Ini Dia 11 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

Pinhome

Ini Dia 11 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 20 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Kita tentu membutuhkan privasi jika berada di ruangan tertentu, sebut saja seperti kamar tidur. Namun tak jarang kita sering membuat suara yang bisa mengganggu ruangan lain, seperti bernyanyi, bermain alat musik atau bahkan sekedar berbicara biasa dengan volume suara yang agak keras,. Hal ini tentu akan mengundang perhatian penghuni rumah lainnya, bahkan hal terburuk adalah sampai mengganggu aktivitas penghuni rumah lainnya. Makanya, penting bagi Pins untuk tahu cara membuat peredam suara ruangan sendiri.

Pinhome – Salah satu alternatif solusi yang bisa kamu terapkan adalah dengan membuat peredam suara di ruangan yang kamu inginkan. Tetapi mungkin banyak dari pins yang belum mengetahui caranya. Bagi kamu yang penasaran, tenang! Pinhome akan membagikan cara membuat peredam suara ruangan sendiri lewat ulasan di bawah ini!

Memasang Door Seal Pada Pintu

(Pinterest)

Pada pintu ruangan, umumnya terdapat celah-celah kecil yang menjadi tempat keluar masuknya udara. Celah-celah ini bisa menjadi pintu utama kebocoran suara dari ruangan kamu. 

Pins perlu memasang door seal pada pintu agar suara tidak keluar dari ruangan. Pilihlah door seal yang tebal agar ruangan benar-benar kedap suara. 

Selain membuat ruangan kedap suara, door seal ini juga membantu mencegah debu dan serangga masuk ke dalam ruangan dari celah udarah pintu.

Menutup Celah Pada Jendela

(Pinterest)

Sama dengan pintu, celah pada jendela juga bisa menjadi pintu kebocoran suara dari ruangan kamu. Penting untuk menutup celah-celah pada jendela. Hal ini akan sangat membantu meredam suara yang berasal dari ruangan Pins.

Menggunakan Tirai yang Tebal

(Pinterest)

Penggunaan tirai yang tebal pada jendela juga dapat membantu meredam suara di ruangan yang ingin kamu pasang peredam. Pins bisa menggunakan gorden dengan material kain yang tebal supaya mampu menahan suara dari dalam ruangan. 

Tirai ini bisa kamu pasangkan pada jendela dan pintu supaya kedua pintu utama keluarnya suara ini memiliki barrier yang lebih kuat.

Baca juga: Kenali Guna Dari Secondary Skin Pada Bangunan Rumah

Pemasangan Karpet Karet Pada Dinding

(Pinterest)

Karpet karet atau rubber mat adalah salah satu cara membuat peredam suara ruangan sendiri yang perlu kamu lakukan. Penggunaan rubber mat ini bisa kamu tempelkan pada lantai dan dinding agar ruangan dapat lebih kedap suara. Pastikan kamu menggunakan rubber mat dengan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pemasangan Drywall

(Pinterest)

Selain rubber mat, penggunaan drywall juga bisa menjadi alternatif solusi dalam membuat peredam suara. Pins bisa menggunakan drywall dengan ketebalan setengah inci sebagai perlindungan ekstra pada dinding maupun lantai. Hal ini akan menahan suara supaya tidak bocor hingga keluar ruangan kamu.

Gunakan Vinyl

(Pinterest)

Suara biasanya akan terpantul ke permukaan yang keras seperti dinding, lantai dan langit-langit rumah. Demi meminimalisir suara yang terpantul ini, Pins bisa menggunakan vinyl untuk membantu meredam kebisingan dari dalam ruangan. 

Namun, jika penggunaan vinil ini bisa mengeluarkan biaya yang besar, Pins bisa menggunakan karpet tebal pada lantai supaya lantai dapat tetap menahan kebisingan dari ruangan.

Baca juga: 5 Jenis Peredam Panas Atap Rumah Agar Rumah Adem

Gypsum

(Pinterest)

Pemasangan gypsum pada ruangan kedap suara ini memang umum dilakukan. Gypsum ini biasanya dipasang pada langit-langit ruangan supaya ruangan dapat kedap terhadap suara secara sempurna. 

Hal ini akan mencegah bocornya suara melalui celah dari langit-langit rumah. Gypsum sendiri memiliki ketebalan yang bervariatif. Namun, hal ini bisa kamu sesuaikan kembali dengan kebutuhan Pins.

Pemasangan Panel Akustik

(Pinterest)

Cara membuat peredam suara ruangan sendiri selanjutnya adalah dengan melakukan pemasangan panel akustik. Biasanya panel akustik ini digunakan pada studio-studio musik supaya benar-benar kedap terhadap suara. 

Pemasangan ini dilakukan untuk mencegah suara yang memantul dari permukaan keras, serta menghalangi gelombang keluar melalui pintu atau jendela. Hal ini sangat efektif untuk membuat ruangan kamu menjadi kedap suara.

Mengecat Dinding Ruangan dengan Cat Peredam Suara

(Pinterest)

Mungkin banyak dari Pins yang belum mengetahui cara membuat peredam suara ruangan sendiri yang satu ini. Cat dinding peredam ini memang didesain khusus agar meminimalisir suara dapat bocor keluar ruangan. 

Pins bisa menggunakannya sebagai cat pada desain interior maupun eksterior rumah. Cat dinding kedap suara ini bisa kamu aplikasikan baik pada dinding maupun plafon rumah supaya memberikan proteksi ekstra agar suara tidak bocor ke luar ruangan.

Pemasangan Insulasi 

(Pinterest)

Insulasi adalah metode yang dapat mengurangi perpindahan panas atau kalor. Pada beberapa rumah, umumnya menggunakan insulasi untuk membuat ruangan di dalam rumah terasa lebih sejuk. Namun untuk meredam suara, pemasangan insulasi ini digunakan untuk mengurangi kebisingan dari ruangan.

Gunakan Perabotan Secukupnya

(Pinterest)

Cara selanjutnya yang bisa membantu meredam suara adalah dengan menggunakan perabotan secukupnya. Perabotan ini bisa menjadi tempat pantulan suara. Pins bisa menggunakan beberapa barang berukuran besar, seperti lemari, meja, atau barang-barang lainnya. 

Namun pikirkan juga kenyamanan kamu saat berada di ruangan. Jangan sampai kamu meletakkan perabotan secara berlebihan, sehingga ruangan akan menjadi lebih sempit. Tentu hal ini bisa membuat kamu tidak nyaman saat beraktivitas di ruangan.

Itulah 11 cara membuat peredam suara ruangan sendiri yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Semoga dengan ulasan di atas, kamu dapat terbantu untuk memasang peredam ruangan secara mandiri.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel