Rumah Domes Prambanan Sleman, Deretan Rumah Teletubbies yang Unik

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 20 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Nama “Teletubbies” tidak asing lagi ditelinga, dulu di Indonesia pernah diputar Teletubbies sebagai serial anak-anak. Dulu Teletubbies sangat populer dan digemari anak-anak. Hingga kini, nama “Teletubbies” masih terngiang di telinga kita.

Jogja ternyata ada kampung Teletubbies loh. Kampung yang rumah-rumah penduduknya dibangun dengan desain menyerupai rumah Teletubbies. Unik banget bukan? Sebenarnya kampung tersebut bernama “Kampung Nglepen”. Namun karena rumah-rumah penduduk dibangun seperti rumah teletubbies, maka orang-orang menyebutnya dengan nama “Kampung Teletubbies”.

Ada sekitar 80 rumah teletubbies di kampung ini, dan jika dilihat dari ketinggian nampak berjajar rapi dan sangat unik. Rumah teletubbies berbentuk seperti kubah, lebih tepatnya berbentuk dome.

Baca juga: Jalan-jalan Asyik ke Hartono Mall Jogja, Ada Apa Saja, Ya?

Panorama Desa Rumah Domes Prambanan

Kawasan kampung teletubbies ini menjadi sorotan media dan menjadikan para pengunjung berdatangan di sana. Sehingga menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Adapun nama wisatanya adalah Rumah Domes Prambanan. Buat kamu yang berada di Sleman dan sekitarnya, coba deh kepoin wisata unik satu ini. Rumah teletubbies menjadi spot foto yang kece banget loh.

rumah domes prambanan
(El Jogn News)

Di Rumah Domes Prambanan ini, pengunjung juga bisa menikmati wahana permainan, misalnya saja seperti ayunan, papan seluncur, kereta mini, dan lain-lain. Sedangkan fasilitas umum yang tersedia di sana diantaranya seperti area parkir, toilet, gazebo, warung makan, dan lain-lain.

Desa Wisata Domes ini selalu dikunjungi wisatawan setiap harinya, dan pada hari libur, pengunjung mengalami lonjakan yang lumayan banyak. Jadi, bila kamu butuh tempat berlibur yang asyik, tempat ini bisa menjadi alternatif wisata yang menarik.

Lokasi Rumah Domes Prambanan Sleman

Desa wisata ini lokasinya terletak di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata ini luasnya mencapai 2 hektar, dengan bangunan yang dibangun semenjak tahun 2006 setelah terjadinya gempa yang mengguncang Jogja.

Baca Juga: Berwisata Malam ke Taman Pelangi Jogja

Rute Menuju Rumah Domes Prambanan Sleman

Lokasi wisata ini sebenarnya berada di kawasan jalur utama penghubung antara Prambanan dengan Piyungan. Rute bisa melalui dua jalur, yaitu Jalan Wonosari dan Jalan Solo.

Dari Wonosari menuju Prambanan, sebelum sampai di Tanjakan Piyungan – Patuk, silahkan ambil arah ke kiri menuju Prambanan. Nanti ada papan petunjuk ke kanan menuju lokasi.

rumah domes prambanan
(Solo Traveler)

Bila melewati Jalan Solo silahkan mengarah ke Prambanan. Sesampainya di pertigaan Prambanan, silahkan ambil arah kanan menuju ke Piyungan. Nanti ada papan petunjuk ke kiri menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk Rumah Domes Prambanan Sleman

Buat kamu yang ingin masuk di wisata ini, maka kamu harus membayar tiket seharga Rp 5.000/ orang. Bila ingin menginap di sana, maka dikenai biaya sebesar Rp 120.000/ malam.

Baca Juga: 17 Tempat Camping di Jogja dengan Suasana Alam yang Indah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti seperti rumah baru di Yogyakarta dan perumahan di Yogyakarta & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.