BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah di Pegunungan
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah di Pegunungan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 30, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Merancang Rumah di Pegunungantop-right-banner

Memiliki rumah di pegunungan bisa jadi merupakan impian banyak orang. Selain sebagai rumah tinggal, biasanya desain rumah di pegunungan juga bisa difungsikan sebagai rumah untuk beristirahat atau biasa disebut sebagai villa.

Rumah yang berada di pegunungan juga memiliki lingkungan yang bersih dan udara yang sejuk. Suasana pegunungan yang tenang dan tenang biasanya menjadi pertimbangan kamu untuk memilikinya.

Namun Pins tidak bisa terburu-buru untuk memiliki hunian di atas gunung. Karena struktur tanah dan beberapa hal lainnya harus menjadi pertimbangan Pins sebelum membangun hunian di atas gunung. Sebelum Pins memantapkan diri untuk membangun rumah di pegunungan. Inilah 10 ide desain rumah di pegunungan dan tips membangunnya.

Baca Juga:

Desain Rumah di Pegunungan Kabin Kecil

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Ide rumah dengan konsep kabin kecil ini bertemakan \”lari ke alam\”. Rumah ini sangat cocok untuk Pins yang pada waktu libur ingin menikmati keindahan dan ketenangan alam. Pins juga bisa membuat kolam renang kecil yang berisikan air hangat untuk menikmati keindahan alam. Dengan begitu tubuh Pins masih tetap hangat meskipun udara pegunungan yang cukup dingin.

Desain Rumah di Pegunungan Cottage Tua

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Desain ini sangat cocok jika Pins memiliki lahan di tengah pegunungan atau dataran lembah. Paduan antara cottage dan hamparan rerumputan akan memberikan ketenangan ketika memandangnya.

Pins bisa membuat cottage dengan beton pada dinding dan menggunakan kayu untuk atapnya. Dengan begitu rumah akan tetap kokoh dan situasi di dalam cottage akan tetap hangat.

Desain Rumah di Pegunungan Wigwam

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Wigwam merupakan rumah yang sering digunakan oleh penduduk asli Amerika. Pins bisa membuat desain rumah di pegunungan yang terinspirasi dari Wigwams. Permukaan melengkung dari wigwam menjadikannya tempat berlindung yang ideal di berbagai jenis iklim dan bahkan kondisi cuaca terburuk.

Desain Rumah di Pegunungan Kemah Modern

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Desain ini sangat cocok untuk Pins yang ingin membuat rumah kemah dengan bergaya mewah. Desain ini dibuat oleh Monica Garza yang merupakan orang Meksiko. Itulah kenapa desain ini menekankan pada teras yang cukup luas untuk tempat barbeque dan bersantai bersama keluarga.

Desain Rumah di Pegunungan Kabin Modern

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Jika desain sebelumnya mengedepankan pada sisi kesederhanaan. Desain kabin ini justru menonjolkan kesan modern. Bagian depan kabin menggunakan kaca agar bisa melihat dengan jelas pemandangan yang ada. Sementara pintu masuk diletakan pada bagian belakang kabin. Pins juga bisa menggunakan tirai besar untuk menutupi bagian dalam kabin jika ingin beristirahat.

Desain Rumah di Pegunungan Log Kanada

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Desain ini sering dijumpai di Kanada. Bagian pondasi di sengaja menggunakan batang kayu yang masih dalam bentuk gelonggongan. Hal ini memberikan kesan menarik pada rumah.

Desain Rumah di Pegunungan Modern

rumah di pegunungan modern
Source : Shutterstock

Seperti namanya, rumah di buat dengan gaya modern yang penuh dengan sudut. Pins bisa menggunakan beton sebagai pondasi dan kaca besar untuk dinding rumah. Selain itu estetika, kaca juga membuat pandangan Pins pada lingkungan sekitar jauh lebih luas.

Desain Rumah di Pegunungan Japanese

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Desain ini sering di jumpai pada rumah-rumah orang Jepang. Rumah di buat mungil menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Namun desain ini sangat powerfull karena Pins bisa memberikan sentuhan artistik pada sekitar rumah. Pins bisa menambahkan kolam kecil yang bisa diisi ikan dan bebera tanaman hijau indah lainnya.

Desain Rumah di Pegunungan Igloo

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Rumah berbentuk setengah bola ini terinpirasi dari Igloo yang merupakan rumah khas orang-orang di kutub. Desain setengah bola ini tidak hanya bisa tahan pada cuaca ekstrim. Namun udara di dalam rumah tetap hangat meskipun di luar sedang dingin.

Desain Rumah di Pegunungan Bambu

desain rumah di pegunungan
Source : Shutterstock

Desain rumah menggunakan bambu ini kerap di jumpai di daerah Bali. Struktur bambu tidak hanya kuat namun bambu juga salah satu material yang tahan lama jika digunakan untuk bangunan.

Tips Membuat Desain Rumah Pegunungan

Ada beberap tips yang harus Pins ikuti jika ingin memuat desain rumah di pegunungan.

Karakteristik Konstruksi Utama

Konsep rumah di pegunungan
Source : Pixabay

Membangun hunian di atas kemiringan kontur lereng yang curam, dengan rata-rata kemiringan bisa mencapai 30 derajat hingga 50 derajat, memerlukan beberapa teknik khusus. Di samping itu, diperlukan konstruksi kolom-kolom struktur utama yang dapat menopang dengan kuat bangunan rumah bertingkat.

Pins sangat dianjurkan untuk memilih desain dasar sebagaimana desain rumah panggung modern. Hal ini bertujuan untuk menghindari beberapa dampak buruk alam, misalnya kerusakan lahan. Selain itu juga hindari menggunakan teknik cut and fill, sehingga resapan air hujan masih dapat dimaksimalkan oleh lereng.

Baca Juga: 

Konsep Bangunan

Atap rumah di pegunungan
Source : Pixabay

Hunian dapat Pins rancang dengan desain rumah yang mengusung konsep art deco. Prinsip arsitektur ini dikenal lebih modern dan dapat menjadi ciri khas bangunan. Aplikasi konsep art  deco itu dapat Pins sematkan pada wujud bangunan yang didominasi oleh bentuk-bentuk geometris sekaligus bersih dari ornamen yang berkesan rumit.

Pins juga bisa mempertegas desain dengan susunan garis horizontal pada lantai. Sehingga deretan tiang strukturalnya bisa memiliki kesan yang lebih ramping.

Atap Rumah dan Ruang Rekreasi

Karakteristik rumah di pegunungan
Source : Pixabay

Bukaan lebar dibuat di setiap sudut rumah sehingga memaksimalkan cahaya dimana-mana dan pemandangan indah pegunungan dapat dilihat secara jelas dari dalam rumah. Selain itu sirkulasi udara bisa lebih lancar di dalam rumah sehingga rumah tetap bersih dan segar.

Atap rumah dibuat dengan datar serta dihiasi dengan tanaman rambat yang menguatkan kesan green yang menawan. Hal ini juga upaya untuk menyatukan hunian dengan alam sekitarnya yang hijau dan astri.

Sebagai hunian sekaligus tempat istirahat, maka rumah di lereng pegunungan memiliki fungsi ganda. Pertama sebagai sarana rekreasi yang nyaman dan menarik. Kedua sebagai tempat istirahat.

Beberapa hal dapat Pins upayakan untuk memaksimalkan tujuan tersebut.  Contohnya membangun kolam renang di lantai bawah dengan konstruksi menggantung (overhang) yang unik. Disamping dek kolam renang itu Pins dapat membangun tangga ke lantai bawah yang menghubungkannya dengan taman.

Taman dapat Pins rancang sedemikian rupa dengan gazebo. Fungsinya sebagai tempat bersantai dan melepas lelah. Membangun hunian bukan hanya untuk tempat tinggal selepas kerja. Namun juga tempat beristirahat.

Setiap hunian juga mencirikan karakteristik sang pemilik rumah. Sehingga Pins harus memikirkannya matang-matang terlebih dahulu apa saja yang akan dilakukan jika ingin membuat desain rumah pegunungan.

Baca juga: Bangun Rumah Sendiri Tanpa Jasa Desain


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bumi Aroepala dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download