dengan konsep dapur yang dimiliki.

Baca juga :

Manfaat Lemari Gantung

Dari segi posisi dan desain lemarinya memang berbeda dari tempat penyimpanan pada umumnya. Namun, terdapat beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis lemari lain. Beriku ini beberapa kelebihan dari lemari gantung untuk dapur minimalis:

Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Manfaatnya yang pertama adalah memaksimalkan fungsi lemari. Pins dapat menaruh barang atau perabotan secara efisien karena tempat penyimpanan ini dapat ditaruh berbagai macam peralatan masak. Mulai dari aneka panci, spatula, piring, gelas bahkan bumbu dapur.

Lemari ini membuat barang-barang yang ada di dapur lebih rapih daripada harus bertumpuk di meja makan maupun kitchen sink. Tentunya, penataan ini membuat dapur Pins lebih sedap dipandang bukan?

Ruangan Lebih Lapang

Lemari gantung membuat ruangan lebih terasa luas. Lemari gantung memang dikenalsebagai space saving. Walaupun tidak memanfaatkan ruangan tersisapun namun penggunaannya dapat memberi kesan kelegaan sebab barang-barang tidak kentara terlihat di berbagai sudut.

Terkesan Rapi

Ruangan dapur Pins terlihat lebih rapi. Dengan penggunaan lemari gantung, Pins dapat meminimalisir barang yang biasanya berserakan. Dapur yang rapi dapat meningkatkan kebersihan dan keamanan saat Pins beraktivitas di area tersebut. Tentunya, Pins dapat menggunakan dapur lebih nyaman lagi bila barang-barang yang ada bisa tertata secara rapi, bersih dan aman.

Mempermudah Pencarian

Lemari gantung mampu mempermudah pencarian peralatan masak dan makan. Hal ini dikarenakan barang yang Pins miliki bisa disusun berdasarkan jenis fungsinya do lemari gantung. 

Misalnya, alat makan dapat disimpan di satu area yang sama. Begitu juga untuk bumbu dapur, bahan makanan maupun alat memasak. Penyusunan semacam ini membuat Pins lebih nyaman saat memasak sekaligus membuat dapur lebih rapi.

Enak Dipandang

Penggunaan lemari gantung di dapur membuat ruangan tidak lagi terasa sumpek sehingga siapa saja yang melihat dapur Pins pasti merasakan kenyamanan yang sama. Bagimana pun penataan dapur juga menggambarkan kepribadian pemiliknya. Apakah ia tergolong pribadi yang rapi atau minimalis. Tentunya Pins tidak ingin dipandang sebagai pribadi yang jorok, bukan?

Menjaga Barang Tetap Awet

Memanfaatkan lemari gantung di dapur Pins berarti juga Pins telah turut menjaga kualitas peralatan dapur. Barang-barang yang disusun di rak dengan rapi dalam tempat khusus tentunya akan barang dari kelecetan atau tergores. Selain itu, Pins juga dapat melindungi alat makan dan memasak aman dari ancaman serangga seperti kecoa apabila menyimpannya secara rapi di lemari gantung.

Tidak lupa bersihkan isi lemari secara teratur. Tujuannya agar lemari terhindar dari kelembaban. Hal ini juga mampu melancarkan sirkulasi udara. Tambahkan silica gel agar lemari tetap segar dan terhindar dari ngengat.

Baca juga : 10 Model Jendela Dapur Estetik Anti Pengap

10 Inspirasi Lemari Gantung Dapur

Apabila Pins tertarik mengggunakan lemari gantung, Pins dapat memanfaatkan dinding maupun atap sebagai tumpuannya dibandingkan lantai. Nah, berikut ini beberapa inspirasi lemari gantung yang bisa Pins tiru, baik tata letaknya ataupun model lemarinya:

Lemari 4 Pintu

lemari dapur gantung
(Pexels)

Jenis lemari 4 pintu umumnya dapat memakai bukaan keluar maupun geser. Rak lemari ini dapat terdiri atas dua lapisan maupun lebih. Namun, Pins harus memerhatikan lebar dinding sebelum menggunakan .

Pastikan untuk Pins dapat memposisikan lemari pada ketinggian yang masih dapat dijangkau. Salah satu letak yang tepat adalah jika diposisikan di atas kitchen sink.

Lemari 3 Pintu

lemari dapur gantung
(Pexels)

Bila lahan cenderung terbatas Pins dapat menggunakan lemari tiga pintu. Model lemari ini umumnya tidak lagi memakai gagang lemari namun mengandalkan selisih celah bukaan di bagian bawah lemarinya.

Untuk posisi, Pins dapat mengatur letak lemari bisa di atas jendela dapur. Selain itu, sebaiknya Pins memilih lemari dengan warna pastel agar ruangan terkesan lebih luas.

Letter L

lemari dapur gantung
(Unsplash)

Pins dapat memposisikan lemari gantung yang dibentuk letter L jika peralatan dapur cenderung lebih banyak. Untuk mendapatkan kesan hangat dan estetik, dapat juga dipilih lemari yang terbuat kayu.

Namun, perhatikan juga keselarasan antara lemari dengan elemen lainnya. Lemari yang Pins gunakan dapat tampil lebih baik apabila diselaraskan warnanya dengan meja bar dapur. Selain itu, apabila plafon cenderung rendah dapat dimaksimalkan ketinggian lemarinya hingga menyentuh langit-langit.

Lemari Kaca

lemari dapur gantung
(Unsplash)

Bukan hanya kayu, Pins dapat menggunakan lemari yang memakai kaca sebagai bahan lemari untuk mempermudah pencarian barang yang dibutuhkan. Peralatan memasak sudah terlihat jelas tanpa harus membuka lemari gantung.

Lemari ini juga sangat cocok diaplikasikan apabila Pins memiliki desain atau motif yang cantik. Penggunaan lemari ini di dalam dapur akan memberi kesan yang lebih estetik. Dengan demikian lemari kaca biasanya dipakai untuk menyimpan piring, teko, gelas dan alat makan lainnya bisa turut mempercantik dapur di rumah Pins.

Lemari Bergaya Rustic

lemari dapur gantung
(Pexels)

Gaya rustic akan sangat kental terasa apabila Pins mengaplikasikan lemari gantung dengan material kayu. Apalagi jika warna cokelatnya dibiarkan terlihat secara natural. Lemari dengan gaya ini nantinya bisa Pins kombinasikan dengan kaca bening atau lengkap dengan sekat didalamnya.

Umumnya lemari dapur dengan gaya rustic digunakan sebagai penyimpanan peralatan dapur berukuran kecil. Jadi, model ini sangat cocok untuk Pins yang memiliki ruang dapur kecil namun ingin tetap meningkatkan kesan mewah ditambahkan lampu dengan cahaya kuning.

Lemari Gantung Mini

lemari dapur gantung
(Pexels)

Tidak perlu lemari gantung dengan ukuran yang besar, Pins juga dapat memulai menyimpan barang dapur dengan lemari yang berukuran lebih kecil. Lemari gantung ini tidak membutuhkan banyak tempat. Material yang digunakan bisa berupa bahan metal seperti besi, aluminium hingga PVC yang solid.

Lemari dengan Bukaan Tersembunyi

lemari dapur gantung
(Unsplash)

Desain lemari yang menarik dan lebih minimalis adalah lemari yang memakai bukaan tersembunyi. Pegangan pintunya bisa dibentuk cekungan kecil atau model bukaan yang ditekan. Pins, juga dapat menambahkan cooker hood pada bagian bawahnya. Dengan begitu lemari yang Pins miliki akan terasa lebih multifungsi.

Rak Terbuka

lemari dapur gantung
(Unsplash)

Disebut sebagai lemari rak terbuka karena lemari ini tidak menggunakan pintu. Dengan demikian barang atau perabotan dapur yang disimpan di lemari bisa langsung terlihat jelas oleh Pins. Selain itu, keterbukaan pada lemari membuat Pins lebih mudah menaruh maupun meletakan peralatan pada rak tersebut. Jadi, lemari ini sangat cocok untuk Pins yang ingin serba simple.

Untuk pengaplikasiannya, Rak terbuka bisa dibangun di sudut yang tersisa di dinding dapur ataupun sambungan lemari kabinet. Dimensi model lemari ini biasanya berupa built-in sehingga tidak memakan banyak waktu lama dalam pemasangannya.

Lemari Stainless Steel

(Pexels)

Terdapat banyak material untuk lemari yang dapat Pins pilih, salah satunya adalah stainless steel. Material stainless steel dapat dipilih sebagai lemari gantung apabila Pins ingin menonjolkan kesan industrial yang kental di dalam dapur. Warna logam dapat Pins biarkan terlihat jelas agar memberi kesan bahwa lemari sangat kokoh dan dan berkualitas unggul.

Desain Klasik

(Unsplash)

Model lemari klasik cocok untuk Pins yang menginginkan tampilan sederhana di dapur. Dalam pengaplikasiannya, Pinsdapat memakai dua warna berbeda yang sangat kontras di lemari. Misalnya, saja putih dan tosca yang mana ada sisi gelap dan terang. Dengan kombinasi warna tersebut, Pins telah membuat dapur nampak menarik dan tidak monoton. Lemari gantung dapur kecil minimalis ini menjadi solusi tepat untuk dapur dengan lahan terbatas.

Demikian manfaat dapur gantung dan beberapa inspirasi yang bisa Pins gunakan kedepannya sebagai referensi saat ingin mendekor dapur di rumah. Pins dapat memilih model lemari yang cocok dengan konsep rumah dan dapur yang Pins inginkan. Semoga bermanfaaat, Pins!

Baca juga : 9 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia