Pinhome

Desain Toilet Untuk Lansia, 100% Aman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Apakah perlu membuat desain toilet untuk lansia? Nah hal seperti inilah yang sering Pins abaikan yaitu membuatkan toilet khusus bagi para orang tua yang telah lanjut usia. Orang tua yang telah lanjut usia sering  mengalami kesulitan pada saat ke kamar mandi atau toilet. Sehingga kita sering mendengar bahkan pernah melihat beberapa orang tua yang terjatuh dan terpeleset di toilet.

Nah untuk itu Pins sebagai anak dan peduli akan keselamatan para orang tua kita khususnya orang tua yang sudah lanjut usia. Pins harus mengantisipasi kejadian-kejadian tersebut yaitu dengan cara membuat desain toilet untuk lansia.

Baca Juga:

Cara Desain Toilet Untuk Lansia

Ada beberapa hal yang harus dilakukan  dalam desain toilet untuk lansia, yaitu diantaranya sebagai berikut

Membuatkan Pegangan ( Handrail)

Pegangan ini akan membantu para lansia untuk berpegangan pada saat didalam toilet, sehingga mampu menghindari terjadinya kecelakaan atau terjatuh di dalam toilet. Pasanglah pegangan ini ke beberapa titik tempat yang sekiranya sering dilewati oleh para lansia. Gunakan lah Pegangan atau handrail yang terbuat dari stainless steel karena bahan ini tidak mudah berkarat.

Baca Juga:

Gunakan Keramik Bertekstur Kasar

Hindari keramik yang memiliki tekstur halus , karena keramik yang bertekstur halus akan licin apabila tersiram oleh air. jadi sebaiknya gunakan keramik memiliki motif atau bertekstur kasar sehingga tidak akan mudah licin pada saat kondisi keramik basah. Selain itu anda juga bisa menggunakan alas berbentuk karpet .

Desain toilet untuk lansia
(Pixabay)

Hindari Lantai Yang Bertingkat

Karena para lansia sering lupa,dan tidak begitu fokus memperhatikan jalan ,  sehingga  lantai yang memiliki tingkatan akan beresiko  kesandung dan akhirnya terjatuh.

Gunakan Kloset Duduk

Untuk para lansia sangat cocok menggunakan kloset duduk. Hindari menggunakan kloset jongkok, karena apabila para lansia menggunakan kloset duduk  akan lebih mudah capek, pegal, dan nyeri hal ini dikarenakan otot otot kaki tidak mampu lagi menahan beban terlalu lama.

Baca Juga:

Desain toilet untuk lansia
(Pixabay)

Gunakan Shower

Penggunaan shower akan lebih memudahkan para lansia  dari pada menggunakan bathtub, hal ini dikarenakan permukaan bathtub cenderung licin  sehingga kemungkinan besar akan mudah menyebabkan orang tua terjatuh dan terpeleset.

Penggunaan Cahaya Atau Lampu

lampu sangat memberikan peran penting dalam pencahayaan di kamar mandi. Jadi Pilihlah lampu sesuai dengan kenyamanan mereka.

Tempat duduk

Para orang tua yang sudah lanjut usia akan lebih mudah merasakan capek, lelah, pegal, dan nyeri. Nah dengan pemasangan tempat duduk didalam toilet bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak.

Itulah beberapa cara desain toilet untuk lansia. Semoga artikel kali ini menjadi salah satu referensi untuk anda, dan tentunya semoga bermanfaat.

Baca Juga :

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel