BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Pilihan Gambar Model Atap Rumah Terbaik Untuk Rumah Impian
0
0

5 Pilihan Gambar Model Atap Rumah Terbaik Untuk Rumah Impian

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Model atap rumahtop-right-banner

Saat pembangunan, salah satu hal yang mungkin tidak banyak diperhatikan oleh orang-orang adalah model atap yang akan digunakan. Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa semua gambar model atap rumah sama dan fungsinya sama yaitu menjaga dan menutupi bagian atas rumah. Padahal sebenarnya terdapat beberapa macam model atap yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Selain itu atap rumah merupakan hal yang dapat membedakan rumah Pins dengan rumah tetangga Pins. Sebuah model atap rumah juga dapat mempengaruhi biaya pembangunan rumah Pins. Pada bagian ini akan terdapat beberapa gambar model atap rumah yang ada dan biasanya digunakan oleh sebagian besar orang.

Tentunya, setelah tahu berbagai macam gambar model atap rumah populer akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman dengan atap yang indah. Senyaman rumah yang ada di perumahan The Agathis. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Model Atap Rumah Paling Populer

Di antara semua gambar model atap rumah, ada beberapa model yang paling sering digunakan sebagai model atap rumah. Model atap ini tentu bisa dipilih berdasarkan selera, entah itu ketika Pins punya rumah di perumahan Permata Bekasi atau sekitarnya. Simak model atapnya di bawah ini!

1. Model Pelana (Gable Roof)

Source : Kompas

Pernahkan Pins menggambar rumah dengan atap segitiga? Jika Pins menjawab iya, maka gambar model atap rumah tersebut termasuk atap pelana.

Atap ini memang bentuknya seperti segitiga panjang dan memiliki sudut yang cukup curam dibandingkan dengan atap yang lain. Hal ini berfungsi agar segala sesuatu yang jatuh pada atap tersebut baik hujan, daun, sampah atau hal-hal yang sejenis dapat langsung jatuh ke bawah ke sisi bangunan.

Baca juga:

2. Model Perisai (Hip Roof)

Source : Pinterest

Atap perisai memiliki bentuk yang berbeda sedikit dibandingkan dengan atap pelana. Gambar model atap rumah ini lebih sedikit lebih melebar dan tidak securam atap perisai. Dengan bentuk yang berbeda, atap ini awalnya ditujukan untuk rumah-rumah yang berada di lingkungan dengan iklim yang ekstrim atau dengan kata lain tempat yang sering mengalami angin dan badai.

Dengan bentuknya inilah, atap memungkinkan untuk menahan tiupan angin dari berbagai sisi dan arah. Jika memperhatikan baik-baik, gambar model atap rumah ini lebih luas dan lebih lebar jadi biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan atap jenis ini tentunya lebih mahal.

Kedua model atap di atas merupakan model yang sering digunakan oleh banyak orang untuk rumah mereka. Namun, baik atap perisai maupun atap pelana lebih baik digunakan untuk model yang berbentuk lonjong atau lurus saja.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah

3. Model Gambler

gambar model atap rumah
Source : Jasa Desain

Model atap rumah gambler, sering ditemukan pada rumah-rumah Kolonial Belanda atau rumah farmhouse. Secara umum menonjolkan empat sisi simetrisnya dengan dua lereng pada masing-masing sisi. Sementara lereng bagian atas cenderung lebih landai, bagian bawahnya memiliki kemiringan yang lebih curam. 

Penerapan atap gambler pada hunian tidak hanya memperkuat kesan pedesaan, tetapi juga menambah sentuhan elegan. Keistimewaan bentuk atap ini terletak pada kemampuannya memberikan ruang tambahan di dalam rumah. Ini akan memberikan fleksibilitas pada pemilik rumah untuk memanfaatkannya secara kreatif. 

Gaya atap yang unik ini tidak hanya menciptakan daya tarik visual. Akan tetapi juga menawarkan fungsi praktis yang dapat meningkatkan kenyamanan rumah secara keseluruhan.

Baca juga:

4. Model Datar

Source : Hipwee

Pada hunian-hunian bergaya modern, minimalis, dan kontemporer, atap datar menjadi opsi atap yang sangat diminati. Keberpopularan atap datar tak lain karena kemampuannya menciptakan kesan eksterior rumah yang bersih dan tanpa jahitan. Dengan menggunakan atap datar, menciptakan ruang yang luas untuk taman atap atau pemasangan panel surya di bagian atas bangunan menjadi mungkin. 

Meski demikian, perlu diingat bahwa bagi rumah yang berlokasi di daerah dengan curah hujan tinggi. Pemilihan atap datar sebaiknya dihindari karena dapat rentan menciptakan genangan air dan meningkatkan risiko kebocoran. Oleh karena itu, pemilihan atap yang sesuai dengan kondisi iklim setempat menjadi faktor penting dalam perancangan rumah modern.

5. Model Skillion

Source : Pinterest

Atap skillion, dikenal juga sebagai atap sandar, merupakan desain atap miring yang condong ke satu arah. Akan memberikan karakteristik bentuk atap dengan sudut yang mencolok, menampilkan tampilan eksterior rumah kontemporer yang lebih berani. Atap skillion sering kali memadukan dua sudut miring yang berbeda, menciptakan estetika yang unik. 

Kemiringannya yang curam tidak hanya memberikan tampilan yang menarik tetapi juga memungkinkan air untuk mengalir dengan lancar. Menjadikannya pilihan desain atap yang ideal untuk rumah di wilayah dengan curah hujan tinggi. Dengan keunggulan tersebut, atap skillion menjadi opsi yang sangat diinginkan untuk menciptakan nuansa modern dan fungsional pada desain arsitektur rumah.

Saran Pemilihan Model Atap

Jika memiliki bentuk bangunan yang lebih ribet, Pins tidak bisa menggunakan salah satu dari kedua model tersebut, namun Pins bisa menggunakan kombinasi dari atap perisai dan pelana. Untuk bangunan yang berbentuk L, T ataupun dapat menggunakan bentuk gambar model atap rumah pelana silang sebagai alternatif.

Sebuah rumah yang bagus tidak hanya memiliki sebuah desain atap saja yang bagus, namun juga material yang bagus. Salah satu alternatif yang dapat Pins gunakan untuk atap Pins adalah baja ringan.

Baja ringan memiliki harga yang cukup murah dan memiliki kualitas yang sangat baik. Selain baja, material atap yang murah adalah kayu. Dulu banyak orang yang memilih kayu sebagai material atap mereka karena kualitasnya cukup bagus.

Namun sekarang banyak kayu yang kualitasnya kurang dan mudah rusak karena rayap ataupun karena terkena air. Permintaan yang semakin tinggi terhadap kayu pun akhirnya juga menyebabkan penebagangan yang ilegal. Pada akhirnya penggunaan kayu pun dibatasi.  Dengan mengetahui model-model diatas, semoga Pins dapat memilih model atap yang terbaik!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download