BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Lemari Gantung Dapur Minimalis di 2023
0
0

10 Desain Lemari Gantung Dapur Minimalis di 2023

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 29, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cuma punya lahan terbatas untuk dapurmu, Pins? Atau, peralatan memasak yang dimiliki sangat banyak padahal ukuran dapur tidak terlalu besar? Jika demikian Pins dapat memanfaatkan lemari dapur gantung kecil minimalis ini sebagai solusinya.

Pemilihan lemari bisa menghabiskan lahan jika tidak tepat. Pins dapat mengandalkan lemari gantung yang memiliki keunggulan tidak memakan lahan terbatas. Namun, Pins juga tidak boleh sembarangan memilih karena harus menyesuaikan dengan konsep dapur yang dimiliki.

Rekomendasi KPR rumah ini juga menggunakan model lemari dapur gantung yang ikonik. Lewat aplikasi Pinhome kamu bisa menemukan rumah bekas di Kota Bogor seperti Pesona Ciputih atau rumah baru di Kabupaten Bekasi yang memiliki dapur dengan penyimpanan efektif dan efisien. Lewat fitur pencarian Pinhome kamu bahkan bisa memperoleh informasi properti dekat pusat perbelanjaan terkemuka seperti Transmart Cimahi.

Manfaat Lemari Dapur Gantung

Dari segi posisi dan desain lemari gantung dapur memang berbeda dari tempat penyimpanan pada umumnya. Namun, terdapat beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis lemari lain. Beriku ini beberapa kelebihan dari lemari gantung untuk dapur minimalis:

1. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Source : Pxhere

Manfaatnya yang pertama adalah memaksimalkan fungsi lemari. Pins dapat menaruh barang atau perabotan secara efisien karena tempat penyimpanan ini dapat ditaruh berbagai macam peralatan masak. Mulai dari aneka panci, spatula, piring, gelas bahkan bumbu dapur.

Lemari ini membuat barang-barang yang ada di dapur lebih rapih daripada harus bertumpuk di meja makan maupun kitchen sink. Tentunya, penataan ini membuat dapur Pins lebih sedap dipandang bukan?

2. Ruangan Lebih Lapang

Lemari dapur gantung membuat ruangan lebih terasa luas. Lemari gantung memang dikenal sebagai space saving. Walaupun tidak memanfaatkan ruangan tersisapun, penggunaannya dapat memberi kesan kelegaan sebab barang-barang tidak kentara terlihat di berbagai sudut.

3. Terkesan Rapi

Source : Pxhere

Ruangan dapur Pins terlihat lebih rapi. Dengan penggunaan lemari gantung, Pins dapat meminimalisir barang yang biasanya berserakan. Dapur yang rapi dapat meningkatkan kebersihan dan keamanan saat Pins beraktivitas di area tersebut. Tentunya, Pins dapat menggunakan dapur lebih nyaman lagi bila barang-barang yang ada bisa tertata secara rapi, bersih dan aman.

4. Mempermudah Pencarian

Lemari dapur gantung mampu mempermudah pencarian peralatan masak dan makan. Hal ini dikarenakan barang yang Pins miliki bisa disusun berdasarkan jenis fungsinya di lemari gantung. 

Misalnya, alat makan dapat disimpan di satu area yang sama. Begitu juga untuk bumbu dapur, bahan makanan maupun alat memasak. Penyusunan semacam ini membuat Pins lebih nyaman saat memasak sekaligus membuat dapur lebih rapi.

5. Enak Dipandang

Source : Pexels

Penggunaan lemari gantung di dapur membuat ruangan tidak lagi terasa sumpek sehingga siapa saja yang melihat dapur Pins pasti merasakan kenyamanan yang sama. Bagimana pun penataan dapur juga menggambarkan kepribadian pemiliknya. Apakah ia tergolong pribadi yang rapi atau minimalis. Tentunya Pins tidak ingin dipandang sebagai pribadi yang jorok, bukan?

6. Menjaga Barang Tetap Awet

Memanfaatkan lemari gantung di dapur Pins berarti juga Pins telah turut menjaga kualitas peralatan dapur. Barang-barang yang disusun di rak dengan rapi dalam tempat khusus tentunya akan barang dari kelecetan atau tergores. Selain itu, Pins juga dapat melindungi alat makan dan memasak aman dari ancaman serangga seperti kecoa apabila menyimpannya secara rapi di lemari gantung.

Tidak lupa bersihkan isi lemari secara teratur. Tujuannya agar lemari terhindar dari kelembaban. Hal ini juga mampu melancarkan sirkulasi udara. Tambahkan silica gel agar lemari tetap segar dan terhindar dari ngengat.

Baca juga:

10 Inspirasi Lemari Gantung Dapur

Apabila Pins tertarik mengggunakan lemari dapur gantung, Pins dapat memanfaatkan dinding maupun atap sebagai tumpuannya dibandingkan lantai. Nah, berikut ini beberapa inspirasi lemari dapur gantung yang bisa Pins tiru, baik tata letaknya ataupun model lemarinya:

1. Lemari 4 Pintu

lemari dapur gantung
Source : Pexels

Jenis lemari 4 pintu umumnya dapat memakai bukaan keluar maupun geser. Rak lemari ini dapat terdiri atas dua lapisan maupun lebih. Namun, Pins harus memerhatikan lebar dinding sebelum menggunakan .

Pastikan untuk Pins dapat memposisikan lemari dapur gantung pada ketinggian yang masih dapat dijangkau. Salah satu letak yang tepat adalah jika diposisikan di atas kitchen sink.

Baca juga: 10 Model Jendela Dapur Estetik Anti Pengap

2. Lemari 3 Pintu

lemari dapur gantung
Source : Pexels

Bila lahan cenderung terbatas Pins dapat menggunakan lemari tiga pintu. Model lemari ini umumnya tidak lagi memakai gagang lemari namun mengandalkan selisih celah bukaan di bagian bawah lemarinya.

Untuk posisi, Pins dapat mengatur letak lemari dapur gantung bisa di atas jendela dapur. Selain itu, sebaiknya Pins memilih lemari dengan warna pastel agar ruangan terkesan lebih luas.

3. Letter L

lemari dapur gantung
Source : Unsplash

Pins dapat memposisikan lemari gantung yang dibentuk letter L jika peralatan dapur cenderung lebih banyak. Untuk mendapatkan kesan hangat dan estetik, dapat juga dipilih model lemari dapur gantung yang terbuat kayu.

Namun, perhatikan juga keselarasan antara lemari dengan elemen lainnya. Lemari yang Pins gunakan dapat tampil lebih baik apabila diselaraskan warnanya dengan meja bar dapur. Selain itu, apabila plafon cenderung rendah dapat dimaksimalkan ketinggian model lemari dapur gantung hingga menyentuh langit-langit.

4. Lemari Kaca

lemari dapur gantung
Source : Unsplash

Bukan hanya kayu, Pins dapat menggunakan lemari yang memakai kaca sebagai bahan lemari untuk mempermudah pencarian barang yang dibutuhkan. Peralatan memasak sudah terlihat jelas tanpa harus membuka lemari gantung.

Lemari ini juga sangat cocok diaplikasikan apabila Pins memiliki desain atau motif yang cantik. Penggunaan lemari ini di dalam dapur akan memberi kesan yang lebih estetik.

Dengan demikian lemari kaca biasanya dipakai untuk menyimpan piring, teko, gelas dan alat makan lainnya bisa turut mempercantik dapur di rumah Pins.

5. Lemari Bergaya Rustic

lemari dapur gantung
Source : Pexels

Gaya rustic akan sangat kental terasa apabila Pins mengaplikasikan lemari gantung dengan material kayu. Apalagi jika warna cokelatnya dibiarkan terlihat secara natural.

Lemari dengan gaya ini nantinya bisa Pins kombinasikan dengan kaca bening atau lengkap dengan sekat didalamnya. Umumnya lemari dapur gantung dengan gaya rustic digunakan sebagai penyimpanan peralatan dapur berukuran kecil.

Jadi, model ini sangat cocok untuk Pins yang memiliki ruang dapur kecil namun ingin tetap meningkatkan kesan mewah ditambahkan lampu dengan cahaya kuning.

6. Lemari Gantung Mini

lemari dapur gantung
Source : Pexels

Tidak perlu lemari dapur gantung dengan ukuran yang besar, Pins juga dapat memulai menyimpan barang dapur dengan lemari yang berukuran lebih kecil. Lemari gantung ini tidak membutuhkan banyak tempat. Material yang digunakan bisa berupa bahan metal seperti besi, aluminium hingga PVC yang solid.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari dan Rumah Secara Alami

7. Lemari dengan Bukaan Tersembunyi

lemari dapur gantung
Source : Unsplash

Desain lemari yang menarik dan lebih minimalis adalah lemari yang memakai bukaan tersembunyi. Pegangan pintunya bisa dibentuk cekungan kecil atau model bukaan yang ditekan.

Pins, juga dapat menambahkan cooker hood pada bagian bawahnya. Dengan begitu lemari yang Pins miliki akan terasa lebih multifungsi.

8. Rak Terbuka

lemari dapur gantung
Source : Unsplash

Disebut sebagai lemari rak terbuka karena lemari ini tidak menggunakan pintu. Dengan demikian barang atau perabotan dapur yang disimpan di lemari bisa langsung terlihat jelas oleh Pins.

Selain itu, keterbukaan pada lemari membuat Pins lebih mudah menaruh maupun meletakan peralatan pada rak tersebut. Jadi, lemari ini sangat cocok untuk Pins yang ingin serba simple.

Untuk pengaplikasiannya, Rak terbuka bisa dibangun di sudut yang tersisa di dinding dapur ataupun sambungan lemari kabinet. Dimensi model lemari ini biasanya berupa built-in sehingga tidak memakan banyak waktu lama dalam pemasangannya.

9. Lemari Stainless Steel

Source : Pexels

Terdapat banyak material untuk lemari yang dapat Pins pilih, salah satunya adalah stainless steel. Material stainless steel dapat dipilih sebagai lemari gantung apabila Pins ingin menonjolkan kesan industrial yang kental di dalam dapur. Warna logam dapat Pins biarkan terlihat jelas agar memberi kesan bahwa lemari sangat kokoh dan dan berkualitas unggul.

10. Desain Klasik

Source : Unsplash

Model lemari klasik cocok untuk Pins yang menginginkan tampilan sederhana di dapur. Dalam pengaplikasiannya, Pinsdapat memakai dua warna berbeda yang sangat kontras di lemari. Misalnya, saja putih dan tosca yang mana ada sisi gelap dan terang.

Dengan kombinasi warna tersebut, Pins telah membuat dapur nampak menarik dan tidak monoton. Lemari gantung dapur kecil minimalis ini menjadi solusi tepat untuk dapur dengan lahan terbatas.

Demikian manfaat lemari dapur gantung dan beberapa inspirasi yang bisa Pins gunakan kedepannya sebagai referensi saat ingin mendekor dapur di rumah. Pins dapat memilih model lemari yang cocok dengan konsep rumah dan dapur yang Pins inginkan.

Baca juga: 9 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download