Beragam Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ November 9, 2022 ∙ 4 menit membaca

Atap rumah terdiri dari banyak model, baik model atap  limasan, atap pelana, atap dome atap kerucut, dan sebagainya. Pada jaman dahulu, model atap tersebut di bedakan berdasarkan jenis suku.

Ini karena setiap suku mempunyai rumah adat sebagai rumah tinggal yang khas dari suku tersebut dan atap adalah salah satu pembeda daripada rumah adat tersebut.

Selain model atap yang berbeda-beda, jenis bahan atau material atap juga sangat beragam. Mulai dari genteng  tanah liat, seng, asbes,  jerami, ijuk yg disusun, hingga genteng beton yang sudah sangat banyak dijumpai pada saat ini terutama pada rumah tinggal yang modern.

Baca Juga:

Jenis atap rumah dan fungsinya
(Shutterstock)

Pada jaman dulu kayu adalah bahan yang paling sering dan paling banyak digunakan sebagai bahan dari rangka atap, alasannya karena pada jaman dulu kayu masih mudah di dapat karena masih banyak pohon-pohon besar untuk di tebang dan dijadikan sebagai material untuk membuat rangka atap.

Namun, akhir-akhir ini rangka atap menggunakan bahan kayu sudah mulai langka dan jarang digunakan pada rumah khususnya di perumahan.

Banyak yang beralih ke baja ringan, dikarenakan dengan pertimbangan harga yang  lebih terjangkau daripada kayu, dan anti karat serta kekuatan strukturnya pun bisa di hitung dan di pertanggung jawabkan.

Itu alasan kenapa sekarang rangka atap menggunakan baja ringan lebih banyak digemari dan sebagai alternative sebagai bahan untuk membuat rangka atap. 

Selain itu, untuk penutup atapnya saat ini kebanyakan sudah menggunakan genteng beton, harganya memang sedikit mahal, akan tetapi untuk kualitas dan bentuk menjadi pertimbangan yang lebih utama.

Selain kuat, genteng beton juga menghasilkan rumah lebih terihat rapi, mewah, dan juga elegan. Sebenarnya soal pemilihan material kembali lagi ke pemilik rumah maupun developer, semua tergantung budget dan juga selera pemilik dalam pemilihan bahan untuk rumahnya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Atap Dalam m2 

Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Jenis atap rumah dan fungsinya
(Shutterstock)

Pins, penutup atap memang mempunyai fungsi yang signifikan untuk konstruksi sebuah bangunan yang dihuni. Sebagai pemilik rumah kamu harus pandai dan bijak memilih jenis penutup atap ya. Berikut jenis atap rumah dan fungsinya, yuk kita simak bersama!

Baca Juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Atap Ijuk

Untuk jenis penutup atap yang pertama adalah ijuk. Biasanya digunakan pada bangunan pura. Jika pergi ke bali, di sana kamu akan disuguhkan banyak pemandangan tentang atap yang berbahan ijuk. Atap menggunakan bahan ijuk nilai nartistiknya lebih tinggi, karena terlihat unik.

Atap Seng

Kedua ada jenis penutup atap yang terbuat dari bahan seng. Atap seng biasa digunakan untuk rumah-rumah yang berada di pegunungan, di daerah tersebut banyak menggunakan atap berbahan seng karena seng dapat menyerap panas. Sehingga rumah berasa jadi lebih hangat karena bisa menyerap panasa yang dihantarkan oleh matahari.

Atap Genteng Tanah Liat dan Beton

Selanjutnya ada jenis penutup atap yang umum kita lihat terbuat dari tanah liat atau beton. Atap genteng tanah liat dan beton, biasa digunakan diseluruh tempat, baik di desa maupun di kota, karena bentuknya yang modern juga banyak dijual dipasaran umum di setiap daerah.

Nah, sekiranya itu dia beragam jenis atap rumah dan fungsinya. Untuk memilih atap yang baik, kamu bisa menyesuaikan dengan fungsi atap rumah yang kamu butuhkan.

Baca juga: 10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik untuk Melindungi Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Hobi
Hobi 13 Jenis Peralatan Gym di Rumah

Melakukan olahraga sebenarnya tidak harus selalu ke luar rumah, juga tidak melulu harus memakai ala

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia