BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Pemasangan Atap Baja Ringan
0
0

Cara Pemasangan Atap Baja Ringan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara memasang rangka atap baja ringantop-right-banner

Cara pemasangan atap baja ringan yang baik adalah dimulai dari perencanaannya. Karena pelaksanaan yang baik tanpa dilakukan perencanaan struktur baja ringan yang benar bisa jadi menyebabkan kerobohan. Akibat pemelihan bentuk dan ukuran profil baja yang dibawah batas minimal kebutuhan untuk menahan beban bangunan.

Untuk memudahkan perhitungan dapat digunakan software atap baja ringan. Sudah dapat dipastikan benar dan dapat digunakan untuk merencanakan rangka atap. Pemasangan rangka atap baja ringan harus dilakukan oleh tukang bangunan yang benar-benar ahli untuk melaksanakan pekerjaan ini. Sehingga didapatkan kulaitas pekerjaan yang baik dan kuat. Pengecekan sambungan harus selalu dilakukan untuk memastika seluruh bagian atap dapat berdiri dengan kokoh.

Baca Juga: 

Persiapan Sebelum Memasang Atap Baja Ringan

Sebelum Pins mengetahu bagaimana cara pemasangan atap baja ringan. Ada beberapa persiapan yang harus Pins lakukan terlebih dahulu.

cara pemasangan atap baja ringan
Source : Pinterest

Menghitung Kebutuhan dan Kemiringan Atap Baja Ringan

Penting untuk Pins mengukur dan menghitung berapa kebutuhan atap baja ringan yang pas untuk hunian Pins. Hal ini agar Pins tidak overbudget dan menyianyiakan bahan yang ada.

Selain itu Pins juga harus bisa menghitung kemiringan atap hunian Pins. Kemiringan atap ini akan sangat mempengaruhi jumlah atap yang akan digunakan.

Struktur Pendukung

Agar atap baja ringan bisa kuat dan memili daya tahan yang bagus, Pins harus membangun struktur pendukung seperti kolom. Fungsi dari kolom ini membuat atap menjadi lebih stabil meskipun diterpa angin kencang.

9 Cara Pemasangan Atap Baja Ringan

cara pemasangan atap baja ringan
Source : Pinterest

Cara pemasangan atap baja ringan dapat dilakukan setelah seluruh bagian rangka atap baja ringan sudah terpasang dengan benar. Berikut beberapa langkahnya.

  1. Pencarian dan pembuatan data-data yang akan digunakan sebagai bahan perencanaan struktur baja ringan seperti tabel profil baja ringan yang berisi bentuk dan berat baja ringan per m, pembuatan data geometri struktur seperti rencana bentuk bangunan dan ukuranya.
  2. Perencanaan struktur rangka atap yang menghasilkan bentuk dan ukuran baja yang kuat untuk digunakan sebagai dudukan finishing penutup atap.
  3. Pembuatan gambar rangka atap baja ringan disertai dengan posisi sambungan dan keterangan penggunaan bahan pada setiap bagian rangka atap.
  4. Langkah berikutnya yaitu paabrikasi dengan cara membuat potongan masing-masing bagian rangka atap sesuai dengan gambar yang sudah dibuat sebelumnya, pabrikasi dapat dilakukan di pabrik produsen penjual baja ringan atau bisa juga dibuat dilokasi proyek pembangunan.
  5. Setelah struktur rangka atap baja ringan dibuat dengan bentuk sesuai dengan perencanaan maka langkah selanjutnya adalah pekerjaan pengukuran untuk menentukan titik-titik lokasi pemasangan sesuai dengan gambar rangka atap baja ringan.
  6. Sampai disini pemasangan sudah dapat dilakukan dimulai dari bagian struktur utama seperti kuda-kuda kemudian dilanjutkan dengan struktur penguat.
  7. Pemasangan sambungan harus benar dan selalu dikontrol apakah sudah baik untuk menghindari keruntuhan atap.
  8. Pemasangan penutup atap dapat dilakukan setelah seluruh bagian atap struktur rangka atap baja ringan terpasang penuh dan sudah dikontrol kebenaran pemasanganya.
  9. Cara pemasangan atap baja ringan sedah selesai dan ditutup dengan pemasangan atap.

Demikan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memasang baja ringan. Berbagai inovasi dan kratifitas dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil pemasangan baja ringan terbaik serta awet tahan lama.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download