Pinhome

Pilihan Gambar Model Atap Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Saat pembangunan, salah satu hal yang mungkin tidak banyak diperhatikan oleh orang-orang adalah model atap rumah yang akan digunakan. Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa semua atap sama dan fungsinya sama yaitu menjaga dan menutupi bagian atas rumah.

Padahal sebenarnya terdapat beberapa macam model atap rumah yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selain itu atap rumah merupakan hal yang dapat membedakan rumah Pins dengan rumah tetangga Pins. Sebuah model atap rumah juga dapat mempengaruhi biaya pembangunan rumah Pins.

Oleh karena itu, jika Pins sedang merencanakan untuk membangun sebuah rumah, maka pertimbangkanlah atap yang akan Pins gunakan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Pins. Pada bagian ini akan terdapat beberapa gambar model atap rumah yang ada dan biasanya digunakan oleh sebagian besar orang.

Baca Juga:

Model Atap Rumah Segitiga

Di antara semua gambar model atap rumah yang Pins ketahui, dua model yang paling sering digunakan adalah gable roof atau juga dikenal dengan pelana dan hip roof atau perisai. Apakah saat Pins kecil, Pins sering menggambar sebuah atap rumah yang berbentuk segitiga panjang dengan sudut yang curam?

Jika Pins menjawab iya, maka gambar model atap rumah tersebut termasuk atap pelana. Atap ini memang bentuknya seperti segitiga panjang dan memiliki sudut yang cukup curam dibandingkan dengan atap yang lain. Hal ini berfungsi agar segala sesuatu yang jatuh pada atap tersebut baik hujan, daun, sampah atau hal-hal yang sejenis dapat langsung jatuh ke bawah ke sisi bangunan.

Baca Juga:

Atap perisai memiliki bentuk yang berbeda sedikit dibandingkan dengan atap pelana. Gambar model atap rumah ini lebih sedikit lebih melebar dan tidak securam atap perisai. Dengan bentuk yang berbeda, atap ini awalnya ditujukan untuk rumah-rumah yang berada di lingkungan dengan iklim yang ekstrim atau dengan kata lain tempat yang sering mengalami angin dan badai.

Dengan bentuknya inilah, atap memungkinkan untuk menahan tiupan angin dari berbagai sisi dan arah. Jika Pins memperhatikan baik-baik gambar model atap rumah ini lebih luas dan lebih lebar jadi biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan atap jenis ini tentunya lebih mahal.

Tips Memilih Desain Atap Rumah

Model Atap Rumah Lurus atau Lonjong

Kedua model atap diatas merupakan model atap yang sering digunakan oleh  manusia untuk rumah mereka. Namun baik atap perisai maupun atap pelana lebih baik digunakan untuk model rumah yang berbentuk lonjong atau lurus saja.

Jika Pins memiliki bentuk bangunan yang lebih ribet, maka Pins tidak bisa menggunakan salah satu dari kedua model tersebut, namun Pins bisa menggunakan kombinasi dari atap perisai dan pelana. Untuk bangunan yang berbentuk L, T ataupun dapat menggunakan bentuk gambar model atap rumah pelana silang sebagai alternatif.

Sebuah rumah yang bagus tidak hanya memiliki sebuah desain atap saja yang bagus, namun juga material yang bagus. Salah satu alternatif yang dapat Pins gunakan untuk atap Pins adalah baja ringan.

Baja ringan memiliki harga yang cukup murah dan memiliki kualitas yang sangat baik. Selain baja, material atap yang murah adalah kayu. Dulu banyak orang yang memilih kayu sebagai material atap mereka karena kualitasnya cukup bagus.

Namun sekarang banyak kayu yang kualitasnya kurang dan mudah rusak karena rayap ataupun karena terkena air. Permintaan yang semakin tinggi terhadap kayu pun akhirnya juga menyebabkan penebagangan yang ilegal. Pada akhirnya penggunaan kayu pun dibatasi.  Dengan mengetahui model-model diatas, semoga Pins dapat memilih model atap yang terbaik!

Baca Juga : Mengenal SPandek Atap Rumah

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Kamar Tidur
Kamar Tidur 7 Rekomendasi Furniture Untuk Kamar Korea Modern 

Drama Korea semakin digemari dan juga mempengaruhi selera masyarakatnya. Apalagi tak jarang ditunju

Kamar Tidur
Kamar Tidur Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Ranjang besi minimalis bisa jadi pilihan alternatif untuk tempat tidur kayu. Rangka besinya kuat da

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia