BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Kamar Tidur Dengan Tanaman Agar Indah dan Asri
0
0

10 Ide Desain Kamar Tidur Dengan Tanaman Agar Indah dan Asri

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain kamar tidur dengan tanaman bisa jadi pilihan alternatif untuk menciptakan udara bersih dalam ruangan. Tanaman tidak hanya sebagai dekorasi ruangan saja namun mampu melepas oksigen pada siang hari.

Beberapa tanaman dalam ruangan mampu membersihkan udara kotor. Selain itu desain kamar tidur dengan tanaman membuat ruangan terasa lebih asri dan indah. Berikut beberapa ide desain kamar tidur dengan tanaman yang bisa jadi referensi!

Kamar Tidur dengan Sekat Pot Tanaman

Desain kamar tidur dengan tanaman sebagai sekat
Pexels

Tanaman bisa menjadi pembatas antar ruangan jika lahan terbatas. Misalnya pada unit apartemen studio yang hanya memiliki ukuran  20-35 meter persegi. Sekat didesain dalam bentuk pot semen.

Sekat ini bisa menampung beberapa tanaman sekaligus khususnya yang berukuran kecil. Misalnya saja tanaman kaktus, sirih gading  maupun lidah buaya. Tanaman ini tidak butuh banyak air maupun cahaya matahari dalam tumbuh kembangnya.

Kaktus mampu menyerap senyawa karbon dalam ruangan. Sementara sirih gading bisa menyerap racun berbahaya di atmosfer.

Baca juga:

Kamar Tidur dengan Dried Flower

Desain kamar tidur dengan tanaman kering
Unsplash

Desain kamar tidur dengan tanaman hidup memang menyegarkan ruangan. Namun jika Pins bepergian dalam waktu lama maka tanaman mudah mati karena tak terurus. Tanaman yang sudah mati tersebut juga bisa menimbulkan bau tidak sedap bila tak segera disingkirkan.

Nah, bagi Pins yang tak selalu ada di rumah dapat beralih ke dried flower. Bunga kering selain cantik sebagai pajangan juga mampu sebagai pengharum ruangan. Jenis bunga kering yang biasa digunakan untuk hiasan adalah lagurus, cotton flower, setaria dan lainnya.

Kamar Tidur dengan Tanaman Merambat

Desain kamar tidur dengan tanaman merambat
Unsplash

Kamar tidur dengan lahan sempit akan sulit meletakkan tanaman dalam pot. Oleh karena itu solusinya adalah tanaman rambat yang biasanya tidak memiliki bunga dan berdaun lebat.

Beberapa jenis tanamannya adalah spider plant, philodendron, ivy swedia, syngonium atau air mata pengantin. Tanaman rambat bisa Pins jadikan hiasan tempat tidur.

Kamar Tidur dengan Headboard Tanaman

desain kamar tidur dengan tanaman sebagai headboard
Pexels

Pins bosan dengan headboard polos tanpa motif menarik? Bagaimana jika mencoba headboard dari tanaman ini. Celah antara dinding dan ranjang bisa disisakan sebagai tempat menarik tanaman berdaun lebar.

Pins bisa mengisinya dengan monstera, kuping gajah, begonia, calathea, gelombang cinta dan lainnya. Tanaman ini memiliki daun yang lebar sehingga bagus jika dijadikan dekorasi headboard.

Dinding headboard bisa terbuat dari kaca transparan maupun buram. Bila memakai kaca buram maka pilih yang berwarna putih atau lengkapi dengan lampu. Dengan begitu headboard akan memperlihatkan bayangan dari tanaman tersebut.

Baca juga:

Kamar Tidur dengan Hiasan Pohon Natal

desain kamar tidur dengan tanaman pohon natal
Pexels

Desain kamar tidur dengan tanaman selanjutnya adalah memanfaatkan pohon natal. Pohon natal yang semula hanya ada saat perayaan christmas dapat Pins manfaatkan sebagai hiasan ruangan.

Lengkapi pula dengan lampu warna warni agar kesan hangat terpancar. Hiasan pohon natal ini cocok pula untuk gaya interior klasik maupun industrial.

Kamar Tidur dengan Tanaman Di Ambalan

Pexels

Untuk menempatkan tanaman dalam kamar tidur tak perlu menyediakan lahan luas. Pins bisa membangun ambalan tepat di atas tempat tidur dan menempatkan pot tanaman kecil.

Kombinasikan dengan pajangan dari kayu seperti nampan hias. Ambalan mudah dipasang dan Pins dapat menambahkannya ke atas maupun ke samping jika membutuhkan space lebih banyak.

Kamar Tidur dengan Floating Shelves

Unsplash

Desain kamar tidur bergaya urban jungle juga sering memanfaatkan floating shelves. Manfaatkan rak ini sebagai tempat untuk menaruh tanaman hias. Floating shelves sebaiknya terbuat dari bahan metal seperti besi atau baja ringan.

Bahannya ringan namun kuat dalam menahan beban. Rangka metal seperti ini sering pula dipakai sebagai standing lamp. Pilih rangka dengan warna gold agar ruangan terasa lebih ceria.

Kamar Tidur dengan Sudut Tanaman Palem

Unsplash

Meskipun hanya menempatkan tanaman palem di sudut ruangan sudah mampu menampilkan kamar tidur yang asri. Apalagi warna tanaman yang kontras dengan furnitur maupun cat dinding kamar tidur akan mampu menonjolkan area ini.

Tanaman palem juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas udara. Bila ruangan umumnya kering maka tanaman palem mampu meningkatkan kelembaban udara di ruangan tersebut.

Kamar Tidur dengan Tanaman Gantung

Pexels

Dinding batu-bata yang terekspos akan semakin menarik jika dikombinasikan dengan tanaman gantung. Tanaman gantung ini biasanya berupa tanaman rambat yang batang daunnya menjuntai ke bawah.

Kesan hangat pada interior ini semakin terasa dengan didukung furnitur dari kayu. Apalagi jika penggunaan lampu di kamar tidur memakai cahaya kuning kemerahan yang hangat.

Baca juga: Fungsi & Tips Desain Balkon Kamar Tidur Agar Semakin Cozy

Kamar Tidur dengan Atap Tanaman

Unsplash

Pins dapat bereksperimen dengan menciptakan atap tanaman pada area santai di kamar tidur. Desain seperti ini sangat cocok untuk ruangan yang luas dengan balkon kamar tidur.

Tanaman mampu menjadi dekorasi plafon kamar tidur yang unik. Pins bisa memilih tanaman rambat berbunga seperti alamanda atau flame of irian atau lainnya yang memiliki bunga berwarna terang.

Desain kamar tidur dengan tanaman bisa menjadi pilihan menciptakan tropical room yang asri dan indah. Tanaman yang digunakan tak selalu tanaman hidup namun bisa pula bunga kering yang berbau harum.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ciera Residence Sidoarjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download