BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Contoh Konstruksi Atap Miring Satu Sisi yang Benar dan Menarik
0
0

9 Contoh Konstruksi Atap Miring Satu Sisi yang Benar dan Menarik

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
konstruksi atap miring satu sisivtop-right-banner

Desain atap semakin berkembang dari tahun ke tahun. Banyak sekali desain atap modern yang diaplikasikan pada rumah. Salah satu jenis atap yang saat ini populer adalah konstruksi atap miring satu sisi.

Konstruksi atap miring satu sisi, seringkali dikenal sebagai atap shed atau atap limas. Atap ini merupakan pilihan arsitektur yang semakin populer bagi Pins yang mencari estetika modern dan efisiensi ruang seperti The Agathis ataupun rumah di Cipayung di sekitar Cibubur Junction . Jika Pins juga tertarik membuat desain atap miring di rumah eksklusif kamu, simak yuk inspirasi konstruksi atap miring satu sisi yang menarik lewat ulasan di bawah ini!

Baca juga: Mengenal SolarTuff, Inovasi Baru untuk Atap Rumah Modern

Ide Konstruksi Atap Miring Satu Sisi Paling Menarik

Tidak hanya menawarkan keunikan visual yang menarik, konstruksi atap miring satu sisi juga menawarkan fungsi praktis yang mengagumkan. Misalnya kemudahan dalam pengaliran air hujan dan salju. Atap jenis ini, dengan kemiringannya yang khas, memungkinkan pencahayaan alami yang lebih baik dan bisa diintegrasikan dengan solusi ramah lingkungan seperti panel surya.

Berikut ini beberapa ide konstruksi atap miring satu sisi yang bisa kamu terapkan pada hunianmu.

1. Atap Miring dari Beton

Atap Miring dari Beton
Source : Pinterest

Desain konstruksi atap miring satu sisi yang satu ini sangat populer dan telah banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Desainnya yang sangat unik dan materialnya yang tidak perlu diragukan lagi membuat atap miring dari beton ini sangat diminati. 

Beton dengan kualitas yang sangat baik membuat atap jauh lebih tahan lama dan kuat. Pins bisa menggunakan beton pada keseluruhan atap atau dipadukan dengan kayu pada bagian depan dinding rumah sehingga memberikan tone warna yang berbeda.

2. Atap Miring dengan Dinding Kayu

Atap Miring dengan Dinding Kayu

(Pinterest)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dinding kayu memang sangat cocok dipadukan dengan desain konstruksi atap miring. Hal ini akan membuat tampilan rumah sangat modern, hangat namun tetap fresh dan natural. 

Pins bisa menggunakan dinding kayu ini sebagai dinding keseluruhan rumah yang dipadukan dengan panel kaca agar membuat rumah semakin terlihat elegan dan modern. 

Baca juga: Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

3. Atap Miring dengan Dak

Atap Miring dengan Dak

(Pinterest)

Desain konstruksi atap miring satu sisi ini bisa menjadi salah satu inspirasi kamu. Pins bisa membangun dak beton pada bagian teras yang akan melindungi teras dan garasi dari teriknya matahari dan juga air hujan. 

Tampilannya yang sangat kokoh akan membuat rumah kamu sangat elegan dan juga mewah. Pins bisa menambah beberapa ornamen, seperti kisi-kisi kayu atau hal lainnya yang akan membuat tampilan atap miring dengan dak di rumah semakin keren.

4. Atap Miring dengan Paduan Kaca

Atap Miring dengan Paduan Kaca

(Pinterest)

Hal selanjutnya yang bisa menjadi opsi desain kamu dalam membangun konstruksi atap miring satu sisi adalah dengan memadukannya dengan kaca. Ya, kaca memang identik dengan tampilan rumah modern yang sehat

Penggunaan kaca ini memungkinkan rumah mendapatkan sinar matahari lebih banyak sehingga sirkulasi udara rumah jauh lebih sehat. Pins bisa menggunakan kaca ini pada bagian segitiga atap maupun pada bagian bawah rumah. Alhasil, seluruh bagian rumah mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

5. Atap Miring Satu Sisi yang Dipadukan dengan Atap Datar

Atap Miring Satu Sisi yang Dipadukan dengan Atap Datar

(Pinterest)

Desain konstruksi atap miring satu sisi yang ini juga harus masuk ke dalam daftar pertimbangan kamu ya! Jika atap miring cenderung memiliki tampilan yang kaku, dengan adanya atap datar justru akan membuat eksterior hunian jauh lebih fleksibel. 

Terlebih atap datar ini bisa kamu manfaatkan menjadi spot rumah lainnya seperti area santai, menjemur dan masih banyak lagi. Jadi tidak hanya tampilan yang cantik, tapi desain ini juga dapat memaksimalkan fungsi rumah.

6. Atap Miring Art Deco Lanang

Atap Miring Art Deco Lanang

(Pinterest)

Atap rumah art deco lanang ini dibangun dengan konsep double roof yang memiliki tampilan dua bangunan terpisah. Penggunaan batu bata merah pada bagian dinding akan membuat tampilan rumah terasa lebih tinggi.

Hal ini mengisyaratkan bahwa interior rumah dirancang dengan langit-langit yang tinggi. Atap bagian belakang pada desain ini umumnya dibuat lebih tinggi sehingga memberikan pembeda yang jelas seolah terdiri dari dua bangunan.

Baca juga: 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

7. Atap Miring dengan Panel Kayu

Atap Miring dengan Panel Kayu

(Pinterest)

Atap miring yang satu ini memang dibuat dengan desain yang biasa. Namun panel kayu yang digunakan sebagai material atap akan membuat atap memiliki tampilan yang natural dan juga sangat cantik.

Pins juga bisa menggunakan material kayu pada keseluruhan bangunan supaya penampilan rumah semakin matching dan mengentalkan unsur natural pada rumah kamu.

8. Atap Miring Futuristik

Atap Miring Futuristik

(Pinterest)

Jika kamu memiliki lahan dengan luas yang cukup besar, desain konstruksi atap miring ini bisa menjadi pilihan kamu. Pins bisa membangun atap miring satu sisi yang kontras sehingga akan menimbulkan kesan mewah dan elegan. 

Terlebih pemilihan warna dan rancangan yang tepat akan membuat atap miring ini tampak modern. Pins bisa menggunakan kaca-kaca besar pada jendela dan pitu supaya tampilan rumah semakin terlihat modern.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

9. Atap Miring Kupu-Kupu

Atap Miring Kupu-Kupu

(Pinterest)

Jika dilihat sekilas, model atap yang satu ini memang mirip dengan bentuk sayap kupu-kupu. Posisi atap yang sengaja dibangun berlawanan malah membuat tampilannya sangat unik dan modern.

Atap miring ini dibuat dengan permukaan miring yang bertemu pada bagian tengah rumah. Desain atap miring ini cukup populer pada era 50-60-an. Atap adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah rumah. Oleh karena itu, atap selalu harus dirancang dengan sangat matang supaya tidak ada kecacatan dalam pembangunannya.

Itulah 9 contoh konstruksi atap miring satu sisi yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membangun atap rumah. Jadi, konstruksi atap miring satu sisi mana yang menarik perhatianmu Pins?

Baca juga:

Source feature image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download