BlogPemilik PropertiDesain HunianWajib! Cek Kualitas Bangunan Sebelum Membeli Rumah
0
0

Wajib! Cek Kualitas Bangunan Sebelum Membeli Rumah

Dipublikasikan oleh Ranaka Adhitama dan Diperbarui oleh Ranaka Adhitama

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cek kualitas bangunan sebelum membeli rumahtop-right-banner

Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum membeli rumah adalah cek kualitas bangunan tersebut. Tips ini cukup penting dilakukan, terutama ketika membeli rumah seken atau rumah yang sudah jadi. 

Untungnya, ada beberapa poin penting yang bisa jadi patokan ketika memeriksa kualitas bangunan rumah yang hendak dibeli. Simak daftar lengkapnya di sini, yuk!

Cara Cek Kualitas Bangunan Sebelum Membeli Rumah

Memeriksa kualitas konstruksi bangunan bukan perkara yang mudah. Pins tentu harus menjadwalkan survei rumah dengan pihak developer perumahan. Penasaran apa saja yang perlu dilihat ketika cek bangunan sebelum membeli rumah? Ini poin pentingnya!

Baca juga: Inilah 20 Jenis Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah yang Wajib Diketahui!

Mempelajari tanah tempat rumah dibangun

cek kualitas bangunan
Source : Pexels

Pins tahu tidak kalau kualitas dan jenis tanah tempat rumah dibangun sangat menentukan. Jenis tanah berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Sementara itu, jenis tanah menentukan apakah mampu menopang pondasi bangunan

Jika menjumpai tanah rumah yang akan dibangun kaya akan tanah liat atau tanah kapas hitam, sebaiknya hindari. Pasalnya, kedua tanah tersebut cenderung mudah membengkak dan menyusut tergantung pada tingkat kelembapan dan air. 

Bila bingung, kamu bisa bertanya kepada agen atau developer untuk memahami sifat tanah.

Menilai desain struktur bangunan

Source : Pexels

Pada saat cek kualitas bangunan, kamu disarankan untuk menilai desain struktur bangunan juga. Sebagai masyarakat awam, Pins mungkin kesulitan memahami seluk-beluk struktur rumah. 

Maka dari itu, kamu bisa meminta bantuan ahli bangunan untuk menilai desain dan pondasi rumah yang akan dibeli. Calon pembeli rumah biasanya perlu melihat apakah bangunan tersebut tahan gempa hingga ketersediaan pintu keluar darurat. 

Mengecek ketebalan dinding rumah

cek kualitas bangunan
Source : Pexels

Umumnya, developer properti akan menyebutkan berapa lebar dinding rumah yang akan dibeli. Pins bisa mencoba menekan-nekan dinding. Bila bisa membuat lubang dengan mudah, tanyakan kepada developer tentang campuran beton bangunan. 

Jangan lupa ketuk dinding dengan jari-jari untuk memeriksa lubang atau pemakaian kayu lapis di dalamnya. Ini karena beberapa developer sering menggunakan dinding kayu lapis untuk menambah kekuatan struktur. Sayangnya, rayap bisa merusak kayu lapis jika tidak dirawat dengan baik. 

Baca juga: Kenapa Jarak antar Bangunan Rumah Itu Penting

Mempertimbangkan kualitas cat yang dipakai

Source : Pexels

Pada saat survei rumah untuk cek kualitas bangunan, coba pertimbangkan kualitas cat yang developer pakai. Bahkan, retakan kecil bisa menunjukkan kualitas merk cat dinding

Selain itu, kurangnya perawatan bisa jadi penyebab retakan dinding dan dapat bertambah seiring berjalannya waktu. Di sisi lain, merk cat dinding terbaik bisa meningkatkan daya tarik visual dan daya tahan dinding. 

Melihat campuran beton bangunan rumah

cek kualitas bangunan
Source : Pexels

Struktur bangunan rumah tentu harus memiliki kapasitas untuk menahan beban yang berat. Jika tidak, bangunan rumah akan cepat runtuh dan berisiko bagi para penghuni di dalamnya. 

Umumnya, developer properti bertugas memantau kualitas dan kekuatan beton. Namun, beberapa dari mereka terkadang sulit menyiapkan campuran dan memeriksa beton setiap saat. Alhasil, mereka memilih beton siap pakai sebagai alternatif. 

Pins bisa kok melihat bagaimana kualitas beton bangunan rumah. Pertama, kamu bisa meminta merk beton yang digunakan untuk konstruksi dan salinan kuitansi pembeli.

Pins juga dapat menusuk palu melalui dinding beton sebagai cara kadua. Bila paku masuk ke dinding dengan mudah, kualitas beton rumah tersebut tidak bisa diandalkan. 

Memeriksa plester dinding interior

Source : Pexels

Jika membeli rumah baru, Pins bisa mengecek kerapian pekerjaan kontraktor dari plester dinding bagian dalam. Bila ada kesalahan pengerjaan, artinya ada retakan serabut pada beberapa sisi. Retakan ini bisa membesar saat dinding akan dicat. 

Baca juga: Pertanyaan Sebelum Membeli Rumah Kepada Developer

Mengecek kualitas kamar mandi

Source : Pexels

Kualitas kamar mandi yang dibuat ternyata penting untuk dilihat ketika cek kualitas bangunan sebelum beli rumah. Cara menilai kualitas keramik, kloset, wastafel, atau bidet adalah memeriksa secara keseluruhan. 

Seluruh kelengkapan kamar mandi harus nyaman digunakan. Jangan lupa cek retakan keramik kamar mandi dengan mengetuk bagian tersebut secara perlahan. Bila ada suara serak, artinya ada retakan di dalam. 

Jangan lupa periksa aliran atau kecepatan air, jenis keran yang digunakan, dan seberapa mudah mengganti atau menemukan bagian-bagiannya. Pins bisa juga melihat ubin kamar mandi yang dipakai. Bila ingin lebih aman, sebaiknya minta pembangun menggunakan ubin anti-selip. 

Melihat kelengkapan dan perlengkapan rumah

Source : Pexels

Cara periksa kelengkapan yang ada di kamar mandi ternyata bisa kamu terapkan ketika mengecek kualitas pembangunan di dapur. Pastikan perlengkapan dapur yang disediakan tidak mengalami kebocoran air atau retak. 

Periksa juga semua sambungan listrik, mulai dari saklar, kipas angin, sambungan lampu, hingga fasilitas AC. Aspek listrik merupakan komponen penting karena ketika tidak sesuai standar tentu bisa memicu risiko kecelakaan, kerusakan, atau cedera serius.

Nah, itu tadi beragam tips yang bisa Pins coba saat cek kualitas bangunan sebelum membeli rumah. Dengan lebih teliti, kamu bisa mendapatkan rumah yang bebas bocor, kuat, dan tahan lama. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca juga: Ini Dia 11 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sulawesi Mandai dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download