BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan yang Benar
0
0

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan yang Benar

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 23, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara memasang rangka atap baja ringantop-right-banner

Cara pemasangan rangka atap baja ringan yang baik adalah dimulai dari perencanaannya. Hal ini dikarenakan pelaksanaan yang baik tanpa dilakukan perencanaan struktur baja ringan yang benar bisa jadi menyebabkan kerobohan. Akibat pemilihan bentuk dan ukuran profil baja yang dibawah batas minimal kebutuhan untuk menahan beban bangunan. Simak artikel ini untuk mengetahui cara pemasangan rangka atap baja ringan yang benar!

Kamu bisa loh memiliki rumah yang tak kalah bagusnya dan menarik pandangan mata di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Jika rumah tersebut ingin kamu renovasi sedemikian rupa, kamu dapat memanfaatkan Pengajuan KPR.

Baca Juga: Tips Mendesain Atap Rumah Paling Mudah

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Untuk memudahkan perhitungan rangka atap baja ringan dapat menggunakan software khusus atap baja ringan. Sudah dapat dipastikan benar dan dapat digunakan untuk merencanakan rangka atap. Pemasangan rangka atap baja ringan harus dilakukan oleh tukang bangunan yang benar-benar ahli untuk melaksanakan pekerjaan ini.

Sehingga didapatkan kulaitas pekerjaan yang baik dan kuat. Pengecekan sambungan harus selalu dilakukan untuk memastikan seluruh bagian atap dapat berdiri dengan kokoh. Berikut ini beberapa cara pemasangan rangka atap baja ringan yang dapat diikuti:

Persiapan Sebelum Memasang Atap Baja Ringan

cara pemasangan atap baja ringan
Source : Pinterest

Sebelum Pins mengetahui bagaimana cara pemasangan atap baja ringan. Ada beberapa persiapan yang harus Pins lakukan terlebih dahulu:

1. Merencanakan Desain Atap

Penting untuk Pins merencanakan desain atap dan menghitung berapa kebutuhan atap baja ringan yang pas untuk hunian Pins. Hal ini agar Pins tidak overbudget dan menyianyiakan bahan yang ada. Selain itu Pins juga harus bisa menghitung kemiringan atap hunian Pins. Kemiringan atap ini akan sangat mempengaruhi jumlah atap yang akan digunakan.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

2. Perizinan dan Peraturan

Source : DinasPekerjaanUmumKotaMagelang

Kedua, penting untuk kamu memeriksa perizinan yang sah mengikuti peraturan pembangunan yang ada. Pastikan kamu telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku dan mendapatkan izin untuk menjalankan konstruksi pengerjaan bangunan.

3. Alat dan Bahan

Kamu harus menyiapkan alat dan bahan sebelum memulai pengerjaan bangunan. Hal ini termasuk baja ringan itu sendiri, sekrup atau paku khusus baja ringan, alat pengukur, level, gergaji, bor, alat penanda dan alat pemotong baja ringan. Jangan lupakan alat pelindung diri seperti helm, kacamata, sarung tangan, dan pelindung telinga ya Pins!

Baca juga: 17 Contoh Model Atap Baja Ringan Untuk Rumah

4. Tim dan Bantuan

Source : iStock

Jika kamu berencana untuk memasang atap baja ringan seorang diri itu tidak masalah, namun alangkah baiknya terdapat bantuan dari orang lain agar pekerjaan tersebut cepat tuntas. Ditambah lagi, bantuan dari orang yang sudah berpengalaman dalam konstruksi atap.

5. Jumlah Beban

Penting untuk melakukan pencatatan dan perhitungan beban guna menentukan kekuatan yang dibutuhkan pada kuda-kuda baja ringan. Pastikan bahwa kuda-kuda tersebut dipasang dengan kokoh dan stabil, serta dilengkapi dengan angkur (dynabolt) pada kedua titik penopangnya.

6. Pengukuran dan Pemotongan

Source : iStock

Penting sekali Pins telah melakukan pengukuran yang tepat untuk menghitung panjang maupun dimensi material baja ringan yang diperlukan. Gunakan alat pemotong yang tepat dan sesuai ukurannya.

Agar atap baja ringan bisa kuat dan memiliki daya tahan yang bagus, Pins harus membangun struktur pendukung seperti kolom. Fungsi dari kolom ini membuat atap menjadi lebih stabil meskipun diterpa angin kencang.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan yang Benar

cara pemasangan atap baja ringan
Source : Pinterest

Cara pemasangan rangka atap baja ringan dapat dilakukan setelah Pins menyiapkan persiapan yang ada sebelumnya. Berikut beberapa langkah pemasangannya yang benar:

1. Memasang Tiang Utama

Pertama-tama, Pins akan memasang tiang utama. Tiang ini Pins pasang di titik-titik yang telah ditentukan dalam perencanaan. Pastikan tiang-tiang tersebut ditempatkan dengan tepat dan tegak lurus karena tiang tersebutlah yang akan menjadi pondasi utama bagi seluruh struktur atap.

Baca juga: Perlu Tahu! Ini Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan dengan Penutup Seng Galvalum

2. Memasang Rangka Penyangga

Source : iStock

Selanjutnya, Pins akan memasang rangka penyangga di bawah tiang utama. Rangka penyangga ini akan memberikan dukungan kekuatan tambahan dan membantu menjaga kestabilan struktur atap kamu.

3. Memasang Balok Penopang

Berikutnya, Pins akan memasang balok penopang di atas rangka penyangga. Balok penopang ini akan membentuk rangka atap utama yang akan menopang baja ringan. Pasang dengan merata dan kuat ya!

Baca juga: 9 Ide Model Pagar Baja Ringan Minimalis yang Bisa Jadi Pilihan

4. Memasang Baja Ringan

Source : iStock

Setelah semuanya telah siap, maka kamu dapat memasang baja ringan di atas balok penopang. Pastikan baja ringan terpasang dengan benar, dan pastikan untuk mengencangkan semua sekrup atau paku dengan kuat.

5. Memasang Penutup Atap

Jika baja ringan telah terpasang, maka selanjutnya kamu dapat memasang penutup atap. Penutup atap ini dapat seperti lembaran logam, genteng, kaca, atau bahan atap lainnya.

Baca juga: 15 Kelebihan dan Kelemahan Atap Baja Ringan

6. Selesaikan Detail Pemasangan

Source : iStock

Selesaikan semua detail pemasangan seperti merapikan sekrup, penutupan sambungan, pemasangan pelat sambungan, dan pemasangan pelengkap lainnya untuk memastikan keamanan dan baja ringan sudah terpasang dengan benar.

7. Pemeriksaan dan Perawatan

Langkah terakhir ketika semuanya telah terpasang adalah melakukan pemeriksaan ulang dan perawatan. Lakukan pemeriksaaan ulang secara menyeluruh untuk memastikan bahwa semuanya terpasang dengan baik dan benar. Pastikan tidak ada bagian yang kurang kencang, longgar, atau bahkan rusak.

Pins jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin sesuai dengan petunjuk produsen untuk memastikan atap tetap dalam kondisi yang baik selama tahun-tahun mendatang, karena pemakaian atap ini dapat berlangsung secara jangka panjang

Demikian langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk cara pemasangan rangka atap baja ringan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: Atapku


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download