Pinhome

Uncategorized

Tips Membangun Ruang Kerja di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tren untuk bekerja dari rumah saat ini semakin merebak. Seiring dengan banyaknya generasi muda yang lebih memilih pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, seperti internet marketer, membuat blog, freelance atau pekerjaan telekomunikasi lainnya. Hal tersebut yang menjadikan munculnya ruang kerja yang ada di rumah. Berikut ini tips membangun ruang kerja di rumah untuk kenyamanan dan produktifitas, antara lain :

Memilih lokasi ruang kerja yang sesuai

Pada saat anda sudah memutuskan untuk bekerja di rumah, maka hal itu pasti akan menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam ruang kerja. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi ruang kerja yang cukup tepat. Pilih ruangan di rumah anda yang paling pas untuk dijadikan sebuah ruang kerja. Jangan sampai memilih ruangan yang hampir selalu dilewati oleh para anggota keluarga lainnya pada setiap menit. Hal tersebut akan mengganggu konsentrasi di dalam bekerja dan jangan sampai produktifitas kerja menjadi terganggu karena salah dalam memilih ruang kerja.

ruang kerja di rumah
ruang kerja di rumah

Jangan meletakkan barang yang tidak berguna

Jangan karena anda seorang penggemar bola, maka meletakkan puluhan bola di ruang kerja dan hanya akan memenuhi ruangan. Pilihlah beberapa barang yang harus memilik fungsi untuk menunjang pekerjaan. Seperti misalnya apabila anda seorang hobi bola dan ruang kerja membutuhkan proses tulis menulis, maka belilah tempat pensil atau pena yang berbentuk bola.

Mengatur pencahayaan ruang

Aturlah pencahayaan ruang kerja dengan baik. Selain untuk membuat kenyamanan, hal ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Anda pasti tidak ingin bekerja di ruangan yang terlalu gelap dan cahaya kurang, sementara mata terlalu banyak melihat ke arah monitor yang memberikan cahaya yang terang. Posisikan juga arah monitor komputer, supaya tidak ada pantulan cahaya matahari yang berasal dari jendela atau terkena pantulan cahaya lampu yang terlalu tajam yang dapat membuat anda kesulitan untuk melihat layar monitor.

Memberikan ruang gerak untuk tubuh

Walaupun ruang kerja anda sempit jangan korbankan jatah ruang untuk tubuh. Jangan meletakkan barang – barang terlalu dekat dengan posisi duduk, untuk memastikan anda bisa mengerak-gerakkan tangan atau kaki untuk meregangkan otot, tanpa terhalang oleh barang-barang di sekitar tempat kerja. Atur ruang kerja supaya tubuh bisa meregangkan otot, berjalan-jalan sebentar, merubah posisi tempat duduk atau berpindah posisi pada saat bekerja.

Beberapa tips diatas dapat anda coba dalam mendesain ruang kerja di rumah. Semoga bisa untuk membantu di dalam mendesain dan menata ruang kerja di rumah supaya tetap produktif dan bekerja secara lebih optimal. Ruang kerja yang nyaman tentu akan membuat anda lebih giat bekerja. Oleh karena itu sebisa mungkin aturlah tempat kerja senyaman mungkin.

Tags :

Bagikan Artikel