Pinhome

9 Contoh Konstruksi Atap Miring Satu Sisi yang Benar dan Menarik

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 14 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Atap adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah rumah. Oleh karena itu atap selalu harus dirancang dengan sangat matang supaya tidak ada kecacatan dalam pembangunannya. Hal ini karena peran atap yang sangat penting bagi rumah, mulai dari melindungi dari air hujan dan teriknya matahari, debu-debu yang dibawa angin, hingga hewan-hewan yang bisa saja masuk ke dalam rumah melalui atap. Pins sudah pernah lihat konstruksi atap miring satu sisi di rumah-rumah?

Desain atap semakin berkembang dari tahun ke tahun. Banyak sekali desain atap modern yang telah diaplikasikan pada rumah tanpa mengurangi fungsinya. Salah satu jenis atap yang saat ini cukup populer adalah atap miring satu sisi. Jika Pins juga tertarik dengan desain atap yang satu ini, simak yuk inspirasi konstruksi atap miring satu sisi yang menarik lewat ulasan di bawah ini!

Atap Miring dari Beton

Desain konstruksi atap miring satu sisi yang satu ini sangat populer dan telah banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Desainnya yang sangat unik dan materialnya yang tidak perlu diragukan lagi membuat atap miring dari beton ini sangat diminati. 

Beton dengan kualitas yang sangat baik membuat atap jauh lebih tahan lama dan kuat. Pins bisa menggunakan beton pada keseluruhan atap atau dipadukan dengan kayu pada bagian depan dinding rumah sehingga memberikan tone warna yang berbeda.

Atap Miring dengan Dinding Kayu

(Pinterest)

Ya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dinding kayu memang sangat cocok dipadukan dengan desain konstruksi atap miring. Hal ini akan membuat tampilan rumah sangat modern, hangat namun tetap fresh dan natural. 

Pins bisa menggunakan dinding kayu ini sebagai dinding keseluruhan rumah yang dipadukan dengan panel-panel kaca agar membuat rumah semakin terlihat elegan dan modern. 

Atap Miring dengan Dak

(Pinterest)

Desain konstruksi atap miring satu sisi ini bisa menjadi salah satu inspirasi kamu. Pins bisa membangun dak beton pada bagian teras yang akan melindungi teras dan garasi dari teriknya matahari dan juga air hujan. 

Tampilannya yang sangat kokoh akan membuat rumah kamu sangat elegan dan juga mewah. Pins bisa menambah beberapa ornamen seperti kisi-kisi kayu atau hal lainnya yang akan membuat tampilan atap miring dengan dak di rumah semakin keren.

Atap Miring dengan Paduan Kaca

(Pinterest)

Hal selanjutnya yang bisa menjadi opsi desain kamu dalam membangun konstruksi  atap miring satu sisi adalah dengan memadukannya dengan kaca. Ya, kaca memang identik dengan tampilan rumah modern yang sehat. 

Penggunaan kaca ini memungkinkan rumah mendapatkan sinar matahari lebih banyak sehingga sirkulasi udara rumah jauh lebih sehat. Pins bisa menggunakan kaca ini pada bagian  segitiga atap maupun pada bagian bawah rumah sehingga seluruh bagian rumah mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

Atap Miring Satu Sisi yang Dipadukan dengan Atap Datar

(Pinterest)

Desain konstruksi atap miring satu sisi yang ini juga harus masuk ke dalam daftar pertimbangan kamu ya! Jika atap miring cenderung memiliki tampilan yang kaku, dengan adanya atap datar justru akan membuat eksterior hunian jauh lebih fleksibel. 

Terlebih atap datar ini bisa kamu manfaatkan menjadi spot rumah lainnya seperti area santai, menjemur dan masih banyak lagi. Jadi tidak hanya tampilan yang cantik, tapi desain ini juga dapat memaksimalkan fungsi rumah.

Atap Miring Art Deco Lanang

(Pinterest)

Atap rumah art deco lanang ini dibangun dengan konsep double roof yang memiliki tampilan dua bangunan terpisah. Penggunaan batu bata merah pada bagian dinding akan membuat tampilan rumah terasa lebih tinggi karena akan mengisyaratkan bahwa interior rumah dirancang dengan langit-langit yang tinggi. Atap bagian belakang pada desain ini umumnya dibuat lebih tinggi sehingga memberikan pembeda yang jelas seolah terdiri dari dua bangunan.

Atap Miring dengan Panel Kayu

(Pinterest)

Atap miring yang satu ini memang dibuat dengan desain yang biasa. Namun panel kayu yang digunakan sebagai material atap akan membuat atap memiliki tampilan yang natural dan juga sangat cantik. Pins juga bisa menggunakan material kayu pada keseluruhan bangunan supaya penampilan rumah semakin matching dan mengentalkan unsur natural pada rumah kamu.

Atap Miring Futuristik

(Pinterest)

Jika kamu memiliki lahan dengan luas yang cukup besar desain konstruksi atap miring satu sisi ini bisa menjadi pilihan kamu. Pins bisa membangun atap miring satu sisi yang kontras sehingga akan menimbulkan kesan mewah dan elegan. 

Terlebih pemilihan warna dan rancangan yang tepat akan membuat atap miring ini tampak modern. Pins bisa menggunakan kaca-kaca besar pada jendela dan pitu supaya tampilan rumah semakin terlihat modern.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Atap Miring Kupu-Kupu

(Pinterest)

Jika dilihat sekilas model atap yang satu ini memang mirip dengan bentuk sayap kupu-kupu. Posisi atap yang sengaja dibangun berlawanan malah membuat tampilannya sangat unik dan modern. Atap miring ini dibuat dengan permukaan miring yang bertemu pada bagian tengah rumah. Desain atap miring ini cukup populer pada era 50-60-an.

Itulah daftar 9 contoh konstruksi atap miring satu sisi yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membangun atap rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain dengan selera dan kebutuhan kamu ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia