BlogPemilik PropertiDesain HunianYuk, Simak 5 Keunggulan Atap Genteng Kaca dan Harganya!
0
0

Yuk, Simak 5 Keunggulan Atap Genteng Kaca dan Harganya!

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Ambar Eka Purbowani

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
atap kacatop-right-banner

Atap genteng kaca dapat menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai model rumah modern dan model rumah minimalis dengan atap rata. Saat ini penggunaan atap rumah kaca lebih banyak digunakan terutama untuk perumahan mewah.

Untuk kamu yang ingin menggunakan atap kaca sebaiknya mengetahui apa  kelebihan dan kekurangannya. Hal ini bertujuan agar kamu dapat memperkirakan apakah atap genteng kaca cocok diaplikasikan di rumah yang kamu miliki. Atau malah model rumah atap segitiga yang cocok diaplikasikan.

Baca juga: 7 Desain Rumah Kaca Mewah dan Unik

Fungsi Atap Genteng Kaca

Pemasangan atap genteng kaca tentu memiliki fungsi dan bukan sekedar pemasangan asal-asalan saja. Sesuai dengan penggunaannya, fungsi utama dari atap kaca adalah untuk melindungi penghuni rumah dari berbagai gangguan.

Alhasil jika tidak dapat menjalankan fungsi dengan baik maka sebaiknya kamu tidak menggunakan atap dengan material ini.

Kelebihan Atap Kaca

Penggunaan atap genteng kaca memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

atap genteng kaca
Source : pixabay

Menghemat Listrik Rumah

Saat kamu menggunakan atap yang terbuat dari kaca makan otomatis sinar matahari dapat masuk dan menerangi rumah. Begitu juga dengan sinar bulan pada malam hari, akan bersumbangsi memberikan penerangan pada rumah.  

Jadi kamu dapat menghidupkan lampu sekedarnya saja dan menghemat penggunaan listrik. Hal ini akan berpengaruh dengan biaya listrik yang akan kamu bayar. Secara otomatis listrik yang dibayar akan lebih murah.

Ventilasi dan Pencahayaan Alami

Atap kaca dapat digunakan sebagai ventilasi dan pencahayaan alami bagi rumah. Terlebih jika kamu menggunakan modifikasi semi modern dengan pengaturan atap kaca yang dapat dibuka tutup.

Penggunaan atap sebagai ventilasi dan pencahayaan alami dapat kamu terapkan di rumah yang minim lahan seperti perumahan di kota. Jadi kamu tidak perlu membuat banyak jendela pada dinding rumah.

Bisa juga pada model rumah bertingkat seperti ruko yang memang memiliki tipe bangunan berdempet.

Mempercantik Rumah Idaman

Rumah dapat menjadi lebih cantik pada penggunaan atap kaca. Terutama pada bagian dalam rumah. Kesan mewah, kekinian dan unik dapat langsung disabet sekaligus oleh rumah yang menerapkan atap kaca.

Menjaga Kesehatan Penghuninya

Fungsi penting dari atap rumah seperti ini adalah berperan penting dalam menjaga kesehatan penghuninya. Kamu dapat menjadi sehat walaupun sedang berdiam diri dalam rumah.

Hal ini diakibatkan oleh cahaya yang masuk lebih maksimal dibandingkan penggunaan atap lain seperti atap seng biasa.

Spot Berjemur

Nah kamu tidak perlu keluar rumah untuk sekedar berjemur. Cukup berdiam diri di bawah atap ini dan nikmatilah sinar matahari pagi yang masuk kedalam rumah. Sehingga kegiatan berjemur lebih privasi.

Baca juga: Pilihan Model Atap Rumah Terbaik 2022

Kekurangan Atap Genteng Kaca

atap genteng kaca
Source : pixabay

Setelah mengetahui kelebihan yang akan kamu dapatkan dari penggunaan atap ini. Sekarang tiba waktunya kamu untuk mengetahui kekurangan yang ada pada penerapan atap kaca di rumah. Berikut beberapa kekurangan atap kaca yang dapat kamu catat dan perhatikan.

Memakan Waktu Lama dalam Pemasangan

Karena memiliki konstruksi yang rumit dan susah, secara otomatis pemasangannya pun menjadi lebih lama. Hal ini dikarenakan atap yang terpasang harus dipastikan aman dan tidak mudah jatuh. Jadi pemasangan konstruksi yang benar sangat diperlukan demi menjaga keselamatan penghuni rumah.

Baca juga: 6 Jenis Atap Kanopi dan Kisaran Harganya

Biaya Besar

Akibat dari pemasangan yang memakan waktu lebih lama dari pada atap lain. Kamu juga akan mengeluarkan biaya lebih mahal untuk upah tenaga ahli.

Sulitnya Perawatan

Hal yang menjadi tantangan tersendiri sekaligus menjadi kelemahan dari penerapan atap yang menggunakan kaca adalah sulitnya perawatan. Kaca yang transparan harus terus terlihat bersih dan bebas dari kotoran serta lumut.

Jika tidak maka bukan indahnya rumah yang kamu dapat melainkan rasa tidak nyaman karena kaca yang kotor dan berlumut. Kamu harus lebih rutin membersihkannya dan juga berhati-hati.

Tidak Ramah Gempa

Semakin tebal kaca maka semakin besar juga kekuatan yang dibutuhkan untuk menghancurkannya. Bagi kamu yang bertempat tinggal didaerah rawan gempa maka sebaiknya tidak menerapkan atap rumah dari kaca.

Hal ini karena atap kaca dapat pecah dan sangat membahayakan saat terjadi gempa. Pecahan atap dapat menyulitkan evakuasi penghuni rumah dan memperbesar resiko kemungkinan cedera.

Ruang Terasa Panas di Musim Kemarau

Kelemahan atap genteng kaca adalah hawa panas yang terasa saat musim kering atau kemarau tiba. Intensitas cahaya matahari yang lebih banyak menyinari rumah saat musim kemarau sangat berpengaruh dengan suhu ruangan didalamnya.

Baca juga: 8 Model Atap Pelana Modern & Plus Minusnya

Harga Atap Genteng Kaca

Harga yang ada di pasaran sangat bervariasi dan bermacam-macam. Tergantung dari jenis kaca dan ketebalannya, selain itu harga juga dipengaruhi oleh material penunjang yang digunakan.

Material penunjang besi jelas berbeda harganya dengan penunjang aluminium dan rangka baja. Kamu dapat melihat beberapa referensi dari harga kaca berikut ini.

Jenis KacaKetebalan (mm)Material PenyanggaHarga per meter(Rp)
Tempered glass8375.000
Tempered glass10Hollo1.350.000
Tempered glass10Besi1.750.000
Tempered glass10Stainless3.000.000
Tempered glass (sistem remote)12Hollo7.000.000

Bagaimana Pins? Apakah kamu tetap akan memasang atap genteng kaca untuk rumah impian bersama keluarga. Kamu akan mendapatkan rumah sehat dan mewah namun biaya pemasangan terbilang mahal.

Selain itu jangan memasang atap seperti ini pada rumah yang ada di daerah rawan gempa seperti dekat dengan gunung berapi. Tetap perhatikan keselamatan dan keuangan yang kamu miliki. Selamat membangun rumah impian Pins! 

Featured Image Source: pixabay

Baca juga: Plus Minus Penggunaan Atap Kaca Belakang Rumah 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Banjarpanji Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download