Pinhome

Tips Properti

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Rumah Terlalu Terang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Segala hal yang berlebihan jelas tidak baik, termasuk jika rumah terpapar sinar matahari terlalu terik. Diketahui bersama bahwa salah satu syarat rumah sehat adalah jika kondisi di dalam rumah bisa mendapatkan cukup sinar matahari.

Ini jelas bertujuan untuk menjauhkan rumah dari kelembaban yang tak hanya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan sekaligus juga bagi kondisi fisik bangunan secara keseluruhan.

Rumah yang lembab, jelas tak sehat dan tentu jauh dari kata nyaman untuk ditinggali. Selain itu, kondisi perabotan serta struktur bangunan rumah tentu terpengaruh dengan kelembaban, dan pastinya bisa membawa dampak negatif.

Sebaliknya, rumah yang terlampau terang dan terpapar sinar matahari berlebihan, akan menjadikan suhu dalam rumah meningkat yang menjadikan suasana panas. Sudah pasti berada di dalam bangunan rumah semacam ini juga akan terasa tak nyaman.

rumah terlalu terang

Berikut ada beberapa tips, atasi rumah yang terpapar sinar matahari terlalu terik, atau suasana rumah yang terlampau terang di waktu siang.

Hindari Cat Tembok Berwarna Putih, Perbanyak Tanaman Bisa Jadi Solusi

Banyak faktor yang menjadikan sebuah rumah terlalu terang atau terpapar sinar matahari berlebihan. Salah satunya adalah karena posisi rumah yang memang menghadap ke arah datangnya cahaya matahari, posisi rumah yang lebih tinggi dibanding rumah lainnya, seperti di pedesaan yang berlokasi di perbukitan juga bisa jadi salah satu faktor. Berikut ada beberapa tips untuk mengatasinya.

Putih Bukan Pilihan Warna Yang Pas Untuk Cat Tembok

Hindari mengecat dinding rumah dengan warna putih, mungkin memang terlihat bersih. Tapi jika hal itu dilakukan untuk rumah yang terpapar sinar matahari berlebihan bisa jadi akan merefleksi cahaya matahari berlebihan yang membawa efek menyilaukan.

Masih Terlalu Panas Atau Silau, Pasang Kerai Bambu

Jika sinar matahari masuk dari arah depan rumah, ada baiknya jika dipasang kerai bambu yang berfungsi untuk menghalangi cahaya matahari masuk terlalu banyak ke dalam rumah.

Tanam Lebih Banyak Tanaman

Menanam lebih banyak tanaman akan menghasilkan suasana sejuk, karena oksigen yang diproduksi oleh tanaman di siang hari. Selain itu, tanaman juga berfungsi sebagai penyerap refleksi cahaya matahari.

Tak Perlu Nyalakan AC Jika Terlalu Terik, Cukup Buka Jendela

Kinerja AC yang terpapar sinar matahari terik, akan berkurang. Oleh karena itu, ada baiknya AC tidak dinyalakan. Untuk meningkatkan sirkulasi udara, kipas angin mungkin ide yang bagus. Buka sebanyak mungkin jendela agar udara panas tidak terjebak di dalam ruangan yang pasti menjadikan suasana rumah semakin tak nyaman.

Kelambu Berbahan Transparan Bisa Untuk Mengurangi Intensitas Cahaya

Gorden atau kelambu biasa didesain dua rangkap, ini dimaksudkan untuk banyak hal salah satunya bagian gorden yang transparan bisa dipakai di siang hari untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk kedalam rumah.

Tags :

Bagikan Artikel