Pinhome

Tips Properti

Tips Mengoptimalkan Tempat Penyimpanan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Keberadaan lahan sempit di rumah Anda harus Anda siasati dengan membuat desain tempat penyimpanan sebaik mungkin. Jika tidak demikian, rumah Anda bisa berubah menjadi gudang. Walhasil, kesan berantakan dan kotor akan terekam bagi siapa saja yang berkunjung ke rumah Anda. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, rumah Anda juga tidak terjaga kebersihan serta kesehatannya. Padahal dua hal tersebut merupakan aspek penting yang harus terpenuhi ketika Anda mendesain rumah.

Rumah yang mungil bukan berarti Anda tidak bisa mendesain tempat penyimpanan yang rapi dan efisien. Sebelum Anda membuat tempat penyimpanan, buatlah perencanaan yang matang terlebih dulu. sehingga kelak tempat penyimpanan tersebut tidak sekedar berfungsi sebagai tempat penyimpanan biasa namun juga bisa mencitakan nilai artistik bagi rumah Anda. Ada banyak ragam tempat penyimpanan yang bisa Anda pilih. Antara lain berupa ambalan (lemari barang), rak – rak bertingkat serta laci. Untuk penyimpanan dalam skala besar Anda bisa menggunakan ruangan tersendiri yang bisa difungsikan sebagai tempat menyimpan perabot rumah yang berukuran besar.

Untuk tempat penyimpanan berskala kecil, Anda bisa menambahkan laci pada kolong tempat tidur dengan aplikasi berdiri sendiri. Oleh karena itu Anda bisa membuatkan lemari tersendiri dengan ukuran sesuai dengan ukuran kolong tempat tidur Anda.

desain rumah autocad

Furnitur dalam rumah juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan. Misalkan credenza TV bisa digunakan untuk menampung seluruh koleksi CD maupun DVD Anda. Atau bisa memanfaatkan meja makan yang dilengkapi dengan laci penyimpanan.

Bagian ruangan yang kosong bisa pula Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan juga. Misalnya ruang sempit di bawah tangga. Anda bisa mendesain lemari khusus dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan space yang tersedia. Demikian pula bagian bawah wastafel dan bagian atas plafond juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Desain tempat penyimpanan perlu mempertimbangkan jenis dan ukuran barang yang akan disimpan. Selain itu, Anda dituntut pula untuk memperhatikan penataannya. Desain tempat penyimpanan harus dibuat semenarik mungkin, dari aspek bentuk, warna serta dimensinya.

Untuk penempatan barang – barang yang sering digunakan sebaiknya ditaruh pada tempat penyimpanan yang mudah dijangkau. Sebaliknya, barang – barang yang jarang digunakan tidak masalah jika ditaruh pada tempat penyimpanan yang susah dijangkau semisal di atas plafond.

Ada baiknya Anda mendesain furnitur yang multifungsi. Artinya selain berfungsi sebagai perabot sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Dengan cara ini akan bisa membuat pemanfaatan ruangan Anda lebih efektif dan efisien. Selain itu juga bisa merapikan  barang – barang sehingga tidak berantakan dan bisa tersimpan dengan rapi.

Mensiasati tempat penyimpanan di rumah yang mungil tak sesulit yang Anda bayangkan. Hanya saja Anda dituntut untuk banyak berkreasi.  Namun Anda tak perlu bingung karena sekarang ini sudah banyak referensi semisal buku, majalah, maupun gambar – gambar di internet yang mencontohkan desain tempat penyimpanan yang menarik bagi rumah mungil Anda. Selamat berkreasi!

Tags :

Bagikan Artikel