Serba Serbi Plafon PVC dan Model yang Bisa Jadi Inspirasi

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 25 January 2022 ∙ 6 menit membaca

Salah satu hal yang patut diperhatikan saat membangun rumah adalah plafon yang berfungsi membatasi ruangan dengan atap rumah. Nah, ada begitu banyak model plafon yang tersedia di pasaran dan salah satunya yaitu plafon PVC.

Bagi Pins yang masih kurang paham apa itu plafon PVC dan berbagai kelebihan serta kekurangannya, simak ulasannya di sini! Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hunian yang sesuai dengan selera dan kebutuhan, deh.

Apa Itu Plafon PVC?

Plafon PVC (Polyvinyl chloride) adalah plafon yang terbuat dari bahan dasar pipa air. Bahan dasar pipa air ini dikenal memiliki ketahanan yang kuat akan tekanan air yang deras dan tidak mudah pecah.

Walau begitu, proses pembuatan plafon PVC tidak sama dengan PVC untuk pipa air. Bahan plafon PVC terdiri dari dua jenis, yaitu bahan yang keras dan bahan plastik yang fleksibel. Jenis plafon PVC yang fleksibel biasa digunakan sebagai komponen struktur bangunan.

Sementara itu, jenis PVC yang fleksibel menjadi bahan dasar dari plafon PVC. Dengan bahan tersebut, tentu model plafon PVC memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang patut diperhatikan.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Plafon yang Bagus dan Punya Kesan Minimalis

Kelebihan Plafon PVC

Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang menggunakan plafon PVC sebagai langit-langit atap sebuah rumah. Banyak konsumen yang menggemari plafon PVC karena kaya akan keunggulannya dibandingkan

Dewasa ini sudah banyak konstruksi rumah yang menggunakan plafon PVC sebagai langit-langit atap sebuah rumah. Banyak konsumen yang menggemari plafon PVC karena kaya akan keunggulannya dibandingkan dengan plafon yang terbuat dari gypsum.

Anti Rayap

Kelebiha plafon PVC yang bisa jadi pertimbangan adalah anti rayap. Alhasil, plafon ini tidak akan mudah keropos dalam waktu lama hingga puluhan tahu karena terbuat dan bahan berkualitas, kuat, serta tidak mudah pecah.

Anti Bocor

Selain anti rayap, plafon PVC terbuat dari bahan yang anti air sehingga anti terhadap bocor. Jadi, Pins tidak perlu khawatir ketika hujan besar dan berkelanjutan bisa menyebabkan kebocoran rumah.

Mudah Dipasang

Pins tahu tidak kalau proses pemasangan plafon PVC cenderung mudah? Ini berkat bobot plafon yang ringan sehingga bisa menghemat waktu ketika membangun rumah. Cocok deh untuk kamu yang ingin memasang plafon PVC di ruang tamu atau kamar tidur.

Baca juga: 13 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

Menawarkan Warna dan Desain yang Menarik

Dibandingkan plafon gypsum atau triplek, PVC menawarkan model yang lebih menarik dengan pilihan warna plafon yang bervariasi. Alhasil, kamu bisa menentukan mana desain plafon untuk rumah minimalis yang lebih cantik.

Kekurangan Plafon PVC

Walau menawarkan sederet kelebihan, tidak menutup kemungkinan plafon PVC memiliki beragam kekurangan yang patut jadi perhatian. Berikut ini beberapa kekurangan dari plafon PVC.

Perlu Ekstra Teliti

Kekurangan pertama dari plafon PVC adalah hasil pemasangan list biasanya kurang rapat karena bentuk sekrup yang digunakan untuk merapatkan list tersebut seringkali harus mengikuti rangka yang digunakan. Dalam proses pemasangannya, Pins perlu lebih ekstra teliti supaya menghindari resiko dari kekurangan ini.

Punya Bobot Terlalu Ringan

Selanjutnya kekurangan yang juga kelebihan dari plafon PVC adalah bobotnya yang ringan. Meski pemasangan lebih mudah dan hemat waktu karena bobot yang ringan, hal tersebut juga memberi kekurangan pada plafon PVC berupa pemasangan rangka hollow yang cukup berjarak. Bobot yang ringan dan rangka yang renggang akan berpotensi roboh jika terbebani sesuatu yang berat.

Tidak Ramah Lingkungan

Tidak seperti plafon berbahan triplek, bahan PVC sulit untuk didaur ulang jika sudah tidak terpakai, Dapat diartikan bahwa bahan PVC ini tidak termasuk yang ramah lingkungan. Bahan utamanya pun terbuat dari klorin yang diyakini berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun, senyawa ini akan mengancam ketika berubah menjadi gas.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC yang Perlu Kamu Ketahui!

Harga Tergolong Lebih Mahal

Kekurangan terakhir yang dapat Pins jadikan pertimbangan adalah harga yang cukup mahal untuk mendapatkan plafon PVC. Memang seimbang dengan keunggulannya yang jempolan. Namun, hal tersebut sangat bertentangan ketika Pins menerapkan pembangunan rumah yang hemat. Jika Pins tidak memiliki kelebihan dana, alangkah baiknya Pins lakukan perhitungan kembali pada budgeting konstruksi rumah.

Model-model Plafon PVC

Berikut ini beragam beragam model plafon PVC terbaru yang Pins terapkan di ruangan yang ada di rumah minimalis kamu!

Model Plafon PVC untuk Kamar Tidur

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih memasang plafon PVC di kamar tidur adalah hadir dengan motif kayu. Model plafon satu ini bisa dirancang dalam tekstur dan hasil akhir sesuai dengan keinginan kamu, termasuk model kayu.

Pins bisa mengombinasikan bahan plafon dengan kayu gelondongan tradisional untuk mendekorasi ruangan. Ini juga bertujuan mengurangi penggunaan plastik di dalam kamar tidur.

Model Plafon PVC untuk Ruang Tamu

Bagi Pins yang ingin ruang tamu dengan kesan yang lebih mewah bisa menggunakan plafon PVC sebagai alternatif. Kamu bisa memasang potongan lembaran PVC dan menampilkan pencahayaan yang tersembunyi di sela-sela PVC. Pins juga dapat menempelkan lampu dan kipas sebagai tambahan.

Model Plafon PVC untuk Kantor

Tidak hanya untuk rumah minimalis, pemasangan plafon PVC kerap dijumpai di gedung perkantoran, lho. Pasalnya, plafon PVC cenderung mudah dirawat dengan harga yang cukup terjangkau.

Pins bisa memasang atap dan menutupinya dengan lapisan strip PVC untuk menampilkan kesan trendi. Jangan lupa tambahkan lampu di kedua sisi plafon untuk menciptakan lingkungan yang nyaman saat berdiskusi dengan rekan kerja.

Baca juga: Perbandingan Plafon Gypsum dan Plafon Asbes

Desain Plafon PVC untuk Dapur

Mengingat PVC terbuat dari plastik, plafon ini bisa menolak air dan menjaga dari kelembapan berlebih sehingga cocok dipakai di dapur. Bila ingin mendapatkan ruangan dapur yang terkesan mewah, kamu bisa memasang langit-langit panel PVC berwarna putih.

Jika terkena noda atau minyak, kamu cukup mengelap bagian tersebut dengan kain basah untuk membersihkannya. Sayangnya, paparan panas yang terlalu sering berisiko melepaskan racun berbahaya di dalam ruangan. Jadi, kamu tetap perlu ekstra waspada ya.

Desain Plafon PVC untuk Lobi

Lobi merupakan titik pertama yang diperhatikan pengunjung, terutama di kantor besar dan mall komersial. Guna mempercantik interior lobi, kamu bisa memanfaatkan plafon PVC dengan desain futuristik. Hal ini bisa terwujud bisa memasang lembaran plastik dan lampu yang tersembunyi di alur plafon.

Nah, itu tadi kumpulan model plafon PVC yang bisa jadi bahan referensi kamu. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga.

Lifestyle
Lifestyle 20 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan, Terjangkau & Tahan Banting

Apakah kamu seorang mahasiswa maupun lulusan baru yang mengincar laptop murah? Daftar rekomendasi l

Lifestyle
Lifestyle 12 Laptop Core i7 Termurah dari Berbagai Merek

Untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan perangkat multitasking, fitur utama yang harus dimiliki

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Model Pagar Hebel yang Unik untuk Rumah Minimalis

Model pagar hebel dijadikan inspirasi pagar rumah yang menarik. Hebel sendiri merupakan bata ringan

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

Kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela bisa menjadi komponen penting untuk mempercantik tampil

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia