Pinhome

Cara Menjaga Rumah Agar Bebas Dari Bencana

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Banyaknya bencana yang terjadi akhir-akhir ini seperti bencana banjir bandang yang terjadi di Garut membuat kekhawatiran bagi kita semua. Banyak nyawa dan harta benda hilang seketika. Peneliti geologi Fakultas Geologi Universitas Padjadjaran, Dicky Muslim menjelaskan bahwa hampir semua daerah di Indonesia memang rawan terhadap bencana, karena wilayah Indonesia banyak terdapat laut, sungai, hutan dan gunung. Undang-undang No.26 tahun 2007 mengenai penanggunangan bencana juga menjelaskan bencana disebabkan oleh letusan gunung api, longsor, gempa maupun tsunami. Hal tersebut disebabkan karen wilayah Indonesia memiliki bergama kontur. Kontur di Indonesia memiliki potensi untuk dieksplorasi, namun kontur tersebut juga memiliki kerawanan bencana yang tinggi.

Dicky Muslim juga menjelaskan bahwa kontur yang memiliki warna merah memiliki kerawanan bencana yang tinggi, warna kuning kerawanan bencana sedang dan warna hijau kerawanan bencananya masih aman. Sebaiknya jika ingin membangun atau membeli rumah perhatikan warna kontur disekitar lingkungan Anda dan juga jenis tanah serta air di daerah tersebut. Tanah merupakan hasil dari pelapukan bebatuan yang terbentuk dalam waktu sangat lama. Jenis tanah di Indonesia juga memiliki berbagai jenis. Dicky Muslim mengungkapkan ada 18 jenis tanah di Indonesia, yaitu : Tanah Alluvial, Tanah Andosol, Tanah Grumusol, Tanah Humus, Tanah Inseptisol, Tanah Laterin, Tanah Latosol, Tanah Latisol, Tanah Kapur, Tanah Mergel, Tanah Organosol, Tanah Oxisol, Tanah Pedas, Tanah Pasir, Tanah Podsol, Tanah Podsolik Merah Kuning dan Tanah Liat. Semua jenis tanah memiliki karakter yang menimbulkan bencana. Berikut ini ada cara untuk menjaga rumah agar bebas dari bencana, diantaranya :

Perhatikan Kondisi Air

Jika Anda ingin membangun rumah di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi, sebaiknya pilih rumah yang dekat dengan penampungan air yang berkapasitas baik. Jadi jika musim hujan datang, air hujan dapat ditampung dengan maksimal di penampungan tersebut dan tidak menyebabkan banjir. Penampungan tersebut seperti waduk atau danau yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda.

Pilihlah Rumah yang Sesuai dengan Perencanaan KDB dan KLB

Koefisien Dasar Bangunan (KDB) dan Koefisien Luas Bangunan (KLB) sangat berpengaruh dalam rencana untuk membangun rumah. Setiap orang yang ingin membangun rumah harus mempertimbangkan KDB dan KLB saat mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bencana sering terjadi karena saat membangun rumah tidak memperhatikan hal tersebut, sebagai contohnya rumah yang harusnya cocok untuk satu lantai ternyata dibangun dengan dua lantai. Hal tersebut akan membuat daya tanah akan berkurang dan menyebabkan longsong pada wilayah rumah Anda.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan agar rumah terbebas dari bencana banjir atau longsong. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Tags :

Bagikan Artikel